Blog

Yuk Ketahui 5 Top Secrets Membuat Brand Produk Dikenal Banyak Orang. Nomor 5 Paling Dicari!!!

brand produk
Business

Yuk Ketahui 5 Top Secrets Membuat Brand Produk Dikenal Banyak Orang. Nomor 5 Paling Dicari!!!

Brand produk saat ini menjadi sorotan dalam dunia perdagangan karena itu merupakan hal yang cukup menarik perhatian banyak orang. Perdagangan-perdagangan tersebut mulai dari makanan, minuman, kosmetik dan fashion. Pada masa pandemi saat ini, perdagangan banyak dilakukan melalui online atau dapat disebut sebagai online shop. Dikutip dari hestanto.web.id online shop adalah suatu proses pembelian suatu barang yang dilakukan pada platform khusus dimana antara pembeli dan penjualnya tidak bertemu secara langsung dalam proses jual beli. Dalam hal ini, penjual harus benar-benar pintar dalam memasarkan produknya karena tidak semua orang dengan mudah percaya dengan produk online shop. Disini, Brand produk dibutuhkan dalam meningkatkan strategi pemasaran.

Adapun pengertian dari Brand, dilansir dari glints.com Brand adalah suatu identitas yang berupa nama atau logo dari perusahaan yang dapat membedakan produk suatu perusahaan dengan produk lainnya. Tanpa adanya brand pada produk, maka produk tersebut mudah dilupakan oleh pembeli. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memberi nama brand di produk kosmetiknya “alibaba” maka ketika orang lain ingin membeli produknya lagi, mereka akan mengingat nama brand tersebut. Tak hanya itu, itu dapat menjamin keamanan produk karena dengan adanya brand, itu tandanya bahwa produk tersebut aman dan sudah mendapatkan izin produksi. Berikut simak 5 top secrets membuat brand produk mudah dikenal orang:

1. Menentukan Target Pasar

ilustrasi dari riset pasar

Dalam suatu bisnis atau perdagangan, hal yang paling mendasar untuk dilakukan riset target pasar atau target pembeli. Untuk menaikkan Brand produk mudah dikenal banyak orang dapat dilakukan dengan fokus pada target pasarnya. Jika sudah menemukan target pasar, maka pengenalan brand akan lebih mudah dan terarah.

Target pasar merupakan target pembeli yang difokuskan dalam kebutuhan suatu produk. Penentuan target pasar dilakukan dengan cara menganalisa siapakah yang membutuhkan produk yang dibuat oleh perusahaan. Dengan begitu, promosi iklan sesuai target yang dibutuhkan. Selain itu, penentuan target pasar dapat dikatakan meningkatkan keamanan pembeli. Seperti halnya rentang umur yang dapat membeli suatu produk agar tidak terjadi kesalahan. Maka, perusahaan harus mencapai target pasar yang tepat sasaran.

Menemukan target pasar dilakukan dengan riset produk itu sendiri. Sebagai contoh sebuah produk kosmetik, tentunya sebuah perusahaan dapat memetakan siapa sajakah yang membutuhkan produknya. Produk kosmetik biasa dibutuhkan oleh kaum muda atau kaum remaja. Hal ini, memperkenalkan brand produk dapat tepat sesuai dengan sasaran. Seperti halnya memasarkan produk kepada para remaja melalui media sosial. Itu cukup mudah tersebar luaskan. Dengan itu dapat membuat brand produk mudah dikenal

2. Membuat Iklan Agar Brand Produk Mudah Dikenal

Ilustrasi iklan brand produk
Ilustrasi iklan brand produk

Membuat iklan tampaknya hal yang utama untuk dilakukan untuk menaikkan jumlah pembeli suatu produk. Berhasil tidaknya suatu usaha dapat dilihat dari strategi pemasarannya atau iklannya. Iklan yang digunakan haruslah yang eye-catching. Eye-catching disini berarti membuat desain iklan dengan rapi dan menarik. Dengan begitu, calon pembeli akan merasa penasaran akan produk yang kemudian menarik daya minatnya untuk membeli.

Strategi pemasaran iklan dapat dilakukan melalui sosial media. Faktanya, sosial media adalah platform yang paling banyak digunakan oleh kaum muda maupun tua dalam berkomunikasi dengan yang lainnya. Dilansir dari kominfo.go.id Indonesia merupakan peringkat kelima dari pengguna twitter terbanyak di dunia. Sebanyak 19,5 juta pengguna twitter di Indonesia. Hal ini merupakan bukti bahwa sosial media sangat berperan aktif dalam mencapai sesuatu termasuk perdagangan atau bisnis.

Dengan memasarkan iklan produk melalui sosial media, brand produk mudah dikenal orang. Sebagai imbasnya, brand produk perusahaan akan semakin meningkat dengan cepat karena telah dikenal oleh banyak orang yang tersebar luas melalui sosial media.

3. Mengikuti Berbagai Acara

ilustrasi acara bazar

Mengapa mengikuti berbagai acara dapat membuat brand produk mudah dikenal orang banyak?. Sejatinya, relasi dapat didapat dengan cara mengikuti berbagai acara seperti; bazar, pameran, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pemasaran brand produk. Mengikuti bazar atau pameran tertentu, secara otomatis brand atau logo produk kita dapat terpasang di pamflet acara. Peserta bazar atau pameran akan dengan mudah mengenali brand produk kita.

Pengenalan produk pada saat bazar atau pameran juga dapat menarik perhatian para calon pembeli yang sebelumnya belum mengetahui brand kita. Demikian, para peserta ingin mengetahui lebih jauh mengenai produk anda secara menyeluruh. Ini adalah kesempatan kita dalam memasarkan produk yang sekalian menaikkan nama brand produk agar mudah dikenal banyak orang.

4. Menentukan Keunikan Brand Produk
ilustrasi produk unik

Pada kasus kenaikan pemintaan pasar yang disebabkan oleh uniknya suatu produk adalah hal yang wajar. Keunikan-keunikan yang terdapat di dalam brand produk seperti: logo, kemasan, ataupun isinya membuat calon pembeli merasa tertarik pada suatu produk. Desain logo yang unik, kemasan yang menarik, maupun takaran isi produk biasanya menjadi pertimbangan dalam membeli sesuatu terutama pada Online shop.

Online shop merupakan jenis penjualan yang sangat banyak membutuhkan pertimbangan. Mulai dari keaslian produk hingga tampilan produk. Ketika calon pembeli melihat ada keunikan tersendiri pada suatu produk. Maka pertimbangan membeli suatu produk pada brand tertentu akan berkurang. Secepatnya para calon pembeli akan membelinya. Dengan keunikan dalam membuat brand produk dikenal akan semakin meningkat.

5. Memilih Influencer yang Tepat
ilustrasi influencer dalam memasarkan brand produk

Membuat brand produk mudah dikenal dapat dilakukan dengan langkah memilih influencer. Influencer merupakan orang yang dibayar untuk memasarkan brand tertentu agar menarik perhatian calon pembeli. Namun, pemilihan influencer haruslah tepat demi menjaga nama baik brand perusahaan. Pemilihan influencer bisa dilakukan dengan mempertimbangkan apakah orang tersebut memiliki skills komunikasi yang baik, apakah orang tersebut berpenampilan menarik, dan apakah orang tersebut dapat menjaga komitmen.

Aturan-aturan yang diterapkan dalam pemilihan influencer harus dipertimbangkan agar brand laku di pasaran dengan baik. Dengan pemilihan influencer yang tepat akan membuat brand produk mudah dikenal banyak orang. Sebagai contoh produk kosmetik serum bibir pada brand tertentu menggunakan artis sebagai influencernya. Para remaja yang belum mengenal brand produk tersebut akan secara otomatis ingin mencoba produk tersebut karena telah mendapat review yang bagus dari influencer. Strategi ini meningkatkan bisnis yang sangat melejit dalam menaikkan brand di pasaran melalui sosial media

Secara singkatnya, cara membuat brand produk agar mudah dikenal oleh banyak orang tidak jauh dengan apa yang dinamakan strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dapat meningkatkan daya beli masyarakat terhadap suatu barang. Daya beli masyarakat terhadap suatu brand tertentu sangatlah dipengarui oleh brand produk yang telah dikenal banyak orang.

Baca juga: 7 Skill yang Perlu Dikuasai Gen Z Di Era Revolusi Industri 4.0

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping