Blog

3 Alasan Pentingnya Riset Pasar! Interesting to know

jezael-melgoza-HYQvV8wWX18-unsplash (1) (2) (1)
Business

3 Alasan Pentingnya Riset Pasar! Interesting to know

Perkembangan teknologi berdampak pada peningkatan sektor perdagangan dan usaha. Sehingga muncul ekonomi berbasis digital. Lihat saja banyaknya kemunculan startup dengan berbagai profil yang mengedepankan teknologi. Agar usaha atau bisnis-bisnis yang dibangun tersebut mampu mencapai visi dan misi, tentu diperlukan riset pasar terlebih dahulu serta menentukan strategi pemasaran.

Agar dapat mengikuti perubahan dan memperoleh informasi perusahaan perlu melakukan riset pasar. Riset pasar dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi karena sifat yang efisiensi akan mempercepat untuk memperoleh informasi. Riset pasar memiliki tujuan penting , seperti dapat mengeksplorasi tingkat penerimaan pasar atas kualitas produk yang dipasarkan utamanya dari segmen dan target pasar yang telah ditentukan (Clow & James, 2014).

Ekonomi berbasis digital juga mempengaruhi strategi pemasaran. Strategi pemasaran mengalami perubahan dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini juga berdampak pada perilaku konsumen. Sehingga mau tidak mau perusahaan harus beradaptasi menggunakan pendekatan yang baru pada konsumen. Salah satu cara yang harus dilakukan oleh perusahaan bisnis adalah survei pasar. Data yang diperoleh dari survei tersebut akan dijadikan sebagai bahan analisis dalam mengimplementasikan visi dan misi perusahaan.

Tujuan Riset Pasar 

Menurut Ishak dan William (2019) riset pasar bertujuan untuk: 

  1. Perlakukan produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan: a) Memperbaiki cara penjualan produk; b) Memperbaiki atau meningkatkan frekuensi iklan atau promosi; c) Memperbaiki cara distribusi produk d. Memperbaiki layanan purna jual.
  2. Menentukan produk atau jasa baru yang akan diluncurkan (launching): a) Menentukan produk atau jasa baru yang akan dijual; b) Menentukan cara iklan atau promosi; c) Menentukan cara distribusi; d) Menentukan layanan purna jual.

Fungsi Riset Pasar

Ada beberapa fungsi riset pasar, yaitu:

  • Planning (Perencanaan) 

Perencanaan yaitu bagaimana perusahaan menentukan peluang pasar berdasarkan aspek-aspek segmentation (segmentasi), demand estimation (perkiraan permintaan), serta  environmental assessment (asesmen lingkungan).

  • Problem Solving (Pemecahan Masalah)

Pada proses membangun dan menjalankan sebuah usaha tentu akan menghadapi banyak tantangan kedepannya. Riset pasar membantu analisis pemecahan masalah  perusahaan bisnis yang fokus pada membuat keputusan jangka pendek dan keputusan jangka panjang, yang meliputi aspek- aspek seperti product (produk), price (harga), place (tempat), dan strategy promotion (promosi). 

  • Control (Pengendalian) 

Pada saat menjalankan atau usaha tidak ada yang mengetahui dengan pasti bagaimana proses jalannya. Oleh karena itu survei pasar dapat membantu pihak manajemen untuk menemukan kemungkinan masalah dan memonitor untuk menemukan titik masalah serta memantau proses jalannya yang sedang terjadi (Churchill, 2005).

Baca juga: 5 Manfaat Mempelajari Digital Marketing di Eny Kusrini untuk Bisnis kalian agar Success

Alasan Melakukan Riset Pasar

  1. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Survei yang telah dilakukan akan memperoleh informasi tentang kebutuhan konsumen. Sehingga perusahaan mampu menentukan lebih jelas produk yang akan dipasarkan dan konsumen yang akan dituju.

2. Mengembangkan Usaha Mikro

Survei pasar sangat membantu usaha-usaha mikro seperti UMKM agar tidak tertinggal. Tidak hanya itu, usaha mikro dapat mengikuti tren-tren yang sedang berkembang. Informasi yang diperoleh juga meningkatkan kesadaran para pemilik dan pegawai akan aspek-aspek yang masih kurang dan yang perlu di kembangkan lagi.

Data hasil penelitian menyatakan bahwa untuk menguasai teknologi informatika dan komunikasi (TIK) sebanyak 94% wirausaha wanita belajar sendiri (otodidak), melalui pendidikan formal dan mendapatkan sertifikat sebanyak 46% , dan 20% wirausaha mikro wanita belajar menggunakan teknologi digital yang dibantu oleh mentor (Orser et
al., 2019).

3. Menentukan Strategi Marketing

Strategi marketing tentu menyesuaikan dengan profil perusahaan dan juga konsumen yang dituju. Namun, disisi lain riset pasar juga memiliki peran dalam menentukan strategi marketing karena strategi marketing juga dipengaruhi oleh teknologi dan perubahan perilaku konsumen.

Kursus Analisis Survei di EnyKusrini

Pada website enykusrini.com menyediakan layanan kursus yang dapat membantu Anda untuk memperoleh pengetahuan bagaimana peran analisis survei dalam meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran. Kursus ini merupakan kursus gratis yang bisa diakses kapan saja dan Anda tidak perlu mendownload aplikasi serta tidak log in menggunakan akun email atau nomor handphone. Pada kursus ini Anda akan mendapatkan video serta booklets.

Bagaimana cara bergabung kursus: pertama, klik tautan enykusrini.com; kedua pilih courses; ketiga pilih kursus yang berjudul Survey analysis to Gain Marketing Insights; keempat klik daftar. Setelah mengikuti empat tahap tersebut Anda telah menjadi peserta kursus EnyKusrini.

Comment (1)

  1. […] juga: 3 Alasan Pentingnya Riset Pasar! Interesting to […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping