Blog

5 Best Tips Menjadi Murid Berprestasi Di Sekolah Yang Patut dicoba loh!

murid berprestasi
Pengembangan diri Video & Tips

5 Best Tips Menjadi Murid Berprestasi Di Sekolah Yang Patut dicoba loh!

Murid berprestasi merupakan sesuatu yang didambakan bagi semua orang tua dan guru. Terlebih, ketika hal tersebut diimbangi dengan perilaku yang baik. Namun, perlu diketahui bahwa menjadi siswa yang berprestasi dibutuhkan beberapa hasil prestasi. Dilansir dari Wikipedia, prestasi adalah hasil atas apa yang telah dilakukan oleh seseorang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang telah melakukan sesuatu pasti mendapatkan hasil yang dinamakan prestasi diri sendiri. Inginkan hal seperti itu dalam hidup? yuk baca lebih lanjut:

Pengertian Prestasi Secara Etimology

Dilansir dari pengajar.co.id prestasi secara etimologi diambil dari bahasa Belanda, Prestatie yang artinya hasil dari usaha. Adapun prestasi menurut para ahli, Zaenal Arifin (2012:3) bahwa “prestasi adalah hasil kemampuan, keterampilan, dan sikap seseorang dalam menyelesaikan beberapa hal”. Dapat diketahui bahwa prestasi murid bukan hanyalah hasil dari kecerdasan dalam berhitung saja, melainkan dari kemampuan, keterampilan, dan sikap apapun yang telah diselesaikan oleh seseorang demi mendapatkan suatu hasil yang memuaskan.

Macam-Macam Prestasi

  1. Prestasi Belajar: Prestasi belajar merupakan prestasi yang dihasilkan dari usaha atas belajar akan suatu hal. Sebagai contoh yaitu murid yang belajar dengan baik akan mendapatkan juara di kelasnya. Juara inilah merupakan hasil atas usaha yang diperoleh dari belajar.
  2. Prestasi Kerja: Prestasi kerja diperoleh dari seorang pekerja yang berusaha keras dalam mencapai targetnya untuk naik ke jabatan yang lebih tinggi atau usahanya dalam menaikkan kualitas kerjanya.
  3. Prestasi Seni: Prestasi seni, sesuai dengan namanya yaitu suatu hasil dari usaha dalam menciptakan karya seni. Sebagai contoh seseorang yang menciptakan karya seni berupa patung pahat yang menjuarai tingkat nasional.
  4. Prestasi Olahraga: Prestasi ini diperoleh dari usaha atas kegigihan dalam melakukan latihan dalam bentuk keolahragaan. Contohnya yaitu seseorang yang berusaha untuk latihan secara rajin yang kemudian menjadi atlet kesebelasan.
  5. Prestasi Lingkungan: Prestasi ini berbeda dengan prestasi lainnya karena prestasi ini berasal dari suatu usaha seseorang dalam memelihara lingkungan. Hal ini berdasarkan empatik seseorang atas apa yang telah terjadi di lingkungan sekitar. Sebagai contoh murid yang berprestasi dalam memenangkan lomba menciptakan limbah menjadi bahan bakar alternatif.

Cara Menjadi Murid Berprestasi:

Belajar dengan Bersungguh-sungguh

Ilustrasi dari belajar

Semua orang tau bahwa kunci dari meraih prestasi belajar dengan bersungguh sungguh. Seorang murid akan berprestasi apabila ia mempunyai niat untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Sungguh-sungguh disini ialah belajar dengan tingkat keseriusan yang tinggi dan belajar setiap hari. Tanpa belajar, siswa akan kesulitan ketika menghadapi rangkaian soal ujian. Sehingga, dengan belajar siswa akan dapat melewati ujian dengan sempurna. Sebagai akibatnya, siswa akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Terlebih ketika mendapat juara di kelas.

Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler

Ilustrasi Ring Dan Bola Basket

Siapa sangka, mengikuti ekstrakulikuler dapat meningkatkan prestasi di sekolah lho!. Pasalnya, mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti basket, sepak bola, pencak silat dapat menghasilkan prestasi. Kegiatan-kegiatan tersebut biasanya akan dilombakan dengan sekolah-sekolah lain. Jika siswa dapat memenangkannya, maka gelar sebagai murid berprestasi pun akan di dapat. Namun, perlu diketahui bahwa itu semua didapat dengan kerja keras lho!. Tanpa kerja keras dan semangat tinggi akan mengalami mental break down ketika tidak mendapatkan prestasi. tersebut.

Mengikuti Organisasi Sekolah

Ilustras rapat osis. Sumber deswati094748.gurusiana.id

Mengikuti organisasi tidak kala pentingnya dari belajar karena dengan mengikuti organisasi, perkembangan pikiran, serta kemampuan dalam berinteraksi maupun pemecahan masalah akan berkembang. Seperti yang dikatakan oleh Zaenal Arifin (2012:3) bahwa “prestasi adalah hasil kemampuan, keterampilan, dan sikap seseorang dalam menyelesaikan beberapa hal”. Hal itu dimaksudkan bahwa berprestasi tidaklah hanya terdapat di dalam kemampuan verbal saja melainkan non-verbal pula. Kemampuan non-verbal ini akan tumbuh ketika murid mengikuti organisasi dimana ia akan lebih berani tampil di depan. Sebagai tambahnya, siswa akan belajar memecahkan beberapa hal dengan baik. Hal ini akan meningkatkan prestasinya di sekolah karena para guru akan membutuhkannya dalam membantu beberapa acara atau pun suatu permasalahan.

Singkatnya, dalam meraih prestasi di sekolah perlu adanya kerja keras dengan bersungguh sungguh, aktif mengikuti berbagai kegiatan, dan aktif dalam bersosialisasi akan meningkatkan prestasi. Demikian artikel yang bisa disajikan, semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengantuk ? Easy ! Ini 7 Solusi Buat Kamu Yang Terlalu Sering Mengantuk Saat Belajar

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping