Blog

Super Easy! 5 Cara Belajar Bahasa Korea Sendiri dengan Mudah

cara belajar bahasa korea
Edukasi

Super Easy! 5 Cara Belajar Bahasa Korea Sendiri dengan Mudah

ilustrasi belajar bahasa korea
ilustrasi belajar bahasa korea. sumber: my-best.id

Belajar Bahasa Korea. Manusia sering disebut sebagai makhluk sosial. Kecenderungannya suka berkumpul, bersosialisasi dengan sesama. Alat komunikasinya, terutama dengan bahasa ucap. Sejak lahir mengenal bahasa ibu, bahasa setempat yang dipergunakan dalam percakapan sehari-hari. Dalam pergaulan yang semakin mengglobal, mengusai bahasa-bahasa asing sudah menjadi tuntutan sebagian orang. Hal ini memperluas relasi dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia.

Untuk saat ini, Bahasa Korea termasuk bahasa yang menjadi favorit bagi anak-anak muda. Hal ini tentu saja hasil dari upaya Negeri Gingseng dalam mengembangkan kebudayaan popnya yang digandrungi oleh kalangan anak muda dari seluruh dunia. Film, drama dan musik Korea, dikenal dengan sebutan K-Movie, K-Drama dan K-Pop, mengusai semua jaringan platform digital.

Bahasa Korea (한국어/조선말) adalah bahasa yang paling luas digunakan di Korea, dan merupakan bahasa resmi Korea Selatan dan Korea Utara. Bahasa Korea merupakan bahasa ke-13 yang paling banyak digunakan di dunia saat ini, sekitar 77,2 juta penutur asli di Korea Utara, Korea Selatan, Cina, dan beberapa daerah dari Jepang dan Rusia.

Berikut 5 cara belajar bahasa Korea dengan mudah untuk para pemula. Yuk, simak bersama.

1. Mempelajari Hangeul

ilustrasi hangeul. sumber: idntimes.com

Cara belajar bahasa Korea yang pertama adalah belajar Hangeul. Untuk mempelajari suatu bahasa, hal pertama yang harus dilakukan adalah menguasai alfabetnya terlebih dahulu. Khususnya bahasa Korea yang memiliki alfabet sendiri yaitu, Hangeul. Huruf Korea atau Hangeul diciptakan oleh Raja Sejeong, Raja ke-4 yang berasal dari Dinasti Joseon. Hangeul, walaupun mempunyai kemiripan dengan huruf Kanji (China), tapi sebetulnya tidak sama. Huruf Korea atau Abjad Korea lebih mudah dipelajari daripada huruf China (Kanji).

2. Mengembangkan Kosakata

ilustrasi kosakata. sumber: popbela.com

Setelah kamu mempelajari dan menguasai hangeul, kamu dapat memulai membentuknya menjadi sebuah kosakata. Bisa dimulai dengan mempelajari angka, hari dalam seminggu, dan frasa percakapan sederhana.

3. Belajar Membaca dan Menulis

ilustrasi menulis

Tulis semua huruf-huruf hangeul yang kamu ketahui, lalu cobalah untuk menuliskan hal-hal yang mudah terlebih dahulu. Contohnya, menulis nama-nama orang yang kamu tahu, seperti misalnya nama idola dan aktor favorit kamu.

4. Perbanyak Nonton Film dan Drama Korea

ilustrasi menonton film atau drama

Menonton film atau drama Korea bisa membantu untuk memahami bahasa Korea. Selain menghibur, menonton film atau drama Korea juga menjadi sarana yang asik untuk belajar bahasa Korea. Sering menonton film dan drama Korea akan membuat kamu terbiasa mendengar pengucapan kosakata Korea langsung dari penutur aslinya. Sehingga kamu bisa tahu bagaimana cara pengucapkan kosakata dan kalimat dalam bahasa Korea secara baik dan benar. 

5. Pelajari Kata Pinjaman atau Konglish

ilustrasi konglish. sumber: medium.com

Bahasa Korea memiliki banyak kata pinjaman dan kata Inggris gaya Korea yang disebut Konglish. Konglish adalah bahasa Korea yang diambil dari bahasa Inggris yang dieja dalam bahasa Korea berdasarkan suara atau bunyi. Kata-kata seperti ini merupakan bagian penting dari kosakata sehari-hari. Kata-kata ini mudah diingat, karena terdengar seperti bahasa Inggris, meski dengan aksen Korea. Contohnya, Fighting menjadi 화이팅 (hwaiting) atau 파이팅 (paiting).

Itulah 5 cara belajar bahasa Korea dengan mudah bagi para pemula yang bisa kamu tiru.

Baca juga: 5 Cara Belajar Gitar Secara Otodidak Untuk Pemula, Best Way!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping