Blog

Easy Peasy! 5 Tips Cegah Overthinking Agar Hidup Lebih Bahagia!

pexels-energepiccom-3136901
Edukasi Kesehatan Pengembangan diri

Easy Peasy! 5 Tips Cegah Overthinking Agar Hidup Lebih Bahagia!

Melawan overthinking yang mulai menyerang dalam diri
Melawan overthinking yang mulai menyerang dalam diri

Overthinking adalah istilah yang mulai dikenal oleh masyarakat, yang ditujukan bagi mereka yang kerap teralu bayak berpikir. Orang-orang yang mengalami hal ini kerap kali berpotensi untuk memiliki risiko untuk terkena gangguan mental dan kehilangan motivasi dalam hidupnya. Jika hal ini terus-menerus terjadi, bukan tidak mungkin jika hal ini akan merusak hidup seseorang.

Apa sebenarnya yang dipikirkan overthinker? Secara tiba-tiba, Anda mungkin pernah mengalami kejadian di mana pikiran atau ingatan yang secara tak sengaja sontak melintas dalam kepala Anda. Bagi beberapa orang, itu merupakan hal yang biasa terjadi, namun tidak bagi overthinker. Mereka akan terus memikirkan hal tersebut dan terjebak di dalamnya.

Seseorang yang sedang overthinking biasanya akan terhambat dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari, dan akibat dari terlalu banyak berpikir tersebut juga berdampak pada lingkungan di sekitarnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa seorang ovethinker merupakan seseorang yang sedang terjebak dalam pikirannya sendiri. Alih-alih mencari solusi, justru kebanyakan dari mereka malah kesulitan dalam mencari penyelasaian atas masalah yang sedang mereka hadapi.

Baca juga: Merasa Sedang Down? 5 Quotes Dari Para Tokoh Dunia Ini Bikin Kamu Mind-blowing

Overthinking adalah perilaku yang sangat merugikan bagi seseorang. Terlalu banyak berpikir akan membuang banyak waktu dan tenaga secara sia-sia, sehingga membuat seseorang tidak produktif. Hingga akhirnya, terlalu banyak berpikir hanya akan mendatangkan rasa cemas dan risau yang berlebihan. Jika hal ini terus berlanjut, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan membuat seseorang tersebut kehilangan motivasi dalam hidupnya.

Selain membuang banyak waktu, terlalu banyak berpikir dapat memicu gangguan mental yang serius. Overthinking dapat memicu stres yang berlebihan. Melansir dari Cleveland Clinic, stres yang berlebih dapat membuat seseorang terkena depresi, panic attack, dan gangguan kecemasan. Terlalu banyak berpikir membuat seseorang juga sulit fokus pada hal-hal yang dikerjakan.

Seorang overthinker kerap kali tidak menyadari bahwa dirinya sedang berada di fase overthinking. Lantas bagaimana cara kita mengetahui bahwa kita sedang dilanda overthinking yang berlebih? Berikut adalah tanda-tanda jika seseorang telah menjadi overthiker.

Tanda-tanda seseorang yang terlalu sering overthinking

Sulit fokus mencari penyelesaian masalah

Mencari jalan keluar dan solusi dari masalah merupakan hal yang harus dilakukan agar masalah yang sedang dihadapi. Hal yang kerap terjadi pada orang yang terlalu banyak berpikir adalah bukan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi, fokus mereka justru tertuju pada masalah tersebut. Itulah mengapa seseorang yang terlalu banyak berpikir selalu terjebak dalam pikirannya sendiri.

Terlalu sering memikirkan hal yang sama

Selain sulit untuk menyelesaikan masalah, seseorang yang terlalu banyak berpikir akan terus menerus memikirkan hal yang sama. Seorang overthinker akan selalu memikirkan kesalahan, masalah, dan kekurangan lain dalam dirinya yang membuat hidupnya senantiasa dalam kesehdian dan banyak tekanan. Jika hal ini terus terjadi, maka bukan tidak mungkin jika seseorang yang terlalu banyak berpikir akan sulitmerasa bahagia.

Sulit tidur nyenyak

Seperti yang sudah kita ketahui, terlalu banyak memikirkan sesuatu dapat menimbulkan rasa cemas yang berlebihan. Hal ini akan berdampak pada aktivitas sehari-sehari, seperti contohnya saat seseorang akan beristirahat. Orang yang teralu banyak berpikir akan kesulitan untuk beristirahat saat malam. Walaupun tidak melakukan kegiatan fisik, rasa cemas yang diakibatkan oleh terlalu banyak pikiran akan membuat seorang overthinker sulit untuk tidur.

Sulit mengambil keputusan

Semakin dewasa seseorang, semakin sering mereka dihadapkan dengan banyak keputusan yang harus dipilih. Saat mengambil keputusan, seseorang membutuhkan beberapa pertimbangan rasional agar tidak salah dalam mengabil keputusan, namun tidak dengan terlalu banyak berpikir hal-hal yang tidak perlu. Seseorang yang sering melakukan overthinking biasanya selalu berpikir banyak hal, termasuk kemungkinan-kemungkinan buruk yang padahal belum tentu terjadi. Selain membuang banyak waktu dan tenaga, terlalu banyak berpikir juga dapat membuat seseorang semakin sulit dalam mengambil keputusan.

Merasa takut dan cemas berlebih

Jika Anda sering merasa takut dan cemas yang berlebih pada hal-hal sepele, maka bisa jadi Anda seorang overthinker. Tidak hanya pada hal-hal sepele, seorang overthinker kerap kali measa takut dan cemas secara berlebih pada pikiranya sendiri yang bahkan belum tentu terjadi. Hal ini tentu bukan hal yang baik. Seharusnya, seseorang harus bisa memberi sugesti baik pada dirinya sendiri agar pikiran yang menakuti dalam diri mereka dapat berkurang.

Terlalu bayak berpikir dapat membuat seseorang sulit merasa bahagia akibat dari banyaknya pikiran-pikiran dan masalah yang dihadapi. Banyaknya tekanan dan sulitnya penyelesaian masalah juga dapat membuat seseorang sulit termotivasi. Setelah mengetahui tanda-tanda seseorang yang terlalu banyak berpikir dan bagaimana dampaknya bagi kesehatan, kini adalah waktunya untuk mengetahui bagaimana caranya agar kita dapat terhindar dari terlalu banyak berpikir dengan beberapa cara. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan agar terhindari overthinking.

Cara menghindari overthinking agar hidup lebih bahagia

Distraksikan diri

Melawan overthinking dengan menyibukan diri

Mencegah diri dari serangan overthinking dapat dilakukan dengan mengalihkan pikiran-pikiran tersebut pada hal-hal positif, seperti melakukan hobi, olahraga, menyeselasikan pekerjaan, beribadah, jalan-jalan santai ke luar rumah dan menghirup udara segar atau bahkan bisa dengan cara sederhana seperti menghubungi teman.

Hal-hal tersebut dapat mencegah kita dari kebiasaan terlalu banyak memikirkan hal-hal yang tidak perlu dan menganggu. Kegiatan-kegiatan yang disebutkan juga dapat menjadi stress relief yang ampuh agar kita tetapi termotivasi dan bahagia dalam menjalani hidup.

Lakukan meditasi

Lakukan meditasi untuk menghalang overthinking

Meditasi merupakan cara untuk merelaksasi diri dengan cara berkonstrasi untuk memusatkan fokus dan pikiran untuk mencapai kedamaian. Meditasi dianjurkan untuk dilakukan karena dapat membawa banyak manfaat baik bagi tubuh. Menurut Alodokter, meditasi dapat mengatasi masalah-masalah seperti stres, depresi, dan rasa cemas yang belebih.

Meditasi dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memakan waktu yang terlalu banyak. Salah satu meditasi yang mudah untuk dilakukan adalah midnfulness meditation. Meditasi ini dapat dilakukan dengan cara mengatur napas pada posisi duduk yang nyaman, dan fokus pada detak jantung atau aliran udara saat mengambil dan membuang napas. Walaupun terdengar mudah, namun bagi beberapa orang memerlukan bimbingan dari profesional saat melakukanya.

Beri sugesti positif untuk diri sendiri

Memberi energi baik pada diri untuk melawan energi buruk dari overthinking

Saat overthinking mulai menyerang, ada baiknya jika kita tidak “mengizinkan” pikiran-pikiran buruk itu merasuki diri kita. Kita dapat belajar untuk melawan rasa takut yang ada dengan memberi mantra-mantra positif yang dapat mensugesti diri, sehingga kita senantiasa berpikiran positif dan terhindar dari rasa takut yang diakibatkan dari berpikir yang berlebihan.

Belajar untuk tenang

Tenang dalam mengahadapi masalah

Saat rasa cemas dan takut datang, buatlah diri Anda tenang dengan cara memfokuskan pada pencarian solusi masalah. Selalu percaya bahwa masalah yang dihadapi akan segera berakhir. Catat apa-apa saja yang sekiranya menjadi permasalahan. Beresikap tenang dapat membuat seseorang memiliki pemikiran jernih sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan baik tanpa harus overthinking.

Cari penyebab dari overthinking itu sendiri

Mencari akar permasalahan agar tidak overthinking

seseorang dapat berpikir secara berlebih saat mereka menghadapi masalah tertentu. Agar tidak terjebak dalam fase ini, seseorang tersebut harus mencari pemicu dari sikap berlebihan terebut, agar dapat membatasi diri dan tidak berlarut-larut dalam pemikiran yang sama. Untuk mencari tahu pemicu dari overthinking tersebut, kita dapat mulai membuat catatan berupa reminder agar kita bisa lebih waspada saat menghadapi situasi yang sama di kemudian hari.

Itulah beberapa penjelasan tentang menjadi seorang overthinker yang tidak baik bagi fisik dan psikis. Terlalu banyak berpikir dapat menimbulka banyak tekanan, sehingga seseorang sulit merasa bahagia dalam hidupnya. Maka dari itu, banyak-bayaklah berinteraksi dan mengisi waktu luang dengan hal-hal positif yang dapat memberi dampak baik bagi diri kita.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping