Blog

Super Easy! 6 Gerakan Workout Mudah Bagi Pemula untuk Menyehatkan Badan dengan cara Olahraga di Rumah!

pexels-klaus-nielsen-6303455-1
Kesehatan

Super Easy! 6 Gerakan Workout Mudah Bagi Pemula untuk Menyehatkan Badan dengan cara Olahraga di Rumah!

Gerakan-gerakan workout mudah untuk olahraga di rumah
6 Gerakan Workout yang mudah dilakukan untuk olahraga di rumah

Workout adalah sebuah aktivitas yang bertujuan untuk memelihara kebugaran tubuh seseorang agar tetap dalam kondisi yang sehat. Aktivitas ini mulai menjadi aktivitas yang mulai dilakukan oleh masyarakat, terlebih pada anak muda yang mulai memahami kesehatan tubuh. Aktivitas ini tidak hanya bertujuan untuk memelihara kebugaran tubuh dan agar tidak cepat merasa kelelaha saat bekerja, tetapi juga dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan seseorang agar menjadi ideal.

Seseorang yang mulai menjalankan pola hidup sehat, biasanya akan mulainya dengan melakukan beberapa aktivitas yang dapat memberi banyak kebaikan pada tubuh, seperti mulai menjaga pola makan, mengatur pola tidur, serta mulai melakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh lebih sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, beberapa ahli menganjurkan untuk melakukan aktivitas berolahraga ini minimal 30 menit sehari tanpa henti.

Kebanyakan orang mungkin hanya mnegetahui bahwa aktivitas olahraga ini hanya memberi manfaat untuk kesehatan secara fisik saja. Padahal, ativitas tersebut dapat memberi manfaat lebih dari itu. Melakukan olahraga dengan rutin terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan mental kita, terlebih bagi kawula muda yang rentan terkena gangguan kesehatan mental. Dilansir dari laman Halodoc, berikut manfaat dari workout atau berolahraga untuk kesehatan mental:

  1. Dapat memperbaiki kondisi/suasana hati yang sedang tidak baik,
  2. Memperbaiki dan menambah kualitas saat tidur malam,
  3. Membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi,
  4. Meningkatkan rasa kepercayaan diri, dan
  5. Mampu mengurangi kecemasan yang berlebihan

Manfaat-manfaat tersebut dapat kita rasakan, karena selama berolahraga tubuh kita memproduksi hormon endorfin. Apa itu hormon endorfin? Hormon endorfin adalah zat kimia yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan memberi perasaan positif yang diproduksi secara alami oleh tubuh, salah satunya melalui aktivitas workout. Hormon ini sangat baik untuk mengatasi rasa stres dan depresi pada seseorang.

Baca juga: Mengantuk ? Easy ! Ini 7 Solusi Buat Kamu Yang Terlalu Sering Mengantuk Saat Belajar

Melihat manfaat-manfaat yang telah dijabarkan, maka tidak heran jika semakin rutin kita berolahraga, makan semakin banyak energi positif yang akan kita dapatkan. Akan tetapi, beberapa orang kerap kali kehilangan semangat untuk berolahraga, terlebih jika harus keluar rumah. Hilangnya semangat tersebut dapat mengahmbat proses pola hidup sehat yang sedang dijalani.

Melakukan aktivitas kebugaran tidak selalu harus dilakukan di luar ruangan atau secara outdoor, melainkan juga bisa di dalam ruangan, seperti di kamar atau di ruangan dalam rumah dengan luas yang cukup untuk melakukan beberapa gerakan kebugaran. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam ruangan tidak kalah sehatnya dengan gerakan olahraga yang dilakukan di luar ruangan.

Beberapa gerakan kebugaran yang dilakukan dalam ruangan dinilai lebih efektif untuk membakar kalori daripada lari. Gerakan workout dinilai lebih efisien dalam membakar kalori karena dianggap lebih cepat dan lebih aman. Bahkan, gerakan-gerakan tersebut dapat dilakukan kurang dari satu jam. Berikut beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk olahraga di rumah.

Gerakan Workout Jumping Jack sebagai Pemanasan

Jumping Jack gerakan yang mudah untuk olahraga di rumah

Gerakan Jumping Jack adalah gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu loncat dan membuka kedua kaki dengan lebar sembari mengankat kedua tangan di atas kepala membentuk huruf V. Gerakan Jumping Jack adalah gerakan yang termasuk gerakan latihan aerobik. Gerakan jenis sangat baik untuk kesehatan jantung, karena gerakan ini membutuhkan oksigen untuk memenuhi keperluan energi dan menstimulasi otot jantung.

Manfaat gerakan Jumping Jack

Berikut manfaat dari gerakan Jumping Jack bila dilakukan selama satu menit tanpa henti secara rutin.

  1. Digunakan sebagai gerakanpemanasan,
  2. Gerakan yang dapat menurunkan berat badan dengan membakar kalori yang ada,
  3. Gerakan yang dapat melatih seluruh bagian tubuh
  4. mengencangkan otot, serta
  5. menurunkan stres.

Lakukan Squat Jump untuk Melatih Otot Bagian Bawah Tubuh

Gerakan Squat Jump yang dapat melatih otot bagian bawah tubuh
Photo by Monstera from Pexels

Gerakan Squat Jump adalah gerakan yang melatih tubuh bagian bawah, seperti kaki, bokong, pinggul dan persendian di bagian lutut. Gerakan workout ini dilakukan dengan cara meletakan kedua tangan di belakang kepala, meloncat, jongkok dan berdiri secara secara berulang. Walaupun tujuan gerakan ini adalah melatih otot bagian bawah tubuh, akan tetapi gerakan ini juga memerlukan fungsi otot bagian atas dan bawah tubuh secara bersamaan.

Squat Jump juga dapat dilakukan di mana pun dan tanpa perlu bantuan alat apapun, sehingga olahraga ini cocok untuk dilakukan untuk aktivitas kebugaran yang di lakukan di rumah sekalipun. Gerakan ini tidak hanya berfmanfaat untuk melatih tubuh bagian bawah saja, tetapi ada manfaat lain jika kita melakukannya secara rutin dan dengan jumlah tertentu. Jika kamu baru pertamakali melakukan gerakan ini, kamu dapat melakukannya sebanyak 10-20 kali perhari, dan dapat kamu tambah sesuai kemampuan kamu.

Manfaat gerakan Squat Jump

Berikut beberapa manfaat dari melakukan Squat Jump secara rutin menurut Manfaat.co:

  1. Membakar kalori dan lemak dengan cepat,
  2. Membantu menurunkan berat badan,
  3. Membentuk otot bagian bawah,
  4. Menjaga keseimbangan tubuh, dan
  5. Meningkatkan massa otot.

Gerakan Burpees untuk Melatih Seluruh Bagian Tubuh secara Maksimal

Gerakan Burpees untuk melatih otot dan seluruh bagian tubuh secara bersamaan

Burpees merupakan gerakan yang mudah dilakukan dengan manfaat yang lengkap bagi beberapa bagian tubuh kita. Gerakan burpees dapat melatih otot bagian bawah dan tubuh kita dengan baik dan maksimal. Gerakan workout ini sangat baik untuk melatih otot bagian perut, otot bagian paha, otot bagian betis dan otot bagian lengan.

Gerakan ini mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan alat apapun, sehingga gerakan ini cocok untuk dilakukan sebagai gerakan olahraga di rumah. Gerakan Burpees merupakan gabungan dari beberapa gerakan, seperti squat, push up, dan jump. Burpees diawali dengan cara berdiri tegak, lalu jongkok, dilanjutkan dengan posisi push up, lalu melompat.

Meski terlihat mudah untuk dilakukan, Burpees akan membuat keringat kamu berucucuran. Hal ini dikarenakan Burpees merupakan full body workout yang melatih semua bagian tubuh secara bersamaan. Gerakan ini dapat dilakukan dalam beberapa set, sesuai dengan kemampuan. Selain efektif untuk membakar kalori, gerakan ini juga dapat memberi manfaat lain. Berikut beberapa manfaat yang dihasilkan dari melakukan gerakan Burpees secara rutin.

Manfaat gerakan Burpees

  1. Melatih otot bagian atas dan bagian bawah tubuh secara bersamaan,
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh, dan
  3. Membantu membentuk postur tubuh yang ideal.

Baca juga: Manfaat Belajar Seni untuk kalian : 5 Advantage

Push Up untuk Melatih Otot Lengan

Membentuk tubuh bagian atas dengan gerakan Push-up
Photo by Keiji from Pexels

Jika kamu pernah dihukum dengan gerakan Push-up saat duduk di bangku sekolah dulu, maka bersyukurlah karena gerakan itu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Push-up adalah salah satu gerakan yang sederhana yang bisa dijadikan sebagai gerakan olahraga di rumah. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot bagian tengah dan bagian atas tubuh, seperti melatih otot lengan, otot bahu dan bagian dada.

Gerakan ini dilakukan secara tengkurap dengan memposisikan tangan selebar bahu. Setelah siap dengan posisi awal, hal yang harus diakukan sealnjutnya adalah menekuk siku dan menurunkan badan kita hingga hampir menempel ke lantai agar terjadi kontraksi di otot lengan kita. Gerakan ini terlihat mudah, namun diperlukan banyak latihan agar kekuatan lengan kita terlatih dan mampu menahan beban tubuh kita saat melakukan Push-up.

Gerakan ini dikenal sangat baik untuk melatih otot bagian atas, sehingga badan bagian atas dapat terasa kencang dan memberikan bentuk tubuh yang ideal. Adapun manfaat-manfaat lain dari gerakan Push-up ini. Berikut manfaat-manfaat dari gerakan Push-up yang dilakukan secara rutin menurut Alodokter.

Manfaat gerakan Push-up

  1. Membantu menjaga kesehatan otot dan tulang,
  2. Mencegah terjadinya penurunan massa otot karena penuaan (sarcopenia),
  3. Efektif untuk membentuk otot bagian atas,
  4. Menurunkan berat badan, dan
  5. Membantu menjaga kesehatan jantung.

Montain Climbers untuk melatih Kekuatan Paha dan Tangan

Mountain Climbers untuk melatih otot paha dan tangan

Mountain Climbers adalah gerakan yang melatih kekuatan otot bagian paha dan tangan. Gerakan ini sebetulnya tidak memerlukan alat apapun. Layaknya pendaki gunung yang curam, kita hanya perlu memposisikan tubuh kita seperti posisi awal saat akan melakukan Push-up, yaitu posisi meja atau merangkak dengan tangan dibawah bahu dan kaki dengan posisi papan. Setelah siap dengan posisi awal, kita hanya perlu mendorong lutut ke depan, sejajar atau dekat dengan dada secara bergantian sambil mengatur napas.

Agar mendapat hasil yang maksimal, lakukan geraka tersebut sebanyak 2 set dengan 10 repitisi. Gerakan ini sanat bagus untuk melatih otot bagian atas dan bawah serta beberapa bagian sendi. Berikut manfaat lain jika kita melakukan gerakan ini secara rutin saat workout.

Manfaat gerakan Mountain Climbers

  1. Efisien dalam membakar lemak dan kalori,
  2. Meningkatkan kebugaran kardiovaskular,
  3. Memperkuat kekuatan otot inti,
  4. Melatih fleksibilitas, dan
  5. Melatih ketangkasan dan koordinasi tubuh.

Gerakan Plank sebagai Penutup Workout

Gerakan Plank sebagai penutup aktivitas workout kamu!
Photo by Klaus from Pexels

Geraka Plank adalah gerakan paling mudah untuk dilakukan. Meski digolongkan sebagai gerakan paling mudah, beberapa orang merasa tersiksa dengan gerakan ini. Saat melakukan Plank, kita hanya perlu diam dan menahan beban tubuh kita untuk melatih otot yang sedang berkontraksi. Gerakan ini tidak memerlukan alat apapun, sehingga cocok untuk dilakukan saat menutup sesi olahraga di rumah.

Gerakan ini dilakukan dengan cara menahan beban tubuh kita dengan kekuatan lengan kita. Untuk melakukan Plank, kita harus mengambil posisi awal yang sama perisis saat kita akan melakukan gerakan Push-up. Hanya saja, untuk Plank, kita diharuskan untuk menekuk sikut kita ke depan sebagai penyangga tubuh kita. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan Plank ini adalah sekitar 30 detik sampai 1 menit. Lakukan peningkatan secara berkala untuk meningkatkan kekuatan otot tangan. Adapun beberapa manfaat lain dari gerakan Plank jika dilakukan secara rutin, berikut adalah manfaat-manfaatnya.

Manfaat gerakan Plank

  1. Memperbaiki postur tubuh,
  2. Melatih otot lengan, punggung, dan bahu, serta
  3. Melatih kekuatan otot bagian perut.

Itulah beberapa gerakan workout yang dapat dicoba untuk melatih kebugaran di rumah. Selain mudah untuk dilakukan, gerakan-gerakan di atas juga tidak memerlukan alat apapun. Lakukan gerakan-gerakan tersebut dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan secara rutin, agar mendapat hasil yang maksimal untuk tubuh.

Comment (1)

  1. […] Baca juga: Super Easy! 6 Gerakan Workout Mudah Bagi Pemula untuk Menyehatkan Badan dengan cara Olahraga di Ruma… […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping