Blog

Cool, Ini Dia 5 Cara Mudah Mendapatkan Cuan Tambahan Melalui Passive Income yang Wajib Dicoba!

pexels-alexander-mils-2068975-1
Business

Cool, Ini Dia 5 Cara Mudah Mendapatkan Cuan Tambahan Melalui Passive Income yang Wajib Dicoba!

cara mudah mendapatkan cuan melalui passive income yang wajib dicoba!
Cara mudah untuk mendapatkan cuan yang bisa dicoba!
Photo by Alexander Mils from Pexels

Mendapatkan dan mencari sumber cuan merupakan salah satu tujuan banyak orang di zaman sekarang. Banyak usaha yang telah dilakukan oleh banyak orang, dari mulai berbisnis secara online hingga mencoba peruntungan di usaha lain, salah satunya agar mendapatkan peghasilan pasif atau penghasilan tidak langsung. Akan tetapi, banyak orang yang belum memahami pengertian dan konsep dasar dari jenis penghasilan tersebut. Mari kita bahas lebih lanjut tentang jenis penghasilan yang satu ini.

Beberapa orang memanfaatkan banyak peluang usaha untuk mendapatkan pendapatan lebih dengan usaha-usaha sampingan dari pekerjaan tetap mereka. Usaha tersebut biasanya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan lebih tanpa harus teribat atau berusaha terlalu banyak di dalamnya. Pernyataan tersebut adalah salah satu dari konsep mendapatkan penghasilan secara pasif. Usaha yang dapat menghasilkan penghasilan jenis ini cocok untuk dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi generasi muda.

Mengutip dari laman Pintu, passive income adalah pendapatan yang kamu hasilkan tanpa mengeluarkan banyak usaha atau terlibat aktif di dalamnya. Penghasilan tersebut dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan dari penghasilan utama. Jenis pendapatan ini berbeda dengan active income yang memaksa kamu untuk terlibat aktif dan membutuhkan banyak effort di dalamnya untuk mendapat penghasilan secara langsung.

Baca juga: Trend 5 Strategi Marketing Efektif Untuk Mengembangkan Bisnis

Salah satu alasan penting mengapa pengahasilan secara pasif ini wajib untuk didapatkan adalah karena penghasilan jenis ini bisa dijadikan sebagai rencana di hari tua, atau penghasilan tetap di jangka panjang. Penghasilan jenis ini juga dapat dijadikan sebagai antisipasi bila suatu saat kita berhenti bekerja atau kehilangan sumber penghasilan tetap kita. Bagi kaum muda, penghasilan ini dapat dijadikan sebagai sumber tabungan yang dapat berguna untuk di masa depan.

Sebagai generasi muda, kita semua sudah pasti ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk sekadar menambah dana tabungan. Akan tetapi, beberapa dari kita masih bingung, gimana sih cara dapat penghasilan tanpa perlu ribet dan banyak mengeluarkan usaha atau tenaga lebih.

Nah, berikut cara mudah yang bisa dicoba untuk dijadikan sumber cuan tambahan kamu. Beberapa cara di bawah juga bisa dilakukan cuma lewat handphone saja, lho! Yuk disimak!

Ubah Foto di Galeri jadi Cuan

Jadikan foto-foto estitik hasil bidikan di galeri handphone sebagai passive income kamu!
Photo by Kaique Rocha from Pexels

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang memiliki hobi dalam bidang fotografi. Hal itu wajar terjadi, sebab di zaman sekarang, banyak perusahaan smartphone yang memproduksi handphone dengan banyak fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya, termasuk pada bagian kameranya. Hal ini membuat banyak masyarakat tertarik dan mulai mengasah bakat fotografinya berkat bantuan teknologi tersebut.

Tidak jarang orang mengambil gambar dari handphone mereka secara cuma-cuma, atau hanya untuk mengabadikan momen semata. Ada beberapa jenis foto yang mungkin biasa dibidik oleh kebanyakan orang, seperti pemandangan, hewan, atau bahkan suatu objek yang menarik untuk diabadikan. Jangan sampai foto-foto tersebut menumpuk dan hanya mnejadi pajangan di galeri handphone kalian. Ada beberapa cara agar foto tersebut tidak hanya disimpan secara cuma-cuma, salah satunya adalah dengan menjualnya di internet.

Menjual foto di internet merupakan salah satu cara mendapatkan passive income dengan mudah. Ada beberapa laman internet yang dapat menjadi tempat kita menjual foto yang telah kita bidik atau foto yang sudah melalui tahap edit sedemikian rupa. Berikut beberapa laman yang bisa menjadi tempat kita menjual foto secara online.

Istockphoto.com

Istock sebagai salah satu situs terkenal untuk menjual gambar secara online.

Situs ini merupakan salah satu situs yang terkenal untuk menjual foto secara online. Setiap creator dapat mengunggah gambar yang dapat disesuaikan dengan ketentuan dan kategori yang telah disediakan. Istock menawarkan komisi sebesar 15-45% dari setiap foto yang berhasil dibeli/diunduh oleh pembeli. Pendapatan dapat ditarik melalui beberapa metode pembayaran bila dana yang terkumpul sudah mencapai 100$.

Istcok dapat dikatakan situs yang memiliki potensi yang cukup besar , mengingat tidak hanya situs yang populer, situs ini juga merupakan situs tertua dalam menyediakan jasa jual & beli foto secara online. Sehingga banyak orang yang akan mencari foto yang sesuai dari situs ini.

ShutterStock.com

ShutterStock.com rekomendasi lain untuk jual hasil jepretan estetik kamu!

ShutterStock.com adalah situs yang dapat menjadi salah satu situs jual-beli foto online populer lain yang bisa dicoba. Situs ini menawarkan komisi sebesar 20-30% dari setiap foto yang diunduh. Pendapatan tersebut bia didapatkan dengan skema yang berbeda-beda, seperti melalui langganan harian, on demand, dan enchanced license.

123rf.com

123rf.com situs jual-beli gambar dengan komisi cukup besar

123rf.com menawarkan komisi dengan jumlah maksimal 60% dari setiap foto yang berhasil diunduh. Pada awalnya, web ini didirikanuntuk memperluas portofolio dan menyediakan layanan pada bidang industri konten berbasis web. Kini kamu bisa menjadikan situs ini sebagai sumber pasive income kamu melalui gambar yang kamu unggah di situs ini.

Mengikuti Program Afiliasi Produk di Sosial Media

Program afiliasi sebagai sumber passive income di dunia marketing
Photo by Dominika Roseclay from Pexels

Pernah mendengar jika seseorang menjadi korban “Racun TikTok”? Kejadian tersebut merupakan salah satu strategi atau praktik dari program afiliasi di sosial media. Program afiliasi atau biasa dikenal sebagai affiliate marketing sendiri adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan secara online dengan cara mempromosikan suatu barang kepada masyarakat. Jika masyarakat berhasil membeli suatu produk, maka itu akan menjadi cuan lebih untuk kamu.

Dapat disimpulkan, bahwa pada program ini kita hanya perlu mempromosikan suatu produk secara digital, tanpa perlu datang langsung ke masyarakat, menarik bukan? Biasanya cara mudah untuk melakukan promosi dari suatu barang adalah dengan membuat konten yang menarik rasa penasaran dan rasa ingin membeli masyarakat, salah satunya dapat melalui foto atau video yang diunggah di media sosial kita.

Ada beberapa jenis afiliasi yang dapat dicoba, berikut contoh-contohnya.

Program Afiliasi CPA (Cost Per Action)

Program afiliasi ini biasanya program yang paling mudah dilakukan. Setiap yang tergabung hanya perlu membagikan tautan yang diberikan oleh perusahaan melalui akun pribadi agar setiap mutual yang ada pada akun tersebut dapat mengakses tautan tersebut. Semakin banyak orang yang membuka tautan tersebut, maka semakin banyak cuan yang akan didapatkan.

Program Afiliasi PPC (Pay Per Click)

Program afiliasi yang satu ini biasanya ditargetkan untuk mereka yang mempunya blog atau laman pribadi dengan jumlah pengunjng yang ckup banyak. Keuntungan dari program ini bisa didapatkan melalui AdSense pada iklan yang dipasang pada blog tersebut. Semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan yang terpasang, maka semakin banyak penghasilan yang didapatkan.

Program Afiliasi PPS (Pay Per Sale)

Komisi dari program afiliasi ini mengandalkan setiap pembelian yang berhasil dilakukan oleh customer. Kamu bisa mendapatkan cuan sebanyak 30-70% dari setiap hasil penjualan barang yang dilakukan. Walaupun terdengar cukup mengunutngkan, kamu harus memiliki skill komunikasi yang baik dalam mempromosikan barang yang kamu jual. Jenis afiliasi ini biasanya dilakukan pada e-commerce.

Program Afiliasi PPP (Pay Per Performance)

Program afiliasi yang satu ini merupakan program yang paling disukai oleh banyak vendor. Pembayaran pada program afiliasi ini dapat terjadi pada konversi pemasarannya, seperti pada pembelian pada produk atau adanya registrasi pada program tertentu.

Jadi Dropshiper

Memulai bisnis dropship sebagai sumber cuan kamu!
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Dropship adalah salah satu jalan unutk mendapatkan penghasilan pasif dari internet yang bisa dilakukan dengan atau tanpa modal. Dropship dapat dilakukan tanpa perlu memiliki produk secara nyata yang harus didagangkan, melainkan dapat menggunakan produk yang didapatkan dari supplier untuk dipromosikan melalui sosial media yang dimiliki. Sehingga, dropshipper tidak perlu menyimpan barang sebagai stok untuk didagangkan.

Sistem atau cara kerja sebagai dropshipper pun terbilang mudah. Dropshipper hanya perlu mempromosikan dan mendagangkan barang yang ada pada supplier, jika ada orang yang minat untuk membeli produk yang didagangkan, dropshipper hanya perlu menghubungi supplier untuk mengirim barang yang dipesan ke alamat penerima atau pembeli.

Usaha ini dapat dijadikan sebagai sumber passive income yang menjanjikan. Kamu hanya perlu memilih produk apa saja yang sekiranya memiliki potensi cukup besar dan diminati oleh masyarakat luas. Selain tidak repot untuk kembali merintis produk baru, menjadi dropshipper hanya perlu menjual barang yang sudah ada atau bahkan menjual barang dengan brand kita sendiri. Untuk menjual barang kita dengan brand tersendiri, hal tersebut harus melalui diskusi dan kesepakatan antara dropshipper dan supplier.

Baca juga: Yuk Ketahui 5 Top Secrets Membuat Brand Produk Dikenal Banyak Orang. Nomor 5 Paling Dicari!!!

Mulai Berinvestasi sebagai Sumber Passive Income

Photo by Lorenzo from Pexels

Berinvestasi mungkin terdengar usaha yang tidak mudah untuk dilakukan. Perlu beberapa analisis dan pengetahuan agar kita bisa dapat cuan dari apa yang kita invetasikan. Investasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan pasif yang mulai digandrumi masyarakat. Hal ini tidak lain karena maraknya influencer yang mulai menjual topik seputar investasi sebagai konten mereka.

Investasi mungkin terdengar sulit dan harus menyiapkan dana yang besar, padahal hal tersebut sama sekali tidak benar. Jika kita paham dasar-dasar berinvestasi, tidak menutup kemungkinan jika investasi ini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai sumber passive income yang menjanjikan. Berinvestasi tidak melulu harus memakan modal yang besar, bahkan kita bisa mulai berinvestasi dengan jumlah modal seharga segelas es kopi.

Berikut jenis-jenis investasi yang bisa kamu coba sebagai sumber penghasilan pasif yang bisa bikin kamu kaya di masa depan!

Reksadana

Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang mudah dilakukan karena bisa dilakukan hanya melalui handphone. Uang yang diinvestasikan melalui Reksadana selanjutnya akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) dalam portofolio Efek. Reksadana dinilai cukup aman dan mudah karena dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi tidaklah banyak dan jauh lebih aman. Reksadana dapat memberi potensi return 6-7% per tahunnya.

Deposito

Deposito adalah salah satu investasi yang mudah untuk dilakukan. Investasi ini dapat dilakukan dengan cara menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu di bank. Bank dapat menjanjikan untuk memberi suku bunga tetap sampai waktu yang telah disepakati.

Emas

Investasi emas memerlukan kecermatan dan analisis harga emas yang jeli. Pasalnya, harga emas di pasaran kerap kali tidak menentu dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kamu bisa membeli emas jika harga emas tersebut sedang turun dan dapat kembali menjualnya saat harga emas tersebut sedang naik.

Saham

Investasi merupakan salah satu investasi yang cukup terkenal. Saham adalah surat berharga yang menandakan kepemilikan suatu perusahaan. Untuk menjadi investor, kita dapat membeli saham yang ditawarkan oleh perusahaan. Keuntungan yang akan didapat adalah melalui deviden atau nilai tukar saham. Sebelum memutuskan investasi saham sebagai passive income, kamu wajib memahami pengetahuan yang cukup tentang investasi di bidang saham ini.

Menjual Karya Seni

Photo by Markus Spiske from Pexels

Jika kamu memiliki bakat dibidang seni, seperti menggambar atau membuat desain grafis, sudah saatnya untuk kamu menjadikan bakat yang dimiliki tersebut menjadi sumber cuan kamu. Selain menambah portofolio, usaha ini juga dapat menjadi pendapatan pasif yang cukup mnegunutngkan. Seperti halnya dengan foto, karya seni seperti gambar ilustrasi, template, atau bahkan logo pun bisa dijual secara online di internet.

Ada beberapa laman yang bisa dicoba untuk menjual karya seni yang bisa dicoba seperti pada laman-laman berikut:

Etsy

Etsy adalah sebuah marketplace yang menjanjikan untuk menjual hasil karya seni. Situs ini merupakan situs yang terkenal bagi kalangan seniman dan pengrajin atau bahkan pegiat seni. Selain menjual karya seni, situs ini pun dapat dijadikan sebagai tempat untuk memarkan hasil karya dari beragam seniman.

eBay

eBay merupakan salah satu pasar online tersbesar yang memberi kesmepatan bagi seniman untuk memamerkan dan menjual karya seni mereka. eBay dapat memungkinkan kamu untuk mencarikan pembeli dengan tager pasar sesuai dengan karya yang dijual.

Creative Market

Creative Market adalah sebuah marketplace yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan passive income melalui penjualan karya seni digital seperti desain grafis, tema WordPress, fotografi dan karya digital lain yang berkaitan dengan kebutuhan materi iklan untuk suatu website. Situs ini telah digunakan lebih dari satu juta pengguna dan berpotensi membuat karya yang kamu buat cepat terjual.

Itulah 5 cara mudah untuk mendapatkan penghasilan pasif yang dapat dicoba untuk menambah penghasilan kita. Cara-cara tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan kita. Pilihlah cara yang mudah untuk dilakukan untuk mendapatkan penghasilan lebih agar kamu semakin cuan!

Comment (1)

  1. […] Juga: Perbedaan Guru, Tutor, Mentor, dan Instruktur, 4 Popular […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping