Blog

5 Effective Ways Membangun Motivasi Belajar Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Semangat

motivasi belajar
Video & Tips

5 Effective Ways Membangun Motivasi Belajar Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Semangat

Motivasi belajar adalah kunci seseorang yang sedang berkeinginan dalam mencapai sesuatu. Dilansir dari salamadian.com, tidak semua motivasi terbuat dari kata-kata indah. Namun, dapat juga terbentuk dari diri sendiri. Dengan menumbuhkan motivasi dari diri sendiri, seseorang akan lebih tekun dalam melakukan suatu hal demi mencapai apa yang diharapkan.

Salah satu penyebab mengapa seseorang mengalami down dan susah untuk memulai kegiatannya dengan giat adalah kurangnya semangat dan motivasi. Adakalanya orang-orang sekitar atau pun orang-orang terdekat kita memberikan dorongan agar semangat kita tumbuh lagi. Namun, tanpa disadari bahwa semangat datang dari diri kita sendiri dan seberapa kuat motivasi kita.

Seseorang yang sedang mengenyam pendidikan terutama mahasiswa yang butuh akan hal tersebut untuk pencapai kesuksesannya. Tugas seorang pelajar adalah belajar, belajar, dan belajar. Eitsss jangan salah, pelajar/mahasiswa dapat juga loh merasakan kebosanan dalam belajar. Yuk simak artikel berikut agar mengembalikan semangat anda dalam belajar!.

1. Membuat Agenda Kegiatan

Ilustrasi agenda kegiatan

Membuat agenda kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk mengatur kegiatan yang dilakukan. Hal itu dapat dilakukan dengan membuat jadwal kegiatan mulai pagi hingga malam. Pada era digital, banyak sekali paltform-platform yang menyediakan pengatur jadwal kegiatan. Dengan begitu, kegiatan positif akan terlaksana dengan baik.

Dengan adanya agenda kegiatan, secara tidak disadari bahwa hal itu dapat membangun motivasi diri untuk melakukan sesuatu positif termasuk belajar. Seperti halnya seorang pelajar yang tidak ingin membiarkan waktunya terbuang sia-sia. Maka, ia akan merancang agenda kegiatan apa saja yang ia lakukan termasuk kegiatan belajar. Dengan begitu, motivasi dari diri sendiri akan timbul secara otomatis. Selebihnya, motivasi belajar didapatkan dalam dari kegiatan apa saja yang telah ia rancang.

2. Motivasi Belajar Melalui Kata-Kata Bijak Tentang Kesuksesan

Iilustrasi motivasi dari diri sendiri

Kesuksesan merupakan hal yang sangat didambakan oleh semua orang. Namun, kesuksesan tidak dapat datang secara instan melainkan dengan usaha. Usaha yang dilakukan seseorang dalam mencapainya terkadang memerlukan yang dinamakan dorongan/motivasi. Ada banyak jenis kata-kata motivasi, tergantung dengan tujuannya masing-masing. Kata-kata motivasi dapat berupa kalimat kalimat indah yang dibentuk dengan maksud untuk membangun semangat seseorang dalam mengambil langkah atau disebut sebagai take action. Pengambilan langkah yang tepat harus didasarkan pada diri masin-masing. Seperti halnya kesuksesan, jika seseorang menginginkan kesuksesan, maka ia harus belajar.

Kata-kata motivasi dapat pula membuat seseorang terdorong semangatnya. Seperti contoh membaca kata-kata motivasi tentang kesuksesan. Secara otomatis, dorongan kuat dari diri sendiri untuk melakukan sesuatu demi kesuksesan akan tumbuh. Itu dapat dilakukan dengan menuliskannya atau membuat gambar dengan berisikan kata-kata motivasi tersebut. Dengan begitu, kata-kata tersebut akan tertanam di benak. Sebagai akibatnya, motivasi dari diri sendiri akan timbul.

Baca juga : 40 Kata-Kata Motivasi Sukses untuk Diri Sendiri, Membangkitkan Semangat dan Penuh Inspirasi

3. Melihat Kesuksesan Orang Lain

IIlustrasi kelulusan

Siapa yang tak ingin sukses ketika melihat orang lain sukses?. Pastinya semua orang akan merasa ingin mencapai sesuatu seperti apa yang telah dicapai orang lain. Melihat kesuksesan orang tidak dimaksudkan untuk meniru secara keseluruhan apa yang telah didapat orang lain. Melainkan, menjadikannya sebagai semangat agar bisa sukses seperti orang lain.

Ketika menerapkan semangat demi mencapai sesuatu seperti orang lain, kita harus menerapkan bagaimana orang tersebut mencapainya. Namun, dalam artian menerapkan kita tidak boleh merasa insecure dengan diri sendiri. Perasaan tersebut harus dihindari karena itu adalah penyebab dari kurangnya motivasi dari diri sendiri. Ketika kita kurang akan motivasi belajar, hal yang harus kita terapkan di benak adalah semua orang bisa mencapai sesuatu asalkan berusaha dan belajar. Dengan begitu motivasi belajar pun akan tumbuh seiring melakukan usaha tersebut.

Namun, perlu dicatat bahwa melihat kesuksesan orang lain tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Hal itu dapat menimbulkan rasa tidak suka dengan kesuksesan orang lain. Demikian, itu justru akan merusak keyakinan diri sendiri. Seseorang yang terlalu berlebihan dalam memandang kesuksesan orang lain hingga menginginkan apa yang telah dicapai orang lain, maka ia akan berusaha sekeras mungkin. Akibatnya motivasi belajar pun akan rusak karena tidak sesuai dengan tujuannya.

4. Menemukan Gaya Belajar yang Tepat
Ilustrasi belajar

Gaya belajar setiap orang mungkin berbeda-beda. Dilansir dari detik.com ada 4 macam gaya belajar diantaranya yaitu: visual, auditori, kinestetik, dan membaca atau menulis. Gaya belajar visual lebih mengarah ke gaya belajar yang lebih menggunakan indera penglihatan seperti gambar,video, atau pun tulisan dalam mencerna materi. Gaya belajar auditori lebih mengarah ke suara seperti penjelasan dari guru atau dosen. Sedangkan kinestetik lebih menggunakan gerakan. Yang terakhir adalah membaca atau menulis, gaya belajar ini lebih dikenal dengan gaya belajar terdahulu dimana belum adanya mesin ketik atau laptop.

Gaya-gaya belajar tersebut sangat membantu para pelajar/mahasiswa dalam menemukan motivasi belajar. Hal itu tidak didapatkan dari oleh orang lain melainkan motivasi dari diri sendiri. Gaya-gaya tersebut dibutuhkan demi kenyamanan maupun kemudahan saat belajar. Adakalanya seseorang yang lebih menyukai gaya belajar dengan mendengarkan, ia akan merasa kesulitan ketika belajar hanya dilakukan dengan membaca. Lebih tepatnya jika ia mendapatkan penjelasan materi dari guru atau dosen terlebih dahulu. Oleh sebab itu, Motivasi belajar harus ditingkatkan sesuai dengan apa yang cocok dengan diri sendiri.

5. Meluangkan Waktu untuk Refreshing Sejenak
Ilustrasi melakukan Refreshing

Siapa sangka, refreshing juga perlu lho dalam membangun motivasi belajar. Refreshing dilakukan agar mengembalikan ketenangan pikiran. Refreshing dapat berupa menonton film, jalan-jalan, maupun rekreasi. Seseorang yang lelah akan tubuh dan pikirannya dapat menurunkan motivasi belajarnya. Akibatnya, rasa bosan pun akan muncul yang berujung pada kemalasan. Dengan menyenangkan hati dan pikiran melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dapat mengembalikan motivasi belajar.

Secuil rasa senang yang didapat dari refreshing akan menghilangkan rasa bosan. Sejatinya, orang yang mendapatkan motivasi dari orang lain ketika dalam keadaan bosan maupun lelah sepertihalnya angin yang lewat. Jadi, perlunya membangun motivasi dari diri sendiri dengan menyenangkan pikiran akan sangat membantu.

Refreshing mungkin dibutuhkan hanya beberapa jam saja. Namun, untuk seseorang yang mengalami kebosanan yang cukup berat ia memerlukan Refreshing dengan jangka yang cukup panjang. Sebagai contoh jangka yang cukup panjang seperti rekreasi dapat menenangkan pikiran yang awalnya merasakan beban yang berat menjadi hilang sepenuhnya.

Ringkasnya, motivasi belajar secara umumnya hanya bisa didapat dari diri kita sendiri. Diri kita lah yang dapat mengubah langkah kita menuju kesuksesan. Motivasi belajar harus ditanamkan agar tidak kehilangan arah ketika beban sudah cukup berat. Demikian artikel inspiratif ini, semoga bermanfaat.

Baca juga : Mager Belajar? 15 Inspiring Quote Pendidikan yang dapat Membuatmu Semangat Kembali

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping