Blog

Awesome! 3 Alasan Digital Marketing Sangat Penting untuk Bisnis Anda

digital marketing
Business

Awesome! 3 Alasan Digital Marketing Sangat Penting untuk Bisnis Anda

ilustrasi digital marketing
ilustrasi digital marketing

Di era digital seperti sekarang ini, kegiatan pemasaran tentu saja perlu memanfaatkan teknologi dan internet yang jauh lebih menguntungkan. Karena hampir semua orang di dunia, khususnya di Indonesia, lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget teknologi terkini, yang semuanya terhubung ke internet.

Anda akan tertinggal jika usaha dan bisnis yang Anda jalankan tidak menerapkan digital marketing. Tujuan dari digital marketing ini adalah menjangkau pasar lebih luas dengan media internet.

Digital marketing adalah teknik pemasaran produk dan jasa yang dilakukan mengguankan media digital atau internet. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti Facebook Ads dan Google Ads, billboard elektronik, email marketingmobile marketing, dan lainnya.

Dilansir dari quipper.com, Reni Saraswati, selaku Kepala Program Studi Bio Kewirausahaan i3l School Of Business menyatakan bahwa pemasaran menggunakan media digital merupakan strategi yang ampuh dalam meningkatkan efektivitas serta keuntungan bagi penggunanya.  

3 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Anda

1. Memperluas Pangsa Pasar

Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperluas pangsa pasar dan pada akhirnya menyasar calon pelanggan baru. Memperluas pangsa pasar bisa dikatakan memperbesar bisnis Anda. Hal ini dikarenakan jika pangsa pasar meningkat, maka tentu permintaan akan meningkat, kemudian jumlah produk yang dihasilkan juga harus meningkat, termasuk juga tenaga produksi akan meningkat. Apabila pelanggan ini tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka akan laku keras dan akan menambah pendapatan bagi perusahaan. Namun, untuk memperluas pangsa pasar, Anda perlu membuat konten yang menarik dan tidak membosankan calon pelanggan.

2. Mengenal Target Pelanggan Melalui Internet

ilustrasi target pelanggan internet

Jika Anda tidak ingin target pelanggan Anda diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing. Anda dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, Anda akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan Anda.  Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kata kunci atau keywords yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis Anda. Jika salah satu keyword yang kita gunakan telah berhasil membawa mereka mengunjungi situs bisnis Anda, maka kita tahu hal tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang target pelanggan Anda inginkan. 

3. Membangun Kepercayaan Pelanggan

ilustrasi membangun kepercayaan pelanggan

Kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan. Harus dibangun dengan konsisten, dengan penyediaan produk berkualitas terbaik, dan pelayanan yang prima. Anda harus bisa menumbuhkan kepercayaan pelanggan menggunakan platform digital yang ada. Mulai dari sistem pembelian yang ramah, situs yang mudah dioperasikan, hingga akun sosial media yang tampak rapi dan selalu up to date.

Baca Juga: Super Cool! 8 Strategi Pemasaran yang Efektif Melalui Digital Marketing

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping