Blog

Easy ! 6 Cara Belajar Efektif Di Rumah Saat Pandemi Covid – 19

Edukasi Kesehatan Pengembangan diri

Easy ! 6 Cara Belajar Efektif Di Rumah Saat Pandemi Covid – 19

6 Cara Belajar Efektif Di Rumah Saat Pandemi Covid-19
Belajar di Rumah

Sebagai pelajar, orang tua, dan guru tentu kita mengharapkan belajar efektif disaat pandemi ini, namun faktanya proses pembelajaran saat pandemi ini dianggap kurang efektif karena dilakukan secara daring. Banyak dari kalangan orang tua mengeluhkan hal ini. Anak – anak yang belajar secara daring, dianggap kurang interaktif dan peka terhadap situasi. Banyak gangguan yang membuat proses pembelajaran mereka tidak maksimal dan efisien. Belum lagi yang berada diplosok daerah yang dimana fasilitas akan teknologi masih kurang memadai.

Selain itu juga, proses pembelajaran daring yang menuntut anak selalu menggunakan gawai membuat anak cenderung lebih dekat dengan gawai. Sehingga banyak anak yang menyalahgunakan gawai hanya sekadar untuk bermain game dan bersosial media. Tentu situasi ini membuat anak bangsa semakin terpuruk akan pendidikan maupun literasi. Lalu bagaimana cara kita terutama sebagai orang tua dan guru, agar menciptkan lingkungan belajar yang nyaman bagi si anak ? Berikut beberapa cara yang mudah dilakukan agar anak lebih efektif.

1. Mengkondisikan Ruang Belajar Efektif

Ruangan Belajar

Langkah pertama kamu harus menciptakan ruang atau tempat yang nyaman untuk belajar. Misalnya ruangan kamu kotor atau berantakan, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu. Kemudian untuk penerangan, jangan sampai lampu terlihat redup, hal ini yang membuat fokus anda jadi terganggu dan timbul hawa ngantuk saat belajar. Lalu yang terakhir anda bisa memisahkan kasur/tempat tidur anda dari tempat belajar, Hal ini bisa meminimalisir rasa malas karena ingin rebahan di tempat tidur. Hasilnya kamu sendiri bisa menciptakan sendiri belajar yang efektif dirumah.

2. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan Sehat

Selain kondisi ruang yang harus diperhatikan, tubuh kita juga harus diperhatikan lebih untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Tubuh yang sehat, tentu akan menunjang baik dalam proses pembelajaran berlangsung, misalnya asupan makanan seperti buah – buahan, sayuran, protein/daging, dan air putih akan sangat berdampak dalam perkembangan otak kita. Jika kita memakan sesuai dan seimbang dengan itu semua tentu akan membantu otak kita lebih fokus dan mudah menghapal materi. Selain itu juga perhatikan waktu makan kita, hindari makan pada malam hari, karena dapat membuat kita merasa lelah karena proses pencernaan tetap berlangsung pada malam hari. Dengan begitu kamu akan mudah melakukan belajar efektif.

3. Hindari Multitasking

Multitasking

Menghindari multitasking adalah hal yang penting dilakukan bagi kamu yang ingin benar – benar efektif dalam belajar. Multitasking artinya kamu melakukan pekerjaan lebih dari satu, tentu hal ini akan membuat fokus kamu terpecahkan. Kamu wajib menghindari hal ini, terlebih saat kamu ingin mengerti materi atau menghafal materi. Konsistenlah dalam belajar dan jangan sesekali menelantarkan pekerjaan rumah.

Baca Juga : Mengantuk ? Easy ! Ini 7 Solusi Buat Kamu Yang Terlalu Sering Mengantuk Saat Belajar

4. Hindari Hal Yang Mengganggu/Mendistraksi Belajar

Bermain Ipad

Hal serupa pada point ke 3 ini penting kamu hindari. Selama berada dirumah hal – hal hiburan seperti film, sosial media, dan game membuat anda semakin dekat, tak jarang sering hal – hal ini mampu menggoda iman kamu untuk belajar. Sebisa mungkin buatlah ruangan belajar kamu jauh dari hal mengganggu itu, kamu bisa menyingkirkan terlebih dahulu. Selanjutnya, Tetap fokus dalam proses pembelajaran dan hindari melakukan hal yang tidak berhubungan dengan proses pembelajaran.

5. Atur Jadwal Belajar dan Catat Materi

Jadwal

Hal selanjutnya yang penting kamu lakukan adalah, siapkan/jadwalkan waktu belajar kamu karena jika tidak menjadwalkan waktumu dengan baik, kamu sendiri akan lupa dengan belajar bahkan pekerjaan rumah/tugas kamu. Jadwalkan lah dengan baik setiap hari, seperti waktu yang efektif untuk belajar ada sore hari 15.00 – 17.00 dan malam hari pada jam 19.00 – 21.00.

Kemudian saat pembelajaran daring berlangsung, perhatikanlah sinyal anda jangan sampai guru/dosen anda menerangkan anda terganggu oleh sinyal anda. Kemudian catatlah point – point penting yang telah diajarkan oleh guru/dosen kamu. Dilansir dari edukasi.sindonews.com cocokkan materi yang ada di buku teks/referensi dengan silabi, karena tidak semua materi dalam buku teks dianggap sesuai dengan SLO oleh pengajar. Jika dimungkinkan “singkirkanlah” materi yang tidak akan dibahas. Sehingga secara psikologis kamu akan merasa “bebannya” menjadi berkurang. Agar kamu tidak terlewat materi yang telah dijelaskan, untuk media zoom/google meet memiliki fitur merekam. Jadi anda bisa merekam saat belajar sehingga tidak ada materi yang terlewatkan. Mudah bukan ?

6. Istirahat Yang Cukup

Tidur

Yang terakhir wajib kamu perhatikan adalah istirahat. Istirahat yang cukup dan tidak berlebihan akan mempengaruhi kinerja otak kamu loh! maka dari itu jangan terlalu memaksakan waktu yang banyak untuk belajar dan jangan kamu tidur terlalu banyak karena akan melemah kinerja otak kamu. Waktu yang baik untuk istirahat adalah jam 12.00 – 15.00 lalu pada malam hari jam 21.00/22.00 – 04.00

Itulah beberapa cara belajar efektif yang mudah kamu terapkan agar proses pembelajaran kamu menjadi lebih efektif dan produktif. Karena pandemi saat ini, banyak pelajar yang sulit mengatur waktu belajarnya. Mereka cenderung lebih dekat pada dunia hiburan seperti sosial media dan game. Maka dari itu, teruntuk orang tua juga bisa menggunakan cara diatas.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping