Blog

Wow!! 5 Cara Super Meningkatkan sistem Imun Yang Lemah Dengan Cepat

Cara Meningkatkan Sistem Imun
Video & Tips

Wow!! 5 Cara Super Meningkatkan sistem Imun Yang Lemah Dengan Cepat

Meningkatkan sistem imun adalah hal yang paling utama untuk dilakukan oleh seseorang yang memiliki sistem imun yang lemah. Faktanya, orang yang memiliki imun yang lemah akan mudah jatuh sakit. Sehingga, upaya dalam mencegah penyakit yaitu dengan peningkatan imun itu sendiri. Namun, perlu diketahui lebih mendalam mengenai istilah, maupun tanda-tanda sistem imun melemah. Mari simak artikel berikut yang dapat membantu memecahkan masalah kesehatan anda!!!!!.

Apa itu Sistem Imun?

Ilustrasi Virus
Ilustrasi imunitas tubuh dapat melawan virus

Dilansir dari farmasi.ugm.ac.id Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah suatu sistem daya tahan tubuh terhadap serangan benda asing ke tubuh. Sejatinya, benda asing tersebut terdapat dari luar maupun tubuh kita sendiri. Benda asing yang terdapat dari luar tubuh kita contohnya: debu, bakteri, virus, dan serbuk sari. Sedangkan benda asing yang terdapat dari tubuh kita sendiri meliputi: sel-sel mati dan sel-sel yang telah berubah dari bentuk dan fungsi asalnya.

Fungsi Utama Sistem Imun

Dikutip dari kompas.com ada 3 fungsi utama yaitu:

  • Fungsi Pertahanan

Dikutip dari kompas.com imunitas akan memperbanyak sel darah putih dalam pembentukan antibodi. Hal ini akan melindungi diri dari benda asing yang masuk dalam tubuh kita. Sebagai akibat jika fungsi pertahanan akan melemah, maka akan terjadi alergi dan infeksi berulang pada tubuh.

  • Fungsi Homeostasis

Pada fungsi ini, imun dalam tubuh berperan sebagai pertahanan fungsi degenerasi atau katabolisme tubuh. Sejatinya, manusia memiliki sel-sel aktif yang nantinya akan rusak atau mati. Nah, inilah fungsi homeostasis yaitu mengeluarkan sel-sel yang rusak dan mati

  • Fungsi Pengawasan

Seperti namanya, fungsi pengawasan pada imun bertugas dalam mengawasi dan mengenali sel yang tidak normal. Sel-sel yang tidak berjalan dengan semestinya secara spontan maupun karena terpapar oleh virus. Hal ini akan melemahkan imun kita yang dapat membuat kita sering sakit. Namun, sebagai fungsi ini imunitas tubuh akan tetap berjalan dengan baik karena imunitas sendiri dapat mengontrolnya.

Cara Meningkatkan Sistem imun

Dikutip dari alodokter.com ada 5 cara meningkatkan kekebalan tubuh secara alami:

  • Olahraga Teratur
Ilustrasi Olahraga Jogging

Pasalnya, olahraga akan membuat tubuh menjadi sehat. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh kita akan mengeluarkan cairan tubuh melalui keringat. Hal ini termasuk dalam meningkatkan kesehatan karena cairan yang hilang akan digantikan lagi dengan cairan baru saat kita minum air putih setelah berolahraga. Olahraga yang disarankan adalah minimal 3-5 kali dalam seminggu. Anda dapat melakukannya dengan bersepeda, berlari, jogging, maupun senam. Namun, jika anda tidak ingin terkena matahari saat berolahraga, maka cukup melakukan fitness, yoga, dan senam aerobik di rumah.

  • Mengonsumsi Makanan Seimbang dan Bergizi
Ilustrasi Makanan Bergizi Sayur

Makanan bergizi sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Faktanya, orang yang mengonsumsi makanan bergizi secara teratur maka mereka terhindar dari penyakit yang cukup berat. Makanan seimbang dan bergizi dapat disebut juga sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna seperti: nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan susu. Zat gizi yang terdapat pada makanan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Tanpa itu semua, sistem imun yang ada di dalam tubuh kita akan menurun. Jika hal itu terjadi, kesehatan pun juga ikut menurun. Sehingga, perlunya mengonsumsi makanan diatas dapat menjaga kesehatan tubuh kita dalam melawan berbagai penyakit.

  • Berjemur
Ilustrasi Berjemur

Berjemur demi mendapatkan sinar matahari adalah hal yang baik untuk dilakukan. Tanpa mendapatkan sinar matahari, tubuh kita akan dengan mudah terpapar oleh virus. Berjemur yang baik disarankan untuk dilakukan pada pagi hari pukul 6 hingga 10 pagi. Pada pagi hari, sinar matahari tergolong dalam sinar matahari yang hangat dan sangat bermanfaat bagi manusia dalam mendapatkan vitamin D. Vitamin D digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus baik untuk tulang. Sangat baik jika berjemur dilakukan 3 kali dalam seminggu selama 15 menit.

  • Istirahat yang Cukup
Ilustrasi Tidur cukup

beristirahat atau tidur ada kaitannya erat dengn sistem imun. Seseorang yang memiliki waktu tidur yang cukup, imunitas tubuhnya akan menguat. Sebaliknya, seseorang yang sering begadang pada malam hari, imunitas tubuhnya akan melemah sedikit demi sedikit. Akibatnya, tubuhnya akan rentan terhadap penyakit.

Jumlah lama tidur yang disarankan untuk menjaga imunitas tubuh yaitu sekitar 7-9 jam per hari. Dengan jumlah jam tersebut dapat pula dilakukan pada saat siang hari yaitu melakukan tidur siang. Menariknya, tidur siang selain dapat menjaga imun tetapi juga dapat membakar kalori. Untuk orang yang sedang melakukan diet, tidur dengan waktu yang cukup akan memperbesar peluang keberhasilan diet.

  • Minum Suplemen Makanan
Ilustrasi Mengonsumsi Suplemen

Suplemen makanan dapat digunakan untuk anda yang kurang akan nutrisi makanan. Suplemen ini merupakan penunjang vitamin yang tidak didapatkan dari nutrisi makanan. Mengingat bahwa suplemen sendiri mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh maupun melawan virus.

Kandungan utama yang terdapat di dalam suplemen yaitu vitamin D, Vitamin C, dan tanaman Echinacea. Kandungan-kandungan tersebut sangat aktif dalam memperkuat daya tahan tubuh manusia terutama yang memiliki sistem imun yang lemah. Oleh karena itu, Suplemen juga bermanfaat sebagai penunjang kesehatan.

Baca juga: Edukasi Pentingnya Menjaga kesehatan mental, Berikut 3 Tips intelligent yang harus diterapkan!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping