Blog

Easy ! 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online Di Era Digital

photo-1557804506-669a67965ba0 (1)
Business

Easy ! 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online Di Era Digital

Bisnis Online di Era Digital
Bisnis Online

Di era digital saat ini banyak orang memulai bisnis online, cara berbisnis ini diakui lebih efektif dan efesien dibandingkan dengan jualan konvensional terlebih saat ini dalam keadaan pandemi Covid – 19, yang dimana orang – orang diharuskan membatasi kegiatan diluar rumah. Dilansir dari cnnindonesia.com, Berbisnis atau usaha secara online banyak dipilih orang karena dianggap lebih mampu menekan modal namun memberikan keuntungan yang lebih besar.

Selain itu platform untuk bisnis online tersedia dimana – mana, yang bisa diakses melalui gawai. Selain mudah untuk diakses, tentu biaya operasional terbilang simple dan murah. Namun, sebelum kamu memulai untuk bisnis online kamu harus memperhatikan dahulu cara – cara berikut agar jualan kamu banyak diminati konsumen.

1. Mencari Tahu/Survei Apa Yang Sedang Diminati Konsumen Sekarang

Survey

Sebelum memulai bisnis online kamu, kamu harus mengetahui barang/produk apa yang sedang diminati. Misalnya jika kamu ingin memasarkan produk untuk kalangan generasi milenial, kamu harus bisa menyesuaikan dengan fashion mereka. Kamu ingin menjual produk baju, kamu juga harus memperhatikan design dan bahan baju tersebut yang cocok dipakai untuk kawula muda disuatu daerah. Kamu biasa menganalisis/mencari tahu fashion – fashion apa yang sedang ngetren disosial media seperti instagram atau tiktok.

2. Tentukan Platform Digital Untuk Memasarkan Produk

Instagram

Berhubung diera sekarang banyak platform jual – beli secara online banyak, kamu bebas memilihnya sesuai dengan produk apa yang kamu ingin jual. Misalnya kamu ingin menjual barang sepatu, kamu bisa memasarkan diplatform seperti Olx, Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Keempat platform tersebut, sering diakses banyak masyarakat untuk mencari kebutuhan khususnya pada bidang fashion. Jika kamu ragu memilih platform tersebut, pilihlah yang mudah diakses, seperti cara pembayarannya, cara memesannya, dan tentu akses cepat tanpa lemot keplatform tersebut.

Baca Juga : Super Cool! 5 Keuntungan bagi Strategi Bisnis Anda melalui Kehadiran Mentor yang Wajib Anda Ketahui!

3. Buatlah Penampilan Produk Semenarik Mungkin

Foto Menarik

Karena kamu memasarkan secara online, kamu harus buat penampilan seperti foto dan deskripsi produk semenarik mungkin. Kamu harus memfoto produk semenarik mungkin, tentu kamu harus memperhatikan konsep foto tersebut, jika kamu bingung untuk menentukan konsep foto tersebut. Kamu bisa melihat beberapa referensi foto produk dari internet. Kamu juga harus menggunakan kamera yang terbaik, agar hasilnya menarik. Tambahkan juga filter agar foto tersebut terlihat segar dan beda dari yang lain. Kemudian tulislah deskripsi barang tersebut dan cantumkan kalimat – kalimat menarik atau persuasif agar konsumen terhipnotis untuk membeli.

4. Promosi/Iklan -kan Produk

Promosi

Nah pada tahanpan ini penting untuk dilakukan, apalagi pada produsen yang baru memulai langkahnya pada bisnis online. Produk yang tidak laku, biasanya kurang promosi dalam bentuk iklan kebeberapa tempat. Sangat disarankan jika ingin produk kamu laku, kamu harus memulai promosi dalam bentuk iklan kebeberapa media. Misalnya, jika kamu menjual produk anak muda, kamu bisa memasarkan pada platform media sosial atau jika kamu memiliki budget/modal lebih kamu bisa membayar influencer/artis untuk mempromosikan produk kamu. Dilansir dari Dengan begitu produk kamu akan lebih dikenal banyak orang dan jika kamu mempromosikannya pada influencer/artis produk kamu dipercaya kualitasnya baik oleh orang.

5. Ciptakan Inovasi Baru

Menciptakan Inovasi Baru

Untuk membuat konsumen bertahan atau bertambah, kamu harus mampu menciptakan inovasi – inovasi baru. Misalnya kamu bergerak dibidang produk fashion baju, kamu juga harus mengembangkan atau menambah produk jual kamu, seperti kamu memulai jual jaket, sweater, jas, sepatu, sandal, dsb atau bisa kamu menambah design – design yang unik berhubungan dengan fashion. Maksud dari cara ini adalah agar tidak membuat konsumen setia kamu bosan dan menambah penjualan kebeberapa masyarakat yang mencari barang selain baju.

6. Mempelajari Konsep Digital Marketing

Digital Marketing

Dan cara yang terakhir untuk memperluas wawasan dan menambah kemampuan kamu dalam memasarkan produk, kamu juga bisa mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan marketing. Kamu gaperlu ragu untuk mempelajari hal ini, kamu juga bisa mengakses kursus digital marketing pada website EnyKusrini.com Kamu akan dibekali beberapa teori seperti menganalisis produk untuk memahami bagaimana produk, layanan, dan brand kamu agar dilihat menarik oleh konsumen.

Itulah beberapa cara kamu khususnya bagi pemula untuk terjun dalam bisnis online diera sekarang. Sudah saatnya kita memulai langkah yang baru ini, terlebih banyak fasilitas serta akses yang mudah untuk memulai langkah bisnis online. Karena bisnis ini terbilang efektif, efesien, serta relatif fleksibel, apalagi dimasa pandemi seperti ini merupakan langkah yang tepat untuk anda memulai bisnis online.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping