Blog

Intriguing! Perkembang E-Commerce Di Indonesia serta 5 Faktor dan Manfaatnya

mark-konig-Tl8mDaue_II-unsplash
Business

Intriguing! Perkembang E-Commerce Di Indonesia serta 5 Faktor dan Manfaatnya

Dari masa ke masa kehidupan manusia  mengalami perubahan dan terus berkembang. Sehingga aktivitas-aktivitas manusia saat ini serba mudah, sederhana, dan cepat. Fenomena tersebut dinamakan era disrupsi. Era disrupsi merupakan sebuah fenomena yakni saat kita menggeser aktivitas yang rumit menjadi sederhana, semuanya menjadi terotomasi. Ini merupakan salah satu dampak dari bentuk pembaharuan penggunaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Seperti yang kita ketahui  merupakan perkembangan teknologi yang berdampak pada segala aspek. Salah satu contoh pemanfaatan Artificial Intelligence yaitu adanya perkembangan sistem perdagangan dengan munculnya electronic commerce atau ecommerce. Apa itu e-commerce? E-commerce adalah sebuah sistem pemasaran yang memanfaatkan media elektronik. Sudah sangat familiar bahwa e-commerce merupakan bentuk trend bisnis diera digitalisasi.

Perkembangan e-commerce di Indonesia munculnya platform transportasi seperti grab dan gojek serta platform belanja online atau online shop  seperti shopee, bukalapak dan lainnya mampu menggeser sistem conventional shop. Ini terbukti tutupnya beberapa ritel di Indonesia seperti Matahari, Ramayana, Superindo, Giant dan sebagainya. Berdasarkan pernyataan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pertemuan online “bahwa bisnis e-commerce tahun lalu estimasi kami Rp253 triliun meningkat dari 2019 menjadi Rp205,5 triliun dan tahun ini meningkat tinggi jadi Rp337 triliun,” Jumat (22/1/2021). Perkembangan e-commerce memnerikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia dalam berbagi aspek.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan perkembangan e-commerce di Indonesia

  1. Pengguna Jaringan Internet yang meningkat

Data jumlah pengguna internet di indonesia sampai awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa dikutip dari kompas.com. Pengguna internet di Indonesia semakin lama tidak dapat diawasi dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa anak usia 5 tahun pernah mengakses internet.

Data presentasi usia penduduk yang mengkases internet tahun 2018-2020 (Sumber: bps.go.id)
  1. Digital Marketing

Sesuai dengan namanya era digital yang dimana serba menggunakan media digital. Digital marketing adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan atau pelaku bisnis dalam memperkenalkan produk atau jasa kepada konsumen. Digital marketing telah menjadi trend untuk mempromosikan suatu usaha dalam bentuk berbagi konten yang kreatif. Promosi tersebut memanfaatkan marketplace e-commerce itu sendiri atau media sosial.

  1. Partisipasi UMKM

Adanya  e-commerce tidak membuat semangat UMKM menurun dalam menjalankan usaha bisnis. E-commerce juga berperan dalam membantu UMKM dengan adanya platform toko online. Ini adalah kontribusi UMKM dalam perekonomian Indonesia yang dikutip dari pernyataan Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia bahwa terdapat 2,7 juta UMKM luring yang difasilitasi menjadi daring dalam waktu kurang dari lima bulan sejak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diluncurkan pada 14 Mei 2020.

  1. Pandemi Covid-19

Dua tahun terakhir aktivitas perekonomian meningkat begitu cepat karena adanya covid-19. Aktivitas diluar ruangan yang terbatas menjadi salah satu alasan masyarakat Indonesia sangat aktif menggunakan marketplace e-commerce seperti pada shopee, tokopedia, bukalapak, gojek, grab dan lainnya. Adanya aplikasi tersebut membantu masyarakat dalam menunjang aktivitas serta memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam pertemuan virtual, mengatakan “bahwa pembatasan sosial (PSBB) hingga PPKM mikro, selain telah menurunkan laju penularan Covid-19, ternyata juga memacu digitalisasi. Salah satunya adalah meningkatnya bisnis e-commerce.

5. Kualitas Produk atau Jasa serta Pelayana

Kualitas produk atau jasa sangat penting bagi konsumen. Tidak hanya itu pilihan layanan yang ada pada aplikasi-aplikasi marketplace juga menjadi pertimbangan konsumen saat melakukan transaksi online. Kualitas produk dan pelayanan pendukung meningkatkan kepercayaan konsumen untuk selalu menggunakan berbagai aplikasi-aplikasi tersebut.

Baca juga : Amazing Strategy! Persiapkan Karir Anda dengan Career Coach. 4 Peran Career Coach

Manfaat Penggunaan E-commerce Bagi Konsumen

Penggunaan e-commerce memudahkan konsumen melakukan transaksi
Penggunaan e-commerce memudahkan konsumen melakukan transaksi

1.    Mudah dan cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan transaksi.

2.    Memberikan kemudahan untuk diakses dimana dan kapan saja oleh konsumen.

3.    Konsumen dapat dilayani kapan saja.

4.    Dapat melihat barang dan jasa yang diinginkan konsumen serta hasil review.

5.    Harga yang murah dengan berbagai diskon.

6.    Banyak fasilitas yang disediakan.

Manfaat E-commerce Bagi Perusahaan (Pelaku Bisnis)

Ilustrasi penggunaan merketplace e-commerce

1.    Mampu menjangkau konsumen dalam wilayah nasional dan internasional.

2.    Mudah untuk memperoleh pelanggan baru.

3.    Perusahaan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan, serta produk dan jasa yang dijual dengan adanya review dari konsumen.

Baca juga: Pengelolaan Diri: Incredible 7 Benefit Self Management

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembeli Menggunakan E-commerce

Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk
  1. Harga produk dan jasa

Hal pertama yang akan dilihat oleh konsumen saat melihat iklan atau melihat produk adalah harga. Harga akan menjadi faktor penentu bagi konsumen untuk menentukan keputusan untuk membeli sebuah produk. Tidak sedikit konsumen yang lebih memperhatikan harga dibandingkan kualitas khususnya konsumen yang masih remaja. 

  1. Iklan

Iklan adalah sebuah strategi penjualan dalam menarik perhatian konsumen. Iklan merupakan bentuk komunikasi persuasif, yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain. Iklan marketplace ecommerce akan muncul di berbagai akun media sosial Anda. Iklan yang menarik perhatian konsumen adalah iklan yang memberikan visual yang menarik serta isi yang jelas dan padat.

  1. Lifestyle

Gaya hidup atau lifestyle berpengaruh terhadap keputusan konsumen melakukan pembelian dengan menggunakan ecommerce. Lifestyle seseorang mengikuti trend yang sedang viral. Lifestyle dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti keluarga, teman,serta idola. Perkembangan lifestyle mudah untuk dipantau dengan adanya media sosial.

  1. Lokasi 

Jarak lokasi menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam menentukan keputusan membeli. Bagi konsumen yang terkendala dengan jarak mereka dapat menggunakan  marketplace ecommerce. Namun, bagi konsumen yang memiliki jarak yang dekat akan mendatangi langsung toko-toko produk yang mereka inginkan. Konsumen dapat langsung melihat harga dan kualitas dari produk. 

Baca juga: Exciting 5 Permainan Tradisional Indonesia

Comments (2)

  1. […] juga: Intriguing! Perkembang E-Commerce Di Indonesia serta 5 Faktor dan […]

  2. […] Baca juga: Intriguing! Perkembang E-Commerce Di Indonesia serta 5 Faktor dan Manfaatnya […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping