Blog

Best! 5 Cara Membangun Motivasi Kerja untuk Diri Sendiri

motivasi kerja
Pengembangan diri

Best! 5 Cara Membangun Motivasi Kerja untuk Diri Sendiri

Membangun motivasi kerja, sudah sepantasnya setiap orang harus bekerja. Banyak hal yang menjadi alasan untuk bekerja. Hal yang pertama adalah soal tanggung jawab. Tanggung jawab terhadap diri pribadi atau pada orang lain. Dengan bekerja, terutama pekerjaan yang sesuai dengan keinginan diri, menjadikan cinta terhadap pekerjaan. Pada akhirnya, dengan bekerjalah bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup, dan tidak lagi bergantung kepada orang lain.

Namun begitu, tidak selamanya bekerja merasa enjoy. Banyak faktor yang menjadikan semangat bekerja turun. Merasa bosan dengan rutinitas atau lingkungan pekerjaan yang tidak kondusif.

Untuk mengatasi kejenuhan yang pada akhirnya bermalas-malasan bekerja, perlu dibutuhkan optimisme baru. Ciptakan suasana pekerjaan yang nyaman. Tanamkan dalam diri bahwa pekerjaan tersebut menyenangkan dan tidak sulit. Berpikir positif, jangan mudah tersinggung dengan orang lain yang suka meremehkan. Tak usah memikirkan hal-hal lain yang tidak hubungan dengan diri kita.

Menurut Pandji Anoraga, motivasi kerja adalah kemauan kerja yang timbul karena adanya dorongan dari dalam diri karyawan sebagai hasil integrasi keseluruhan daripada kebutuhan pribadi, pengaruh lingkungan fisik dan sosial dimana kekuatannya tergantung daripada proses pengintegrasian tersebut.

Berikut 5 cara membangun motivasi kerja untuk diri sendiri.

1. Membangun Motivasi Kerja dengan Berpikiran Positif

motivasi kerja berpikir positif
ilustrasi berpikir positif

Cara membangun motivasi kerja yang pertama adalah berpikiran positif. Berpikir positif bukan berarti harus menjadi yang terbaik, tetapi cukup dengan mengafirmasikan apa yang mampu Anda lakukan. Berpikiran negatif akan membuat Anda menjadi ragu, takut, dan tidak percaya diri. Karena itu, Anda harus berpikir secara positif namun hindari terlalu positif. Pikiran yang terlalu positif tanpa mempertimbangkan faktor lain justru bisa membuat Anda salah mengambil keputusan.

2. Tentukan Visi dan Misi

ilustrasi sedang berkerja

Cara membangun motivasi kerja yang kedua adalah menentukan visi dan misi. Salah satu alasan terbesar mengapa kita kehilangan motivasi adalah kita kehilangan hubungan dengan visi kita. Visi adalah tujuan atau gambaran masa depan yang akan kita raih dalam waktu telah ditentukan. Sedangkan, misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat. 

3. Berhenti memikirkan hal tidak penting

ilustrasi stress

Cara membangun motivasi kerja yang ketiga adalah berhenti memikirkan hal yang tidak penting. Memikirkan dan melakukan hal-hal yang tidak penting akan mengorbankan banyak sekali energi. Memikirkan sesuatu sebelum bertindak merupakan hal baik, namun jika dilakukan secara berlebihan justru akan merugikan dirimu sendiri.

4. Atasi rasa takut terhadap kegagalan

ilustrasi senang

Cara membangun motivasi kerja yang ketiga adalah atasi rasa takut terhadap kegagalan. Ketika kamu merasa telah gagal, ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran. Setiap kali kita gagal dalam suatu hal, ada pelajaran yang dapat kita petik, agar bisa melakukannya dengan lebih baik dan menghindari kesalahan yang sama. Ceritakanlah tujuan dan impianmu hanya kepada orang-orang yang kamu percayai. Hal ini adalah untuk menghindari terlalu banyak kritikan dari orang lain, saat kamu mengalami kegagalan.

5. Selalu percaya diri

ilustrasi percaya diri

Cara membangun motivasi kerja yang terakhir adalah selalu percaya diri. Banyak orang merasa kurang percaya diri saat bekerja, mungkin karena mereka belum berpengalaman, berstatus karyawan baru, atau menyangsikan kemampuan mereka dalam meraih kesuksesan. Rasa kurang percaya diri memang seringkali menghambat karir dari seseorang di dunia kerja. Jika terus dibiarkan, rasa percaya diri yang rendah akan menghambat karir dan produktivitas seorang karyawan.

Baca juga: 5 Effective Ways Membangun Motivasi Belajar Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Semangat

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping