Blog

Extraordinary ! 4 Fakta Unik Informasi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Fakta Unik kesehatan
Kesehatan

Extraordinary ! 4 Fakta Unik Informasi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Kesehatan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia. Sehingga untuk menjaga kesehatan tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tidak mudah sakit. Berbagai cara individu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuhnya, mulai dari menjaga pola makan, berolahraga, gaya hidup yang tertata serta menjaga lingkungan sekitar agar tetap positif. Tidak heran di masa sekarang banyak sekali manusia yang dengan mudahnya menjaga kesehatan tubuhnya tanpa perlu repot untuk konsultasi dengan ahlinya, namun meskipun demikian masih banyak juga yang memilih untuk konsultasi agar lebih terukur dan teratur. Semua itu mereka dapatkan dari banyaknya informasi terkait fakta unik ataupun mitos seputar kesehatan yang sudah tersebar luas di kalangan masyarakat.

Baca juga : Easy ! 4 Tips hidup sehat dengan motivasi diri berolahraga di tengah pandemi

Dengan menjalani gaya hidup yang sehat seperti contoh di atas, ada banyak hal mengenai informasi kesehatan yang dapat anda temukan di berbagai situs web, iklan kesehatan di sosial media, ataupun referensi lainnya dengan sangat mudah. Namun, tahukah anda bahwa dengan banyaknya informasi tersebut masih ada penelitian yang dilakukan oleh institusi kesehatan ataupun perguruan tinggi dan menemukan banyak informasi baru tentang kesehatan baru terungkap? Beberapa penelitian yang telah dilakukan para ahli tidak jauh berbeda dengan hasil penelitian kesehatan yang telah ada selama bertahun-tahun, namun mereka menemukan adanya fakta unik yang mengejutkan. Berikut informasi seputar fakta unik kesehatan yang harus anda ketahui!

1. Mengonsumsi gula sama buruknya dengan merokok

fakta unik
Informasi fakta unik mengenai rokok

Selama ini mengonsumsi gula memang sudah menjadi kebiasaan, terutama untuk golongan anak muda, banyak sekali makanan viral yang mengandung gula. maka tidak jarang banyak anak muda yang sudah mengalami obesitas, diabetes ataupun gejala lainnya. Dilansir dari Kompas, pada tahun 2020 persentase obesitas mengalami kenaikan dari 14,8% menjadi 21,8%, Badan Kesehatan Dunia juga mengatakan terjadi kenaikan konsumsi gula, khususnya dalam bentuk minuman yang memiliki tambahan gula, dan target produk ini biasanya anak-anak dan remaja.

Dengan dampak buruk dari kelebihan mengonsumsi gula tersebut sudah di pastikan gula merupakan salah satu makanan yang wajib di kontrol konsumsinya. Namun tahukah anda dikutip dari BestMom.id jika konsumsi gula juga sama buruknya dengan merokok, meskipun gula tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan rokok, tetapi kebenarannya ialah makanan manis atau makanan penutup ini memiliki sifat yang buruk sama seperti rokok. Berdasarkan penelitian Tim University of California menemukan fakta unik bahwa gula dan rokok sama-sama dapat merusak tubuh, karena keduanya sama seperti alcohol yang dapat mengganggu sistem kerja otak hingga organ lainnya. Maka dengan demikian, perlunya perhatian khusus dalam mengonsumsi gula ataupun rokok, jika perlu mulai dari sekarang kurangi intensitas konsumsi keduanya untuk meminimalisir dampak buruk kedepannya.

2. Terlalu lama duduk dapat meningkatkan resiko kematian

informasi
Terlalu lama duduk dapat meningkatkan resiko kematian

Dimasa sekarang yang dimana semua serba online banyak sekali orang-orang melakukan pekerjaannya dengan duduk. Terlebih jika untuk orang yang bekerja di kantor, para pelajar atau kegiatan lainnya yang dilakukan dengan duduk, memang pekerjaan lebih baik dikerjakan dengan tenang dan nyaman, salah satunya dengan duduk. Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa terlalu lama duduk dapat meningkatkan resiko kematian.

Berdasarkan Universitas Sydney, mereka menemukan fakta unik bahwa kebiasaan individu yang terlalu lama duduk contohnya para pekerja kantor yang menghabiskan waktunya lebih dari 10 jam per hari bekerja di depan layar dengan duduk dapat memiliki resiko lebih tinggi terhadap kematian hingga 48% dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari 4 jam sehari. Namun jangan khawatir, ini bisa di siasati dengan mencoba memberi jeda setiap 2-3 jam sekali bangun dari tempat duduk untuk sekedar berjalan-jalan di sekitar atau melakukan stretching.

3. Hidup optimis dapat membuat hidup anda lebih lama

fakta unik
Hidup optimis dapat membuat hidup anda lebih lama

Setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang panjang dan damai. Dari banyaknya tekanan ataupun tugas berat yang di dapatkan dari pekerjaan sehari-hari, ataupun aktivitas berat yang menguras emosi dan tenaga, semuanya pasti mendambakan kehidupan yang lebih panjang dan lebih baik lagi ke depannya. Maka tahukan anda, bahwa informasi mengenai hidup yang optimis dapat membuat hidup anda lebih lama dan pastinya akan lebih baik lagi kedepannya jika dilakukan dengan usaha yang optimis pula.

Pemikiran yang optimis dan positif bukan hanya berpengaruh pada keadaan suasana hati dan hubungan sosial dengan lingkungan sekitar saja, melainkan juga berpengaruh terhadap usia anda. Menurut Studi yang dilakukan oleh Duke University Medical Center dan European Heart Journal mengatakan sebuah fakta unik jika pasien penyakit jantung yang memiliki pemikiran optimis selama perawatan maka mereka sebenarnya hidup lebih lama daripada mereka yang memiliki pemikiran pesimis. Selain itu orang yang optimis juga memiliki sedikit peluang untuk menderita penyakit jantung. Dengan demikian fakta unik seputar berpikir optimis ini dapat membantu anda untuk hidup lebih lama.

4. Menulis dapat membantu meningkatkan daya ingatmu

informasi
Menulis dapat membantu meningkatkan daya ingatmu

Jika selama ini banyak yang mengatakan bahwa membaca dapat meningkatkan kualitas daya ingat, maka membaca juga dapat pula menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat anda. Beberapa orang bahkan memiliki hobi menulis untuk sekedar mencurahkan isi hati ataupun pemikiran mereka ke dalam bentuk tulisan bahkan ada banyak yang dijadikan suatu karya tulis. Tidak heran jika mereka pasti memiliki wawasan yang luas mengenai tulisan mereka, dengan ini mereka sekaligus memiliki peningkatan daya ingat dan wawasan ataupun pengetahuan yang lebih luas mengenai tulisannya.

Berdasarkan penelitian dari Indiana University menemukan fakta unik bahwa untuk mengingat sesuatu maka lebih baik dituangkan dalam tulisan tangan daripada mengetiknya. Menulis ini dapat membuat anda lebih mudah mengingatnya karena disitu melibatkan fungsi kognitif. Namun, sesuai perkembangan jaman sekarang banyak individu yang lebih tertarik untuk mengetik karena lebih fleksibel, tetapi tidak jarang juga masih banyak yang lebih memilih untuk menulis tangan.

Demikian informasi seputar fakta unik mengenai kesehatan yang harus anda ketahui. Sebenarnya masih banyak fakta unik yang menarik berdasarkan penelitian oleh para ahlinya akhir-akhir ini, namun informasi fakta di atas yang dapat anda terapkan di kehidupan sehari-hari.

Teruslah hidup sehat dengan mengetahui lebih banyak informasi kesehatan agar dapat memiliki hidup yang lebih baik dan lebih produktif kedepannya!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping