Blog

Reliable! 5 Aplikasi Game Edukasi Anak Usia Dini

robo-wunderkind-hLvQ4-QEBAE-unsplash (1) (1)
Edukasi

Reliable! 5 Aplikasi Game Edukasi Anak Usia Dini

Era digital, salah satunya ditandai dengan penggunaan handphone atau smartphone. Handphone bukan hanya alat komunikasi yang mendekatkan yang jauh. Tetapi juga digunakan sebagai media hiburan. Banyak sekali aplikasi-aplikasi pendukung yang ada pada handphone maupun yang didownload yang bisa digunakan sebagai hiburan. Pertama, sebut saja aplikasi tiktok yang menjadi aplikasi hiburan yang sangat viral saat ini, dan yang kedua adalah aplikasi games online.

Pada era digital ini, batas usia pengguna handphone sudah tidak terbatas lagi. Dilingkungan sekitar, para pembaca pasti menemukan anak-anak yang berusia dibawah 7 tahun sudah pintar menggunakan handphone. Biasanya mereka menggunakan untuk bermain game. Aplikasi game sudah sangat familiar bagi anak-anak, karena itu mememani keseharian mereka.

Pertumbuhan dan perkembangan anak harus selalu diperhatikan oleh orangtua. Anak usia dini akan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya. oleh karena itu penting bagi orangtua memberikan edukasi dan pengasuhan yang tepat bagi anak. Salah satu cara yang dapat orangtua lakukan adalah dengan mengenalkan permainan yang edukatif.

Game tentu memiliki dampak bagi anak-anak, baik dampak negatif maupun dampak positif. Namun, artikel ini akan membahas aplikasi game edukasi untuk anak usia dini. Aplikasi game edukasi sudah tersedia sangat banyak yang dimanfaatkan sebagi media pembelajaran. Adanya game edukasi bertujuan untuk meningkatkan keterampilan serta membantu perkembangan anak.

5 Aplikasi game edukasi anak usia dini

  1. Coloring Games: Coloring Book, Painting, Glow Draw
Tampilan  aplikasi game Coloring Games
Tampilan aplikasi game Coloring Games (Sumber: play.google.com)

Sesuai dengan namanya, ini merupakan permainan mewarnai. Selain mewarnai, coloring games juga memiliki pilihan lain seperti menggambar dan melukis. Game ini bermanfaat untuk anak-anak sebagai media pembelajaran dan meningkatkan kreativitas anak. Orang Tua dapat mengenalkan kepada anak-anak tentang warna, hewan, transportasi, serta benda-benda lainnya.

Aplikasi game coloring games dapat didownload melalui play store dan dimainkan secara gratis tanpa adanya iklan. Coloring games bisa dimainkan mulai dari balita (PAUD) sampai anak usia sekolah dasar.

  1. ABC Kids – Tracing & Phonics

Aplikasi game ABC Kids merupakan permainan yang berfungsi untuk mengenalkan abjad dan sambil mendengarkan. ABC Kids merupakan aplikasi games gratis yang dapat dimainkan secara offline yang bisa didownload di play store. Games ini bisa dimainkan oleh balita dan anak usia prasekolah.

Tampilan aplikasi ABC Kids (Sumber: play.google.com)

ABC Kids cocok digunakan oleh Anak-anak untuk belajar  alfabet dan kosa kata bahasa inggris. Ada beberapa jenis permainan yang disediakan, seperti mencocokan huruf, mendefinisikan, phonics bahasa inggris, serta stiker menarik sebagai hadiah setelah menyelesaikan permainan. Pada gemes ini, pemain dapat menggunakan menu menggerakan jari untuk mengikuti alfabet. Tidak hanya kemampuan bahasa yang diperoleh, tetapi juga melatih keterampilan motorik halus anak. Gerakan jari saat anak bermain merupakan gerak motorik halus.

  1. Baby Games
Tampilan aplikasi game Baby Games for 1+ Toddler
Tampilan aplikasi Baby Games for 1+ Toddler (Sumber: play.google.com)
Tampilan aplikasi Baby Games for 2.3.4 (Sumber: play.google.com)

Aplikasi baby games memiliki 2 versi, yaitu Baby Games for 1+ Toddler dan Baby Games for 2.3.4 year old kids. Sebenarnya kedua gemes ini dapat dimainkan oleh anak sampai sampai usia 5 tahun. Permainan ini memberikan berbagai edukasi kepada balita, juga membantu perkembangan motorik dan kognitif anak.

Contoh bentuk permainan baby games

Anak-anak dapat belajar mengenal warna, bentuk, hewan, serta mengikuti cerita tematik sederhana, seperti mencocokan benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna. Baby games merupakan aplikasi sederhana dan menyenangkan yang cocok untuk balita atau anak-anak usia pra sekolah. Aplikasi baby games dapat di download serta digunakan secara gratis saat offline.

Baca juga: Free 5 Aplikasi Kuis Belajar Online.

  1. Piano Anak – Musik dan lagu
Tampilan aplikasi (Sumber: play.google.com)

Seperti dengan namanya aplikasi permainan piano anak bertujuan untuk menganalkan musik dan alat musik kepada anak. Orangtua dapat meningkatkan kemampuan kreatif, imajinasi, keterampilan sensorik dan motorik, kemampuan berbicara, serta pengembangan memori anak. Permainan piano anak memiliki empat jenis mode mode yaitu: Instrumen, Lagu, Suara, dan Mainkan.

Permainan piano anak mampu menarik perhatian anak-anak karena tampilannya yang penuh dengan warna-warni serta gambar animasi yang lucu. Pada permainan ini, anak-anak juga akan belajar tentang hewan, alfabet, dan juga angka. Aplikasi permainan game anak dapat diunduh di playstore dan dimainkan tanpa iklan.

  1. Number Kids: Game Matematika
Tampilan aplikasi (Sumber: play.google.com)

Permainan ini adalah game edukasi tentang angka. Anak-anak dapat belajar mengenal angka dan berhitung. Number kids sangat cocok untuk meningkatkan keterampilan tentang berhitung anak-anak. Selain belajar belajar tentang matematika, anak juga akan belajar mencocokan, mengenal benda, serta warna.

Game ini didesain dengan menarik untuk anak-anak usia dini sehingga tidak membosankan. Aplikasi game number kids adalah aplikasi game gratis yang dapat di unduh di playstore.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi game anak usia dini yang dapat digunakan oleh para orangtua untuk meningkatkan kemamupan anak. Semoga bermanfaat dan membantu Anda.

Peran orangtua untuk selalu mengawasi kegiatan anak sangatlah penting. Ini adalah cara yang dapat digunakan untuk mencegah dampak negatif bermain game, salah satunya agar anak tidak kecanduan bermain game. Tidak hanya itu, intensitas atau ketentuan waktu yang diberikan pada anak juga harus diperhatikan oleh orangtua.

Baca juga: Exciting 5 Permainan Tradisional Indonesia

Comment (1)

  1. […] Baca Juga: Reliable! 5 Aplikasi Game Edukasi Anak Usia Dini […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping