Blog

Approved! 5 Games Kelompok Simple Untuk Meningkatkan Kerjasama Team

Games kelompok
Edukasi

Approved! 5 Games Kelompok Simple Untuk Meningkatkan Kerjasama Team

Games kelompok seringkali dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama team. Sebuah team yang baik adalah yang memiliki tujuan bersama. Sehingga dalam mencapai tujuan, sebuah team harus terdiri dari individu yang memiliki visi dan misi sejalan. Selain itu, perlunya leadership yang mampu menahkodai team tersebut untuk sampai pada tujuannya. Namun sebelum itu, untuk mencapai tujuan bersama, perlu satu hal awal yang harus dilakukan, yaitu membangun team tersebut.

Membangun team merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan bersama dari berbagai jenis aktivitas yang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan team, dimana didalamnya membutuhkan sebuah kerjasama team. Dapat dikatakan bahwa dalam membangun sebuah team ini adalah salah satu hal dasar utama yang dibutuhkan untuk membangun kinerja team dalam menyelesaikan tugas dan mencapai sebuah target ataupun tujuan yang telah disepakati bersama dari awal. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu sensitivitas dan fleksibilitas dalam kerjasama. Karena pada dasarnya perbedaan karakter setiap anggotanya pasti ada, dan bukan hal mudah untuk membangun solidaritas team.

Adapun beberapa kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dengan memberikan wawasan, edukasi, serta kegiatan yang menyenangkan. Dengan kegiatan-kegiatan ini dapat membantu sebuah team tersebut untuk mengenal sesama anggotanya dengan lebih baik, tentunya melalui cara mereka berpikir, menyelesaikan masalah, bekerja serta bersenang-senang bersama.

Kegiatan yang dapat mempererat sekaligus meningkatkan kerjasama ini bisa dilakukan dengan sebuah permainan, salah satunya games kelompok. Berbagai macam games kelompok seru yang dapat dilakukan bersama anggota team. Terutama ketika sedang berkumpul bersama dengan suasana yang santai dan akrab. Games ini juga dapat menstimulasi aktivitas team dengan amat baik.

Baca juga : Super Fun! Ini Dia 5 Game Kuis Online di Handphone yang Bisa Menambah Wawasan Kamu! Must Try!

Dengan demikian, untuk membantu team belajar mengenal sesama anggota lainnya tanpa mendengar suara keluhan ataupun complain. Dikutip dari informazone, berikut ada 5 games kelompok yang bisa anda lakukan ketika memiliki acara dengan team seperti kegiatan upgrading organisasi, Catat dan Lakukan!

1. Membuat Yel-yel

Games kelompok membuat Yel-yel
Games kelompok membuat Yel-yel

Jika sudah terbentuk sebuah team, games kelompok yang pertama dan biasanya dibuat untuk memeriahkan suasana sebuah kelompok tersebut ialah dengan membuat sebuah yel-yel yang dapat membuat mereka semangat dan tentunya unik untuk memeriahkan acara. Dengan membuat yel-yel ini, team akan merasa lebih bersemangat dan bersenang – senang dengan sesama anggota teamnya. Maka dengan ini, sebuah team tersebut akan lebih akrab dengan sesama anggotanya dan tentu dapat meningkatkan kerjasama team.

Disini juga akan diberitahu bagaimana tips membuat yel-yel yang menarik dan unik bersama anggota team anda, Yuk Disimak!

  • Cara yang paling mudah diterapkan adalah, dengan mencari lirik lagu yang sedang popular saat itu, setelahnya team anda dapat mengubah lirik lagu tersebut, tentunya sesuaikan dengan nama ataupun anggota team anda.
  • Setelah lirik yel-yel sudah tercipta, gerakan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Buatlah gerakan yang menarik dan seru untuk dilakukan bersama team, mungkin dari anggota team anda ada yang memiliki daya tarik seperti membuat lelucon juga dapat menjadi bagian dari gerakan yel-yel anda. Ingat bahwa tujuannya hanya untuk bersenang-senang dan mempererat team satu sama lain.
  • Tunjuklah salah satu atau beberapa anggota team untuk memberi instruksi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar yel-yel team anda terlihat lebih kompak dan sempurna.

2. Rantai Nama

Games kelompok rantai nama
Games kelompok rantai nama

Games kelompok selanjutnya ialah rantai nama. Games ini bertujuan agar ingatan sesama anggota team dapat lebih baik dalam mengenal nama dari setiap anggotanya, terlbih jika dalam sebuah team yang besar akan lebih seru. Kemampuan mengingat dan fokus pada games satu ini sangat dibutuhkan. Lebih praktisnya, permainan ini tidak memerlukan banyak effort yang berlebih, tanpa alat ataupun bahan apapun dan tentunya mudah dan murah. Games ini cocok untuk lebih mengakrabkan sebuah team dimana anggotanya belum mengenal satu sama lain.

Adapun cara bermainnya :

  • Buatlah team anda menjadi sebuah lingkaran, boleh berdiri maupun dengan duduk
  • Mulailah dari mana saja, namun biasanya dari ketua kelompok
  • Orang yang pertama memperkenal diri mulai dari nama, boleh menambahkan hal lain, seperti asal, umur atau apapun
  • Selanjutnya orang kedua merupakan sebelah kanan dari orang pertama dengan mengulangi apa yang dikatakan pada orang pertama kemudian mengenalkan dirinya sendiri. Contoh : “Andi dari Semarang, saya Budi dari Jakarta”
  • Orang ketiga merupakan sebelah kanan dari orang kedua juga memperkenalkan diri dengan mengulangi perkataan dari orang sebelumnya. Misal : “Andi dari Semarang, Budi dari Jakarta, saya Indra dari Bandung”
  • Seterusnya seperti itu hingga kembali pada orang pertama
  • Bagi anggota yang salah menyebutkan nama bisa diberi hukuman yang sudah disepakati bersama sejak awal

3. Lawan Kata

Games lawan kata
Games lawan kata

Games kelompok satu ini sangat memerlukan konsentrasi, fokus mendengarkan dan kerjasama yang akan sangat dibutuhkan. Dengan ini, sesama anggota akan sangat bekerjasama, selain itu games ini juga tidak membutuhkan banyak alat ataupun bahan.

Nah seperti ini cara bermainnya :

  • Anggota sebisa mungkin dalam jumlah yang besar, minimal 8-10 orang
  • Setiap team membentuk sebuah barisan kebelakang, setiap anggota memegang pundak anggota lain yang ada didepannya
  • Pemandu mengatakan instruksi seperti “maju/mundur/kiri/kanan”, maka anggota team bergerak sesuai dengan instruksi pemandu
  • Anggota hanya bergerak sesuai dengan instruksi yang diperintahkan
  • Pada ronde kedua, instruksi diubah dengan menambahkan kata “Coy” dan anggota harus bergerak berlawanan dengan instruksi yang disebutkan. Misal : “Maju coy” maka anggota team harus bergerak mundur
  • Games ini akan seru apabila ada anggota team yang tidak bergerak sesuai dengan instruksi atau pergerakan yang salah

4. Werewolf

Games Werewolf
Games Werewolf

Games ini mirip dengan games yang sempat viral pada masanya yaitu game Among Us. Dalam games ini, dibutuhkan analisa dan ketepatan dalam memilih. Games ini merupakan salah satu games yang sering sekali di mainkan ketika sedang bosan, selain itu banyak yang mengatakan jika games ini sangat seru dan membuat ketagihan.

Cara bermainnya seperti ini, kelompok akan dibagi menjadi dua yaitu kelompok serigala dan penduduk, biasanya akan ada kartu yang menunjukan dirinya mendapatkan peran serigala atau penduduk. Satu orang akan menjadi moderator. Nah, untuk para serigala harus memprovokasi warga untuk saling membunuh. Sedangkan untuk warga harus berburu werewolf dengan bantuan peramal. Jika ada kelompok yang anggotanya berkurang maka kelompok itulah pemenangnya.

5. 7 Wow

Games 7 wow
Games 7 wow

Games kelompok ini dapat dimainkan dimana saja, tanpa butuh alat atau bahan apapun, dan tentunya sangat seru. Selain itu, games ini sangat memerlukan kefokusan anggota team.

Cara bermainnya: anggota team membentuk lingkaran, kemudian masing-masing anggota mulai berhitung (boleh dari mana saja) secara bergilir. Untuk anggota yang mendapatkan angka 7 dan kelipatannta, maka mereka harus berteriak “wow!”. Jika ada yang salah maka anggota tersebut keluar dari lingkaran dan mendapatkan hukuman. Memang sangat mudah dan ringan, tapi siapa sangka banyak yang salah juga loh!

Nah, 5 games kelompok tersebut diasumsikan dapat meningkatkan kerjasama team yang sangat mudah diterapkan dan sederhana. Semua team pasti memiliki keinginan untuk menang dan bisa lebih unggul dari lainnya. Tetapi perlu di ingat bahwa games ini hanya untuk mempererat team dan untuk seru-seruan aja, so sebisa mungkin no hard feelings dan enjoy yaa!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping