Blog

Coping Stress Strategy! Ketahui 2 Cara Mengatasi Stres Anda

aaron-blanco-tejedor-VBe9zj-JHBs-unsplash (1) (1)
Edukasi Kesehatan

Coping Stress Strategy! Ketahui 2 Cara Mengatasi Stres Anda

Kehidupan tidak selalu berjalan mulus. Kita pasti menghadapi sebuah masalah, yang tidak hanya sekali atau dua kali. Tidak semua masalah bisa terselesaikan dengan mudah sehingga masalah-masalah yang dihadapi menjadi tekanan tersendiri bagi individu yang mengalaminya. Tekanan tersebut mampu menimbulkan stres bagi individu. Untuk itu dibutuhkan cara untuk mengatasi stres (coping stress).

Memiliki mekanisme coping stress sangat penting, agar kita dapat mencegah diri dari gangguan kesehatan mental. Jika kita tidak memiliki manajemen coping stress yang baik, stres dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan, sekolah, kehidupan sosial, dan juga masa depan individu. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui coping stress. Sebelum membahas coping stress lebih jauh, terlebih dahulu kita perlu mengetahui mengenai stres.

Apa itu stres?

Stres merupakan suatu respon fisik, emosi, kognitif, dan perilaku terhadap suatu peristiwa yang dinilai mengancam atau menantang individu (Ciccarelli, 2014). Respon stres pada individu tentu berbeda-beda, ada respon secara perilaku, respon secara fisiologi serta respon stress secara psikologis (Wahyuni, 2019). Respon perilaku biasanya berupa: susah tidur, tidur yang berlebihan, menarik diri, menghindari tugas, dan susah makan. Respon stress secara fisiologi biasanya seperti: jantung berdebar, sakit kepala (pusing), keringat dingin, sakit perut, keringat dingin, kelelahan. Sedangkan respon aspek psikologis seperti: kecewa, merasa bersalah, bingung, tidak memiliki motivasi, gelisah, dll.

Apa Itu Coping Stres?

  • Santrock (2003)

Coping merupakan suatu upaya untuk mengendalikan keadaan yang penuh tekanan dengan berusaha mencari solusi serta mencari penyebab utama atas masalah yang terjadi yang bertujuan untuk mengurangi stres yang timbul.

  • Ciccarelli (2015)

Koping stres adalah adalah tindakan yang digunakan seseorang untuk mengurangi atau meminimalisir efek stress, individu dapat strategi perilaku atau strategi psikologi.

  • Coon (2010)

Coping stress strategies adalah suatu bentuk praktik mengurangi stres dan meningkatkan keterampilan koping dengan proses kognitif dan tingkah laku.

Jenis-Jenis Coping Stress

Menurut Lazarus dan Folkman (1984) ada dua jenis coping tress, yaitu:

1. Emotion-focused coping, adalah suatu strategi yang digunakan individu untuk mengurangi atau menghilangkan rasa stres atau fokus secara emosional tanpa menghilangkan stressor. Dengan kata lain, emotion focused coping tidak mengatasi sumber stres (stressor).

Cara ini biasanya digunakan untuk mengatasi penyebab stres seperti: rasa cemas, takut, gelisah, cemas atau perasaan yang jenisnya. Anda dapat melakukan emotion-focused coping ini, dengan cara meditasi, bercerita, atau mencari hiburan lain misalnya menikmati alam atau kegiatan yang disenangi.

2. Problem-focused coping, adalah suatu cara dengan mencari solusi atau jalan keluar yang dapat menghilangkan sumber stress (stressor). Problem-focused coping lebih efektif dibanding dengan emotion focused coping karena tidak hanya mengurangi stres tetapi menghilangkan penyebab stres (stressor).

Ketika menerapkan  emotion focused coping  dan problem-focused coping untuk mengatasi stres, faktor yang perlu diperhatikan adalah kemampuan pemecahan masalah dan dukungan sosial individu. Kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan individu dalam mengatasi stres.

Dalam penelitian pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas dari 84 responden sebanyak 15 responden (17,9%) tidak merasakan dampak positif dari koping stres (Hanifah, dkk 2020). Menurut Mu’tadin individu tidak merasakan dampak positif coping stress karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti: kemampuan problem solving, dukungan sosial, perasaan tidak berdaya, kesehatan fisik, dan keterampilan sosial

Ada beberapa penelitian terkait penerapan koping stres pada individu. Hasil penelitian yang dilakukan kepada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas menyatakan bahwa jenis koping yang digunakan untuk mengatasi stres yaitu emotion focused coping (Hanifah, dkk 2020). Kategori coping stress mahasiswa adalah baik, yang dapat diartikan bahwa mahasiswa mampu mengatasi rasa stres selama perkuliahan daring.

Baca juga: 5 Effective Ways Membangun Motivasi Belajar Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Semangat

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping