Blog

Wow, Inilah 6 Cara Menjadi Personal Trainer Professional !!

Personal trainer
Edukasi Pengembangan diri

Wow, Inilah 6 Cara Menjadi Personal Trainer Professional !!

Jika kamu suka berolahraga dan ingin mengembangkan karier di bidang tersebut, cobalah untuk menjadi seorang personal trainer ataupun pelatih kebugaran pribadi professional. Ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan jika olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagimu. Selain mencoba karier dengan sesuatu yang menyenangkan bagimu, menjadi seorang personal trainer juga dapat menolong orang lain untuk mencapai tujuan kebugaran mereka dalam berolahraga.

Sebagai seorang pelatih kebugaran pribadi, kamu punya kesempatan untuk mengerjakan hal-hal yang disukai setiap hari, dapat menginspirasi oranglain dalam menggapai capaian kesehatannya, serta memiliki jam kerja yang fleksibel. Kamu juga mungkin sudah melakukan pelatihan mandiri dengan tidak resmi selama bertahun-tahun, dan meskipun kamu merasa sudah handal dalam banyak hal terkait menjadi pelatih kebugaran, kamu masih butuh banyak langkah yang harus di ambil untuk lebih professional.

Seorang personal trainer akan bekerja dengan satu klien untuk menerapkan program pelatihan kebugaran olahraga untuk membantu mereka seperti program untuk menurunkan berat badan, program untuk menjaga kesehatan atau program lainnya sesuai dengan tujuan klien. Maka dari itu, salah satu tugas pelatih kebugaran pribadi adalah untuk memperkenalkan klien mengenai latihan individual yang didasarkan pada tingkat ketrampilan klien, tujuan pribadi serta kebutuhan klien. Personal trainer harus bisa mengikuti tren terbaru setiap tahunnya agar dapat memiliki rekomendasi professional dalam hal nutrisi dan kebugaran.

Dilansir dari Topcareer.id personal trainer merupakan seorang professional dalam hal kebugaran yang memiliki sertifikat nasional dengan bekal pengetahuan update mengenai anatomi manusia dan fisiologi, nutrisi hingga ilmu tentang olahraga. Sehingga seorang pelatih kebugaran ini merupakan seorang yang penting untuk membantu dan membimbing pada latihan kebugaran dengan tepat dan dapat mencapai tujuan yang maksimal.

Mereka yang ingin menjadi personal trainer yang professional harus memiliki keahlian untuk membuat serta mengetahui latihan secara mandiri maupun secara kelompok yang dibuat dengan khusus untuk kebutuhan kesehatan klien mereka. Pelatih kebugaran melakukan evaluasi mengenai kebutuhan klien dan mulai menyusun rencana pelatihan, membantu membangun perilaku gaya makan yang sehat serta bergizi dan memotivasi klien agar dapat mencapai tujuannya. Mereka dapat bekerja pada sebuah tempat gym atau pusat kebugaran, bahkan dapat bekerja untuk suatu perusahaan.

Baca juga : Jika Ingin Menjadi Best Trainer wajib mempunyai 10 Sifat ini

Personal trainer professional
Personal trainer Professional

Bagi kamu yang memiliki cita-cita menjadi seorang personal trainer yang professional, ini cara untuk menjadi seorang personal trainer :

1. Memiliki minimal pendidikan SMA/SMK/Sederajat

Di Indonesia, ini merupakan persyaratan akademis minimun yang biasanya wajib dipadati oleh calon partisipan sertifikasi. Bila Kamu belum ataupun tidak mempunyai ijazah SMA ataupun yang sederajat dengan itu, cobalah mencari asosiasi ataupun lembaga kebugaran yang tidak membagikan ketentuan tersebut.

Namun kebanyakan lembaga sertifikasi nasional mensyaratkan para kandidat buat mempunyai persyaratan tersebut untuk menjajaki tes sertifikasi. Walaupun pembelajaran postecondary dalam wujud sertifikat, kursus pelatihan ataupun gelar resmi sangat disarankan, tetapi menuntaskan persyaratan pembelajaran minimum cukup penting.

2. Dapat sertifikasi CPR dan AED

Keahlian melaksanakan CPR (cardiopulmonary resuscitation/CPR) serta mengoperasikan AED (automated external defibrilator/AED) merupakan keahlian bawah yang harus dipunyai oleh pelatih kebugaran personal saat sebelum mengambil sertifikasi.

Sebab personal trainer bisa jadi mengalami kondisi darurat raga dengan klien, mereka wajib sanggup melaksanakan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) serta program sertifikasi Automated External Defibrillator (AED). Program-program ini mengarahkan para pelatih kebugaran bagaimana mengidentifikasi kapan klien hadapi kondisi darurat medis, menanggulangi kondisi darurat jantung ataupun respirasi, serta berperan dengan kilat untuk menolong klien sampai bantuan dokter datang. Sertifikasi AED serta CPR dibutuhkan oleh hampir tiap organisasi sertifikasi pelatihan individu nasional.

Sehingga kedua keahlian tersebut sangat penting dimiliki oleh seorang personal trainer professional, sebagai bekal mereka jika terjadi keadaan darurat.

3. Meningkatkan kemampuan yang Esensial

Selagi menempuh pembelajaran resmi ataupun informal, sepatutnya kamu hendak menekuni bermacam pengetahuan dasar mengenai metode kerja badan manusia. Jika kamu memiliki waktu senggang yang cukup, cobalah mengambil kelas tambahan di bidang olahraga ilmiah, anatomi badan manusia, hayati manusia, kinesthesiology, serta pertumbuhan motorik untuk menguasai mekanisme badan manusia secara lebih mendalam.

Selain itu, kamu wajib sanggup mengimplementasi ilmu teoretis ke dalam aplikasi yang nyata. Buat mengasah keahlian tersebut, silakan menjajaki seminar ataupun pelatihan yang dapat memperkaya pengetahuan kamu terkait metode olahraga, metode mengajar serta melatih klien, metode merancang program olahraga, dan ilmu nutrisi. Sebelumnya, pikirkan satu bidang yang sangat kamu minati, serta berfokuslah untuk memperdalam ilmu teoretis di bidang tersebut.

Bila mempunyai waktu serta dana berlebih, simak pula pelatihan komunikasi serta kepemimpinan untuk mendukung mutu diri kamu. Tidak hanya itu, pelajari pula bermacam keperluan sah serta etis yang dibutuhkan jika melaksanakan bisnis di bidang kebugaran, juga untuk menyusun kontrak kerja yang tepat. Jika dibutuhkan, pelajari pula metode merancang program kebugaran supaya kamu sanggup membuat agenda olahraga yang sangat cocok dengan kebutuhan tiap-tiap klien.

Usahakan pula untuk memiliki bentuk tubuh sebaik mungkin agar kamu dapat membentuk makna tubuh yang sehat dan bugar bagi klien kamu dengan cara yang benar. Dengan kata lain, bekerja keras seperti klien kamu, atau bahkan lebih keras dari mereka, untuk menghasilkan tubuh dan mental yang sehat.

Dengan meningkatkan kemampuan esensial ini, anda bisa menambah pengetahuan untuk bisa dinilai sebagai personal trainer yang professional.

4. Memilih spesialisasi kebugaran

Sebelum mengawalai semua bentuk pelatihan, ini berartu untuk memutuskan jalan karier kamu. Calon pelatih kebugaran bisa memilah spesialisasi yang cocok dengan kemampuannya, atensi individu, serta tujuan handal. Apakah kalian mau bekerja dalam latihan kelompok? Pelatihan individual? Ataupun pemrograman kebugaran? Setelah memastikan opsi, tinjau bermacam lembaga sertifikasi kebugaran serta tiap-tiap sertifikasi kebugarannya. Seleksi program yang sangat masuk ide, dari sudut pandang persiapan serta hasil yang handal.

5. Mengikuti pilihan sertifikasi dan lulus ujian

Langkah berikutnya merupakan mendaftar buat tes sertifikasi yang diseleksi. Pendaftaran umumnya tercantum aplikasi serta bayaran. Sebagian besar sertifikasi pelatihan individu merupakan uji berbasis pc yang mencakup antara 120 serta 150 persoalan opsi ganda. Misalnya, Sertifikasi Pelatih Individu Bersertifikat dari Perguruan Medis Berolahraga Nasional mempunyai persoalan di 4 bagian: Perencanaan Program, Konsultasi Klien serta Evaluasi Kebugaran, Metode Latihan, serta Permasalahan Keselamatan/ Darurat.

6. Mulai mendaftar sebagai personal trainer

Setelah lulus ujian dan menjadi pelatih kebugaran pribadi bersertifikat, kamu akan memenuhi syarat untuk memegang posisi di berbagai tempat kebugaran. Banyak pelatih kebugaran pribadi mulai mendapatkan pengalaman dengan bekerja di gym lokal dan mengikuti pelatih berpengalaman sebelum mencari peluang lain. Selanjutnya memutuskan untuk bekerja sebagai profesional independen dan membuat daftar klien. Namun, dalam jangka panjang, membangun portofolio pelanggan, koneksi industri, dan pendidikan berkelanjutan dapat membuat nilai kamu lebih berharga.

Apakah kamu ingin terus bekerja di gym atau membangun gym sendiri, mulailah membangun hubungan positif dengan sebanyak mungkin klien potensial sedini mungkin. Berpikir dan bertindak seperti seorang wirausahawan yang berusaha meningkatkan reputasi bisnis. Secara khusus, kenali pengetahuan pemasaran dasar dan bagikan layanan yang kamu berikan kepada orang-orang terdekat kamu.

Demikian beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membangun karir sebagai personal trainer professional. Masih banyak hal yang perlu kamu perhatikan diluar dari 6 poin di atas, namun sebagian besar hal-hal diatas yang dapat kamu lakukan sedari awal untuk bekal sebagai seorang personal trainer.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping