Blog

Super Easy, 3 Contoh Media Pembelajaran yang Menarik dan Mudah dibuat untuk Bahan Ajar di Sekolah!

Cara membuat media pembelajaran menarik untuk bahan ajar di sekolah
Video & Tips

Super Easy, 3 Contoh Media Pembelajaran yang Menarik dan Mudah dibuat untuk Bahan Ajar di Sekolah!


Photo by Julia M Cameron from Pexels

Salah satu cara yang dipakai untuk melakukan kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi adalah dengan membuat media pembelajaran. Cara ini dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk dilakukan untuk memberi bahan ajar di sekolah selama masa pandemi. Berbeda dengan buku pelajaran pada umumnya, media pembelajaran dapat dijadikan sebagai sumber bacaan yang menarik dan menyenangkan untuk dibaca selama media tersebut dibuat dengan konsep yang menarik.

Tenaga pendidik, seperti guru, di Indonesia kerap mengalami kesulitan dalam mengajar. Hal ini disebabkan karena keterbatasan bahan pembelajaran yang dimiliki serta fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah. Selain itu, beberapa kendala lain seperti sulitnya mengakses jaringan internet yang sangat penting di masa pandemi ini pun kerap dialami oleh guru dan murid di berbagai daerah. Maka dari itu, sudah seharusnya setiap pengajar memiliki cara untuk menanggulangi masalah-masalah yang kerap dihadapi dalam proses kegiatan belajar.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menanggulangi masalah di masa pandemi ini adalah dengan cara membuat bahan ajar yang menarik, baik dalam bentuk audio, visual ataupun gabungan dari keduanya. Guru dapat memanfaatkan fasilitas yang sederhana yang tersedia dan mudah dioperasikan, salah satunya adalah melalui teknologi digital yang ada.

Salah cara untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk melakukan kegiatan belajar mengajar adalah dengan menggunakan gawai atau alat elektronik seperti laptop. Seperti yang kita tahu, laptop adalah salah satu alat yang dapat menunjang berbagai macam pekerjaan manusia di era yang serba modern ini. Laptop dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Laptop akan digunakan dan menyuguhkan kemudahan lain jika terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Laptop dan internet dapat menjadi satu paket lengkap yang dapat menunjang kegiatan secara online.

Jika laptop dirasa sulit untuk dijangkau, maka teknologi digital yang paling mudah dan dapat dijangkau oleh guru adalah smartphone. Gawai atau smartphone adalah salah satu benda yang dapat menunjuang dan memudahkan pekerjaan seseorang, termasuk bagi guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Guru dapat membuat bahan ajar yang sederhana sebagai pengganti buku pelajaran dalam bentuk fisik yang sulit didapat oleh siswa sebagai penunjang pembelajaran selama pembelajaran jarak jauh.

Adanya kemudahan dalam teknologi yang dapat dijangkau oleh masyarakat tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya hambatan atau kendala yang diterima oleh guru. Beberapa tenaga ajar, seperti guru atau bahkan dosen, masih kurang memahami cara membuat media pembelajaran yang menarik sebagai bahan yang akan mereka ajarkan. Media pembelajaran yang dibuat kerap kali tidak menarik untuk dibaca, sehingga menurunkan motivasi siswa dalam membaca materi yang diberikan.

Agar motivasi siswa dalam membaca bahan ajar yang diberikan meningkat, guru harus pandai dalam membuat atau memgekekusi bahan ajar yang akan diberikan dengan konsep yang semenarik mungkin. Terkait hal tersebut, guru dituntut untuk kreatif dalam mengajar walaupun adanya hambatan yang dihadapi, seperti pandemi atau bahkan hambatan-hambatan lain yang mungkin terjadi. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pengajar dalam membuat media pembelajaran yang menarik agar efektif dan dibaca oleh peserta didik. Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan bantuan teknologi sepeti gawai, koneksi internet dan kemampuan guru dalam menyusun konsep yang kreatif. Berikut 3 cara mudah untuk membuat media pembelajaran yang menarik sebagai bahan ajar di sekolah.

Membuat Salindia Menarik Berisikan Rangkuman Materi sebagai Media Pembelajaran

Salindia yang berisikan rangkuman materi merupakan salah satu cara paling mudah untuk dibuat sebagai bahan ajar. Guru dapat mengisinya dengan materi-materi yang penting dan padat, serta bahan latihan sebagai bahan evaluasi yang dibungkus dengan desain yang menarik. Desain menarik dapat diunduh melalui beberapa aplikasi, salah satunya adalah Canva. Melalui aplikasi Canva atau webiste canva.com , kita dapat membuat salindia yang menarik dengan template gratis yang telah disediakan. Selain itu, pada aplikasi ini juga kita dapat menyesuaikan bentuk file yang akan dibuat.

Membuat salindia yang menarik agar siswa bersemangat membaca materi yang diberikan
Photo by steveriot1 from pixabay.com

Salindia berisi materi ini dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menggantikan buku ajar dalam bentuk fisik. Selain dapat menghemat biaya, siswa juga dapat mengunduh file salindia tersebut dan membacanya kapan saja dan di mana saja. Salindia yang telah dibuat juga dapat menjadi bahan ajar untuk kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: 3 Recommend Pembelajaran Online untuk kamu hanya di Eny Kusrini

Membuat Video Pembelajaran dengan Alat sederhana

Membuat video pembelajaran guna memudahkan siswa dalam belajar
Photo by Artem Podrez from Pexels

Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menyerap pelajaran atau materi. Beberapa orang terkadang lebih nyaman untuk menerima materi dalam bentuk visual atau hanya lewat bentuk bacaan, namun tidak jarang juga beberapa orang lainnya lebih nyaman bila menerima materi tersebut dalam bentuk audio visual seperti video. Membuat video dapat menjadi pilihan agar pembelajaran tidak membosankan.

Agar video pembelajaran menarik, diperlukan beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai pembuatan video yang akan digarap. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan topik yang akan dibawakan. Topik yang dipilih dapat berupa materi yang dirasa butuh untuk dijelaskan lebih detail. Materi dapat dibawakan secara ringan dan interaktif, agar audiens merasa senang menonton video yang dibuat.

Langkah selanjutnya adalah membuat script atau storyboard. Pembuatan teks ini bertujuan untuk memudahkan proses pengambilan video, sehingga video yang diambil dapat minim dari kesalahan dan terstruktur. Pembuatan script dapat dilakukan dengan menuliskannya dalam bentuk narasi atau berupa poin-poin penting.

Saat materi telah disiapkan, langkah berikutnya adalah penggarapan video. Pembuatan video tidaklah harus menggunakan kamera yang profesional, tetapi bisa juga menggunakan kamera yang tersedia dari handphone. Mengingat handphone yang beredar mulai difasilitasi kualitas kamera yang baik, kamera tersebut dapat dimanfaatkan untuk merekam video untuk bahan media pembelajaran. Kamera handphone akan menghasilkan video yang baik jika didukung dengan pencahayaan yang baik juga. Usahakan untuk merekam video pada saat siang hari, agar video dapat menghasilkan kualitas yang baik.

Langkah yang terakhir setelah merekam video adalah proses editing. Pada proses ini, pengajar dapat bereksplorasi kemampuan berpikir kreatif yang dapat dituangkan ke dalam video yang telah dibuat. Agar lebih menarik, video dapat diselingi dengan ilustrasi atau animasi sederhana yang bisa didapatkan di aplikasi editing secara gratis. Hal tersebut bertujuan agar media pembelajaran yang dibuat tidak terasa membosankan.

Membuat Buku Elektronik sebagai Media Pembelajaran dan Pengganti Buku Fisik

Selain membuat salindia, pengajar juga dapat membuat buku elektronik sebagai bahan ajar dan bahan bacaan peserta didik. Buku elektronik, atau kerap dikenal dengan E-Book, merupakan versi digital atau elektronik dari buku yang biasa ditemui. E-Book dapat diisi dengan tulisan serta gambar.

Cara pembuatan buku digital ini bisa dibilang tidak terlalu sulit. Pengajar bisa mulai menulis materi apa saja yang akan dibukukan di Microsoft Word dan memasukan materi tersebut ke aplikasi pembuat e-Book. Selain materi atau bahan bacaan, meta data dan cover buku juga harus disiapkan agar informasi buku yang dibuat dan tampilannya dapat diketahui serta menarik pembaca. Berikut beberapa aplikasi pembuat e-Book yang bisa diakses dengan mudah dan gratis diantaranya adalah Calibre, Sigil, Mobipocket Creator, dan ePUBee Maker.

Itulah beberapa kiat-kiat tentang contoh can cara membuat media pembelajaran yang bisa dicoba oleh pengajar untuk dberika kepada peserta didik sebagai bahan ajar, terlebih saat masa pandemi ini, karena kegiatan sekolah darig kerap kali memerlukan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping