Blog

Unpredictable! 3 Cara Meningkatkan Public Speaking Skills Yang Dapat Ditiru Dengan Mudah.

public speaking
Pengembangan diri

Unpredictable! 3 Cara Meningkatkan Public Speaking Skills Yang Dapat Ditiru Dengan Mudah.

Public Speaking atau kerap disapa sebagai berbicara di depan umum, merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan pada era saat ini. Tentunya, kemampuan tersebut sangat memiliki pengaruh besar dalam kesuksesan seseorang. Pengaruh-pengaruh tersebut dapat dilihat ketika seseorang yang mampu dan percaya diri tampil di depan umum akan mendapatkan reward tertentu oleh orang lain yang mempercayainya.

percaya diri dalam melakukan apapun termasuk berbicara di depan umum juga dapat dikatakan sebagai orang yang sukses lho!. Mengapa demikian? yuk simak lebih lanjut artikel berikut!.

Apa Itu Public Speaking?

Dilansir dari gramedia.com, istilah public speaking berasal dari Bahasa Inggris yaitu public dan speaking. Public sendiri diartikan sebagai umum, sedangkan speaking diartikan sebagai berbicara. Ketika dua kata tersebut digabung menjadi berbicara di depan umum. Berbicara atau tampil di depan umum merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi orang-orang tertentu. Namun sebaliknya, beberapa orang menganggap bahwa berbicara di depan umum merupakan momok bagi mereka.

Hal ini dapat dikaitkan dengan sifat seseorang yaitu sifat introvert dan ekstrovert. Umumnya, orang yang percaya diri tampil di depan orang banyak atau khalayak umum dikatakan sebagai pribadi ekstrovert. Sebaliknya, orang yang kurang percaya diri untuk tampil di depan umum umumnya merupakan pribadi introvert. Namun, siapa sangka hal ini merupakan hal yang belum tentu benar lho!.

Pada dasarnya, sifat yang melekat pada diri seseorang dapat diubah sedemikian rupa tergantung dari usaha pribadi masing-masing. Begitu pula kemampuan berbicara di depan umum. Orang yang memiliki sifat introvert belum tentu ia tidak memiliki kemampuan tersebut. Ia dapat memiliki kemampuan itu karena usahanya dalam mengasahnya secara terus-menerus. Hal itu juga berlaku pada pribadi ekstrovert, tidak semua pribadi yang memiliki sifat tersebut mampu berbicara di depan umum. Itulah sebabnya, kemampuan tersebut harus selalu dipelajari dan diasah.

Mengapa Public Speaking Skills Sangat Dibutuhkan?

Pada era saat ini, generasi muda dituntut untuk memiliki kemampuan public speaking. Terlebih ketika mereka menginginkan posisi pekerjaan yang baik khususnya dalam bidang bisnis. Kemampuan tersebut sangat memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan profit sebuah perusahaan. Dengan berbicara di depan umum, hal itu akan memberikan nilai plus pada seseorang. Public Speaking ini digunakan dalam strategi marketing yang menawarkan barang atau jasa secara langsung kepada calon pembeli. Maka, tak heran jika kemampuan ini sangat didambakan semua orang.

Cara Meningkatkan Public Speaking Skills

1. Berlatih Berbicara di Depan Kaca

Ilustrasi Berlatih Berbicara Di Depan Cermin

Mungkin cara ini terdengar aneh. Namun, siapa sangka bahwa cara ini sangat tepat lho untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Pasalnya, dengan berlatih berbicara di depan kaca akan meningkatkan percaya diri seseorang karena ketika berbicara di depan cermin seolah-olah diri kita sedang berbicara di depan orang lain. Maka, anggaplah bahwa cermin adalah partner terbaik ketika berbicara. Hal itu ketika dilakukan secara rutin dapat dirasakan hasilnya, kemampuan bicara pun semakin lancar dan percaya diri.

2. Berlatih Berbicara Menggunakan Body Languages

Gambar Berbicara di Depan Umum Dengan Menggunakan Gerak Tangan. Sumber the-stage.medium.com

Body Language atau bahasa tubuh merupakan gerakan tubuh ketika sedang berbicara. Yang termasuk dalam body language adalah menggunakan tangan, memperhatikan ekspresi wajah, dan gerakan tubuh lainnya ketika sedang berbicara. Hal ini sangat menjadi penilaian baik buruknya kemampuan public speaking seseorang. Umumnya, gerakan tubuh digunakan ketika berbicara di depan umum

3. Berlatih Berbicara dengan Orang Banyak

Ilustrasi Berbicara di Depan Keluarga

Ketika rasa percaya diri masih rendah dan anda harus berlatih berbicara di depan orang banyak, keluarga adalah solusinya. Anda dapat memulai dengan berbicara di depan keluarga anda termasuk ibu, ayah, kakak, maupun anggota keluarga lainnya. Hal ini dapat dilakukan pertama kali jika berbicara di depan umum masih terasa menakutkan. Topik yang digunakan juga bisa menggunakan topik yang ringan seperti ketika mengemukakan pendapat. Dengan hal itu, anda akan menerima timbal balik percakapan dari lawan bicara anda.

Baca juga: Amazing Strategy! Persiapkan Karir Anda dengan Career Coach. 4 Peran Career Coach

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping