Blog

6 Most Important Tips Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

belajar bahasa
Edukasi

6 Most Important Tips Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Pada zaman yang sudah serba canggih ini, jangan hanya mengandalkan Bahasa Indonesia  untuk berkomunikasi dengan orang lain, tapi juga belajar Bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Misalnya, saat harus meeting dengan klien, presentasi, bahkan interview kerja.

Ketika mulai belajar bahasa, sebagian besar orang menyerah sebelum mencoba. Tentunya belajar bahasa tidak semudah itu, apalagi menghafal kosakata yang terdengar asing. Untungnya, kalian tidak perlu mengetahui seluruh kosakata yang ada di kamus. Dalam bahasa Inggris, hanya sekitar 300 kata yang meliputi 65% bacaan dan penulisan sehari hari. Artinya, Inggris tidak sesulit yang kalian kira.

Dengan menerapkan 6 tips ini, kalian bisa semakin meningkatkan kemampuan kalian. Dengan demikian, kalian tidak perlu gugup apalagi takut ketika harus berbicara bahasa Inggris dengan orang lain. Lalu, bagaimana cara belajar bahasa inggris dengan mudah? Yuk simak kelanjutannya dibawah.

6 Tips Belajar Bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris

1. Menonton Film Tanpa Subtitle

Menonton Film Tanpa Subtitile Merupakan Belajar Bahasa yang Efekif

Kalian pasti pernah menonton film inggris kan? Bagus, sekarang kalian bisa memanfaatkan hobi menonton film kalian, sambil belajar dan mengasah kemampuan berbahasa inggris kalian.

Bila biasanya kalian selalu menggunakan subtitle untuk lebih memahami percakapan tokoh tokohnya, mengapa tidak mencoba untuk menonaktifkan subtitle dan mencerna sendiri apa yang mereka bicarakan? Jika dirasa terlalu sulit, coba tonton dahulu filmnya menggunakan subtitle. Setelah mengetahui ini dan jalan cerita, tonton kembali untuk kedua kalinya tanpa subtitle.

2. Mendengarkan Lagu dan Tulis Liriknya

“Don’t want to close my eyes. I don’t want to fall asleep ‘cause I’d miss you baby and I don’t want to miss a thing.” Dengarkan lagu lagu berbahasa Inggris yang kalian sukai. Putar berulang kali. Hafalkan liriknya. Setelah itu, kalian juga bisa mencatat kata kata yang belum kalian ketahui artinya. Lalu, kalian cari arti dari masing masing kata itu. Hal itu bisa menjadi cara agar pengetahuan kosakata Bahasa Inggris kalian bertambah.

3. Rajin Rajin Berbicara dengan Orang Asing

Ajak keluarga, teman, rekan kerja, atau siapa pun untuk berbicara bahasa Inggris di keseharian. Ini merupakan salah satu tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Ingat, practice makes perfect, alias kalian bisa menguasai sesuatu bila kalian rajin berlatih. Dengan terus menerus berlatih, kalian akan terbiasa untuk mengoptimalkan bahasa ini.

Tidak hanya menonjolkan aspek speaking, tapi juga listening. Di sisi lain, kalian juga bisa mencoba untuk chatting dengan menggunakan bahasa Inggris. Kalian bisa memulai percakapan dengan “Hi, how are you?” lalu berdiskusilah tentang hal hal yang disukai agar obrolan bisa lebih mengalir. Atau, posting foto di media sosial dengan captionnya dalam bahasa Inggris juga bisa sangat membantu.

Jika memang di keluarga kalian atau lingkungan kalian tidak ada yang bisa bahasa inggris, kalian dapat mencoba website yang bernama ome.tv. Di website tersebut kalian dapat berbicara dengan orang luar negeri manapun jadi lumayan untuk melatih bahasa inggris kalian jika kalian sedang belajar bahasa inggris.

4. Belajar Bahasa dengan Membaca atau Menulis

Membaca Buku dan Menulis dapat mempermudah Belajar Bahasa Inggris

Membaca buku atau menulis bisa menjadi salah satu tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Nah, jika biasanya suka membaca buku berbahasa Indonesia, coba sekali sekali kalian membaca buku berbahasa Inggris. Jika kalian suka menulis? Coba membuat tulisan dalam bahasa Inggris, lalu minta teman kalian untuk mengecek soal grammar, struktur penulisan, pengejaan, dan sebagainya.

5. Belajar Bahasa dengan Video Youtube atau Podcast

Di dunia digital yang sudah serba canggih ini, jangan lupa untuk memanfaatkan internet. Akseslah berbagai video atau podcast yang bisa membantu kalian memperdalam kemampuan berbahasa asing. Di YouTube, kalian bisa belajar soal bahasa Inggris lewat berbagai video tutorial, misalnya Grammar, Vocabulary, Pronunciation, IELTS, TOEFL, dan seterusnya.

Dengan podcast juga bisa sekarang banyak sekali informasi yang bisa didapatkan melalui podcast. Maka sangat penting belajar bahasa melalui podcast tersebut. Kalian bisa belajar bahasa tersebut melalui podcast spotify atau platform platform lainnya.

6. Membuat Kamus Kosakata kalian Sendiri

Apabila ada kata kata dalam bahasa Inggris yang tidak kalian mengerti, buatlah kamus kalian sendiri. Bila perlu, tulislah definisi dari kata tersebut dalam bahasa Inggris juga sehingga pemahaman kalian akan bertambah lebih banyak. Kalian bisa membuat kamus tersebut di notes ponsel atau di notebook kalian sehingga mudah dibawa ke mana mana.

Dengan mengikuti tips tips tersebut dapat mempermudah kalian dalam belajar bahasa inggris. Dengan bisa mahir dalam berbahasa asing, khususnya bahasa inggris, kalian bisa mengembangkan diri dan bahkan mendapatkan karir yang lebih cemerlang ke depannya serta akan naik secara penghasilan.

Ada pepatah yang mengatakan “orang berhasil dan orang gagal tidak berbeda banyak dalam hal kemampuan. Mereka berbeda dalam keinginan mencapai tujuan tersebut.” Jadi jangan menyerah dan tetap mencoba dan terus berlatih dalam belajar bahasa inggris.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping