Blog

Easy ! Merasa Introvert ? Ikuti 5 Cara Ini Jika Kalian Ingin Mengatasinya!

photo-1466193341027-56e68017ee2d (1)
Uncategorized

Easy ! Merasa Introvert ? Ikuti 5 Cara Ini Jika Kalian Ingin Mengatasinya!

Cara Mengatasi Introvert
Lelah Sendiri

Seseorang yang Introvert atau pendiam akan kesulitan jika memasuki dunia baru terlebih saat akan memasuki dunia perkerjaan yang dituntut harus sering berinteraksi atau berkomunikasi satu sama lain. Seorang yang introvert biasanya akan lebih nyaman mendengarkan dan lebih senang menghabiskan waktu seorang diri. Mereka cenderung merasa takut, Takut enggak diterima, takut dianggap aneh, atau takut situasinya jadi aneh. Kebiasaan tertutup, pendiam, dan cuek dengan keadaan sekitar inilah jelas sangat tidak dibutuhkan dengan untuk perkerjaan. Seseorang mau tidak mau harus bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman atau rekan kerjanya. Karena jelas kita sebagai manusia yang tidak bisa lepas dari bantuan dari manusia lainnya.

Namun, seorang introvert harus bisa bersosialisasi dan bergaul dengan orang-orang di sekitarnya. Berikut beberapa cara yang akan bisa kalian lakukan dengan mudah, bagi kamu yang merasa introvert.

1. Biasakan Diri Untuk Tersenyum dan Menyapa

Saling Menyapa

Langkah pertama, jangan terlalu memaksakan diri. Anda tidak perlu membuka obrolan terlalu intens/dalam dengan lawan bicara. Biasakan untuk menyapa terlebih dahulu dengan senyuman tentunya agar anda terlihat ramah dimata rekan kerja atau teman baru anda. Jika anda memulai dengan pembicaraan terlalu inti seperti “Kamu punya anak berapa, Kamu punya pacar tidak” hal ini tentu akan membuat kesan buruk terhadap lawan bicara anda. Jadi biasakan untuk menyapa duluan dan tersenyum.

2. Jadi Pendengar yang Baik

Mendengarkan Pembicaraan

Memang bagi seorang introvert lebih suka mendengar dibandingkan bercerita, namun buat kamu yang ingin berubah kebiasaan buruk ini. Bisa dimulai juga dengan cara seperti ini, kamu bisa mendengarkan terlebih dahulu. Buat kesan yang menarik bagi mereka yang bercerita. Kamu harus mendengarkan serius dan jangan menyibukkan diri disaat lawan bicara anda sedang bercerita serta jangan sampai anda memotong pembicaraan mereka. Kemudian yang paling terpenting, saat selesai berbicara berilah saran atau masukan yang mendukung/positif kepada lawan bicara anda.

Baca Juga : Approved! 5 Games Kelompok Simple Untuk Meningkatkan Kerjasama Team

3. Hindarkan Kesibukan Lain Saat Berbicara

Main Hape

Saat kamu sedang diajak atau mengajak berbicara, hindarkan bermain hape, mengetik, atau hal lain yang membuat pandangan kamu mengabaikan lawan bicara. Kamu perlu melatih diri bertatapan langsung, Meskipun pada awalnya terasa kurang nyaman, tapi yakinkan dirimu untuk belajar ngobrol secara langsung dan jangan terlalu sering anda mengabaikan wajah mereka, karena itu akan membuat kesan buruk terhadap lawan bicara kamu. Jika cara ini kamu kuasai, kamu akan merasa terlatih dan tertantang untuk terus mengajaknya berbicara.

4. Jadilah Diri Sendiri

Bangga dengan diri sendiri

Bagi seorang introvert yang jarang berinteraksi tentunya akan cukup bingung dalam menentukan sikap saat akan menjalin hubungan pertemanan. Sebaiknya jangan terlalu dipaksakan untuk berubah menjadi pribadi yang terlalu ekstrovert dan tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain hanya demi mendapatkan teman. Biasanya seorang introvert itu memiliki kepribadian yang sabar dan kalem, Nah ! kamu bisa mempertahankan sikap ini. Ingat ! jangan terlalu buru – buru dan memaksakan diri.

5. Tunjukkan Minat atau Bakat

Menunjukkan Minat

Pada langkah terakhir ini, kamu bisa terapkan jika kehabisan bahan obrolan. Kamu bisa tanya minat/kesukaan film, buku, game, dsb. jika kalian memiliki ketertarikan sama hal ini bisa memperpanjang obrolan. Sama halnya dengan bakat, anda bisa tanyakan olahraga apa yang disukai atau keahlian apa yang dimiliki. Dengan langkah seperti ini, khususnya pada orang baru, kamu akan dapat kesan yang menarik dari lawan bicara dan kamu mungkin bisa menjadi teman/rekan baik karena memiliki ketertarikan yang sama.

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan teman dan persahabatan yang erat untuk bertahan hidup. Ketika berbicara tentang introvert, sedikit lebih sulit bagi mereka untuk berteman dan bersosialisasi daripada bagi orang lain. Jika kamu terlalu nyaman dengan sikap seperti ini, kamu akan selalu merasa sendiri bahkan banyak orang yang enggan untuk berinterkasi dan menolong kamu. Sudah sepantasnya kita bersosialisasi dan mulailah untuk berani membuka diri. Terlebih saat kamu akan berkerja, karena biasanya perkerjaan lebih membutuhkan orang yang bisa berkerja sebagai tim dan lebih sering bertukar pikiran terhadap kolega ataupun rekan kerja.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping