Blog

Edukasi Pentingnya Menjaga kesehatan mental, Berikut 3 Tips intelligent yang harus diterapkan!

denys-nevozhai-z0nVqfrOqWA-unsplash (1)
Video & Tips

Edukasi Pentingnya Menjaga kesehatan mental, Berikut 3 Tips intelligent yang harus diterapkan!

Di masa sekarang kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga turut menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan hidup. Dikutip dari Kompasiana menurut WHO (World Health Organization) ialah keadaan dari kesejahteraan yang disadari oleh individu, yang didalamnya terdapat kemampuan untuk mengelola stress, kehidupan yang normal untuk bekerja secara produktif serta menciptakan dan berfungsi di komunitasnya. Dalam penafsiran positifnya, kesehatan mental ini merupakan hal dasar bagi kesejahteraan seseorang serta berfungsinya komunitas secara efisien.

Maka pada intinya, kesehatan mental yang baik adalah kondisi batin dalam kondisi yang tenang, tentram, dan pengendalian diri yang baik. Sedangkan, kesehatan yang terganggu merupakan keadaan yang meliputi susah berkonsentrasi ataupun kendala berfikir, kendala suasana hati, serta sulit mengatur emosi yang menuju pada sikap negatif. Ada beberapa hal yang membuat seseorang memiliki gangguan mental, karena adanya trauma, kekerasan, stress, genetik, kelainan otak dan lain sebagainya. Beberapa gangguan diantaranya ialah seperti depresi, bipolar, gangguan kecemasan, delusi dan masih banyak lainnya.

Hal ini sangat memengaruhi cara bagaimana seseorang berpikir, bagaimana seseorang merasa dan bagaimana seseorang bertindak. Kesehatan jiwa juga dapat membantu menentukan bagaimana seseorang tersebut menangani stress, menjalin komunikasi dengan orang lain dan membuat keputusan dalam hidupnya. Hal ini juga sangat penting bagi setiap kehidupan seseorang dari masa kanak-kanak hingga ia dewasa.

Namun di luar hal itu, masih banyak anggapan atau stigma masyarakat sekitar mengaggap bahwa pembicaraan terkait mental health ini adalah suatu hal yang tabu dan memalukan untuk dibicarakan. Bahkan diakibatkan hal ini, banyak dari mereka memilih untuk menyimpan sendiri masalah-masalah kejiwaannya terhadap orang terdekat maupun keluarga. Dengan adanya hal ini maka akan membuat minimnya kesembuhan bagi mereka yang mengalami gangguan mental dan juga akan meningkatkan permasalahan kejiwaan.

Nampaknya, dari beberapa kasus mengenai masalah kejiwaan ini bisa saja dipicu karena kurangnya edukasi dan keterbukaannya diskusi dalam masyarakat mengenai hal tersebut. Tetapi di lingkup akademik edukasi mengenai hal ini sedang gencar-gencarnya di kumandangkan pada beberapa platform digital akhir-akhir ini. Mereka mengangkat topik beragam terkait permasalahan yang sedang banyak dibicarakan ini. Selain itu edukasi mengenai topik ini juga menjadi salah satu edukasi yang paling diminati oleh banyak orang ketika dalam sebuah seminar ataupun acara serupa, banyak dari kalangan remaja hingga dewasa mengikuti acara-acara yang mengangkat terkait edukasi tersebut.

Baca juga : 5 Effective Ways Membangun Motivasi Belajar Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Semangat

Tetapi tidak jarang, ada juga yang tidak minat dalam mengikuti acara-acara tersebut. Sehingga mereka yang tidak memiliki ketertarikan kurang mendapatkan edukasi terkait hal ini. Namun jangan khawatir, dalam menjaga kesehatan jiwa seseorang tidak selalu harus mengikuti acara atau seminar-seminar tersebut. Banyak cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk menjaganya, bahkan dapat dilakukan dari rumah. Dilansir dari Merdeka.com dan beberapa sumber, berikut 3 tips mudah untuk menjaga kesehatan mental anda:

1. Olahraga

Olahraga dapat menjaga kesehatan mental
Olahraga dapat menjaga kesehatan mental

Pasti banyak orang sudah mengetahui apa saja manfaat dari berolahraga. Tentunya dengan berolahraga ini merupakan cara proaktif untuk menjaga kondisi fisik dan memerangi segala penyakit. Saat ini bahkan olahraga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mental yang paling mudah untuk diterapkan. Disisi lain ternyata olahraga dapat mengurangi kecemasan, banyak orang yang merasa stress karena kerjaan ataupun tugas, ketika menyempatkan diri untuk berolahraga maka akan memberikan sedikit ketenangan dalam pikirannya. Maka dari itu, sempatkanlah olahraga beberapa kali dalam satu minggu untuk menjaga kesehatan jiwa anda.

2. Makan dengan teratur

Asupan nutrisi makanan sangat berpengaruh
Asupan nutrisi makanan sangat berpengaruh

Makan dengan teratur ternyata dapat berkontrubusi besar dalam menjaga kebugaran mental seseorang. Asupan nutrisi yang setiap harinya di cerna dapat mempengaruhi pikiran dan ketenangan hati orang tersebut. Pada beberapa penelitian juga mengatakan bahwa memiliki pola makan yang buruk dapat meningkatkan masalah kesehatan mental. Asupan nutrisi makanan yang anda butuhkan setiap harinya dapat membantu untuk mempercepat proses kimia bagi keberlangsungan hidup dan fungsi otak. Maka kebiasaan makan dan teratur sangat penting untuk mengoptimalkan efektivitas kehidupan sehari-hari anda.

3. Kendalikan Stress

Mengendalikan stres dapat menjaga kesehatn mental
Mengendalikan stress dapat menjaga kesehatan mental

Dapat mengendalikan stress juga salah satu upaya untuk mnejaga kesehatan mental. Mulailah dengan mengenali sumber stres anda. Biasanya sumber stress berasal dari dalam diri anda, bagaimana anda mempersepsi sebuah hal dan apakah sesuatu tersebut yang dapat memicu stress. Sehingga ketika anda sudah mengenali dari mana sumber stres tersebut anda dapat mengambil keputusan bagaimana untuk bertindak. Tujuan untuk mengendalikan stress adalah memberikan isyarat “respon relaksasi”. Ini merupakan suatu proses yang menenangkan fisiologis dan psikologis yang dialami oleh tubuh ketika merasakan stress.

Demikian edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental yang dapat anda terapkan dengan mudah. Perlu diingat kesehatan mental seseorang tidak dapat dinilai dari sisi luarnya saja, hal itu dikarenakan mental seseorang hanya dapat diketahui oleh orang itu sendiri dan bagaimana cara ia mengatasi permasalahannya. So, jangan anggap tabu masalah ini karena setiap individu berhak untuk memiliki kenyamanan dalam hidupnya.

Comments (2)

  1. […] Baca juga: Edukasi Pentingnya Menjaga kesehatan mental, Berikut 3 Tips intelligent yang harus diterapkan! […]

  2. […] Baca Juga : Edukasi Pentingnya Menjaga kesehatan mental, Berikut 3 Tips intelligent yang harus diterapkan! […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping