Blog

Amazing! Ini Dia 5 Buku Bacaan untuk Menambah Motivasi Hidup yang Wajib Kamu Baca!

pexels-vincenzo-malagoli-1550648-1
Video & Tips

Amazing! Ini Dia 5 Buku Bacaan untuk Menambah Motivasi Hidup yang Wajib Kamu Baca!

5 Buku Bacaan utnuk Menambah Motivasi Hidup yang wajib dibaca.
Photo by Vincenzo Malagoli from Pexels

Beberapa dari kita acap kali merasa kelelahan dan merasa kehilangan motivasi hidup. Hal itu menandakan bahwa adanya pergulatan dalam batin kita, jika kita menginginkan untuk melangkah menuju ke arah yang lebih baik atau memang ada yang perlu diperbaiki dalam diri kita. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk kembali mendapat semangat untuk kembali mendapatkan semangat dan motivasi, seperti membaca bacaan yang dapat membawa energi positif untuk diri kita.

Pada saat-saat tertentu, beberapa orang kerap mengalami masa di mana mereka kehilangan tujuan hidup mereka. Penyebab dari hal tersebut kerap kali dipicu adanya kegagalan dan kekecewaan yang diterima oleh seseorang, sehingga hal tersebut menggoyahkan semangat hidup seseorang. Adapun beberapa penyebab seseorang mengalami kehilangan motivasi hidup, berikut adalah faktor-faktor penyebabnya:

Timbulnya keraguan pada diri sendiri

Keraguan pada diri sendiri atau kerap dikenal dengan istilah self doubt adalah kondisi di mana bahwa seseorang tersebut tidak meyakini akan kemampuan yang ada dalam dirinya. Hal ini biasa terjadi di lingkungan pekerjaan, terlebih saat seseorang mendapat tantangan baru atau pekerjaan besar yang memaksa seseorang tersebut keluar dari zona nyamannya. Keraguan pada diri sendiri merupakan salah satu bagian dari kesalahan dalam pola pikir seseorang.

Terganggunya Kesehatan Mental

Kesehatan mental yang terganggu dapat memicu hal buruk yang akan terjadi pada seseorang. Bila hal itu dibiarkan, maka bukan tidak mungkin jika orang dengan gangguan mental akan menerima efek yang cukup fatal. Hal ini juga yang memicu seseorang kehilangan motivasi hidupnya. Orang dengan gangguan mental wajib untuk mendapat penanganan yang baik agar keadaanya tidak semakin memburuk.

Tidak memiliki target untuk dicapai

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa pekerjaan yang mereka kerjakan sekarang adalah hanya sebatas pekerjaan, tanpa tahu apa esensi yang mereka kerjakan. Hal itu dapat memicu seseorang tidak memiliki tujuan dalam hidupnya yang berujung pada fase demotivasi. Agar seseorang bisa kembali medapatkan tujuan dalam hidupnya, diperlukan inspirasi dan semnagat baru yang harus ditumbuhkan. Semangat dan inspirasi baru tersebut bisa didapatkan melalui orang-orang atau kenalan baru, membaca bacaan yang memotivasi, atau melakukan hal-hal yang disukai.

Seperti yang kita ketahui, inspirasi dapat kita dapatkan dari masa saja dan kapan saja, salah satunya adalah dengan membaca bacaan yang dapat menumbuhkan inspirasi dan semangat baru untuk membuat hidup menjadi lebih baik lagi. Berikut rekomendasi bacaan tentang self-development yang dapat menambah motivasi hidup.

Buku “Atomic Habits”

Atomic Habits by James Clear yang dapat mengajarkan kebiasaan-kebiasaan kecil berdampak besar

Salah satu hal yang kerap dilupakan oleh kebanyakan orang dalam melakukan perubahan adalah mengabaikan kebiasaan-kebiasaan kecil yang pada hakikatnya dapat membawa dampak besar dalam hidup mereka. James Clear, seorang penulis buku yang berjudul “Atomic Habits” mengatakan bahwa perubahahan nyata adalah gabungan dari banyaknya kebiasaan-kebiasaan kecil seperti melakukan push-up dua kali sehari, bangun 5 menit lebih awal, dan menahan keinginan untuk memainkan handphone. Kebiasaan-kebiasaan kecil itu disebut sebagai Atomic Habits.

Pada buku ini James Clear memandang bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut dapat memicu banyaknya perubahan-perubahan besar dalam hidup. Ia mengungkap beberapa kebiasaan-kebiasaan sederhana dalam hidup dan membahas terkait teori psikologi dan neurosains untuk menjabarkan bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut sangat memberi dampak yang besar dalam hidup seseorang.

Pada dasarnya kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut menunutut seseorang afar tetap produktif, termotivasi, dan dalam keadaan yang bahagia. Hal ini sangat baik untuk dilakukan bagi mereka yang berada di fase kehilangan semangat untuk beraktivitas. Kegiatan positif yang membuat kita produktif akan membuat seseorang terdistraksi dai banyak energi buruk yang menghampiri.

The Magic of Thinking Big oleh David J Schwartz

Buku motivasi nomor satu dan terlaris di dunia yang menjelaskan tentang keberhasilan yang didasari keyakinan

Buku yang ditulis oleh David Schwartz ini diklaim sebagai buku terlaris dan nomor satu di dunia. Faktor yang menyebabkan hal itu terjadi adalah disebabkan oleh pemikiran David yang dituangkan pada karyanya yang satu ini. David dikatakan seorang motivator yang berhasil memengaruhi banyak orang dengan cara berpikirnya sendiri terkait melakukan perubahan di dunia.

Hal yang ingin disampaikan oleh David pada buku ini adalah perihal keberhasilan yang didasari oleh keyakinan. David mengajarkan bagaimana kita dapat berhasil melalui pola pikir dan keyakinan kita dalam melakukan sesuatu yang belum pernah dicoba sama sekali. Ia mengajak pembacanya untuk yakin akan apa yang mereka inginkan, sebab keraguan-keraguan yang ada dalam diri kita akan terjawab saat kita mulai mencoba dan berproses untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Buku ini dianggap salah satu buku yang cocok dibaca bagi mereka yang berada dalam keadaan terpuruk dan kehilangan motivasi dalam mengejar apa yang mereka impikan. Buku ini akan mengajarkan tentang bagaimana kita mendapatkan apa yang kita inginkan, dan cocok untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Imperfect Courage: Live a Life of Purpose by Leaving Comfort and Going Scared oleh Jessica Honegger

Buku yang mengajarkan kita untuk keluar dari zona nyaman

Buku ini berisi tentang bagaimana sang penulis, Jessica Honegger, mengajak para pembaca untuk melakukan perubahan dalam hidupnya. Perubahan tersebut dapat dilakukan melalui meninggalkan comfort zone atau zona nyaman mereka. Seperti kita ketahui, bahwa zona nyaman adalah sebuah jebakan yang membuat seseorang tak bisa kemana-mana. Hal itulah yang dapat memicu seseorang tak memiliki tujuan, sehingga dapat kehilangan motivasi hidupnya.

Honegger mengajak pembacanya untuk “menukar” zona nyamanya dengan banyak petualangan dan kesempatan lain dalam hidup. Ia juga mengajak pembacanya bebas dari rasa malu, memulai untuk berkomitmen, dan mulai membangun budaya kolaborasi untuk memperluas koneksi agar dapat mulai menggenggam dunia.

Baca juga: Super Simple, 5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa

Love For Imperfect Things oleh Haemin Sunim

Buku yang mengajarkan untuk mencintai ketidaksempuraan yang ada di dunia

Pada buku ini, Haemin Sunim sebagai penulis mencoba untuk bercerita dan memberi pemahaman tentang bagaimana dunia memberi celah-celah yang tidak sempurna dalam hidup kita. Buku ini juga mengajak kita untuk lebih menerima dan menjadi diri kita melalui mencintai kekurangan-kekurangan yang ada pada diri kita. Saat kita menerima diri kita, hal tersebut dapat mempengaruhi hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita.

Buku ini adalah bacaan self-help yang menjadi penyembuh dari apa-apa yang selama ini menjadi pengganjal pada pembaca. Bacaan ini juga mengajak untuk pembacanya agar bisa berdamai dengan diri sendiri sebelum mulai mengenal, menerima dan berdamai dengan yang lain. Bacaan ini cocok bagi mereka yang ingin ‘menampar’ diri mereka melalui tulisan Haemin Sunim di buku ini.

The Compound Effect oleh Darren Hardy

Buku yang mengajarkan kita tentang kesuksesan dari kesabaran

Darren Hardy tidak percaya bahwa kesuksesan memiliki jalan pintas, sehingga ia memandang bahwa untuk mencapai kesuksesan tersebut setiap orang harus melewati beberapa proses yang harus dilalui. Pada buku ini juga disampaikan bahwa kesuksesan tersebut dibangun secara bertahap hingga seseorang tersebut sampai di momont of truth dari kesuksesan yang sedang dicapai atau sedang diraih.

Compound Effect sendiri memiliki arti tentang konsep melipatgandakan atau penambahan secara terus-menerus secara konsisten yang akhrinya menjadi sebuah kekuatan. Konsep tersebut dapat diaplikasikan melalui kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan sehari-hari yang akhirnya dapat memberi dampak pada diri kita. Sederhananya, penulis mengajak pembacanya untuk menikmati proses dari apa yang sedang diperjuangkan, sebab ia percaya setiap apa yang diperjuangkan, pasti akan mendapat hasil yang maksimal melalui kebiasaan-kebisaan yang dilakukan.

Berikut adalah beberapa bacaan yang direkomendasikan untuk menambah motivasi dalam hidup. Pada dasarnya kita harus senantiasa belajar untuk berubah menjadi lebih baik dari hari kemarin, walaupun melalui hal-hal kecil. Semoga membantu!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping