Blog

Super Amazing! 5 Jenis Olahraga yang Perlu Bimbingan Instruktur

instruktur olahraga
Kesehatan

Super Amazing! 5 Jenis Olahraga yang Perlu Bimbingan Instruktur

Olahraga menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan melakukan kegiatan dengan teratur dapat membantu mengurangi berat badan, menekan risiko penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, memperkuat tulang dan otot, meredakan stress, serta meningkatkan kepercayaan diri. Sayangnya, banyak orang yang merasa malas untuk berolahraga. Salah satu alasan yang membuat orang menjadi malas adalah karena menganggap kegiatan berolahraga adalah kegiatan yang membosankan, apalagi jika melakukan sendiri.

Pusat kebugaran menjadi tujuan yang tepat untuk berolahraga, karena di pusat kebugaran terdapat alat-alat olahraga dan juga akan ada instruktur yang akan membimbing dan membantu melakukan kegiatan. Adanya kehadiran instruktur bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan adanya instruktur, bisa membantu kita untuk melakukan gerakan secara lebih terarah dan tepat sasaran.

Ada beberapa aktivitas olahraga yang menjadi pilihan sebagai kegiatan yang bermanfaat. Manfaat olahraga adalah untuk badan menjadi selalu fit, dan fresh.

Di artikel ini, akan dibahas jenis-jenis olahraga yang membutuhkan instruktur. Jenis-jenis olahraga tersebut selain mudah diikuti dan terdapat banyak di tempat-tempat pusat kebugaran dan biayanya terjangkau.

Berikut 5 jenis olahraga yang perlu bimbingan instruktur. Yuk mari kita simak bersama!

1. Fitnes

olahraga fitness
ilustrasi fitnes

Fitnes merupakan kegiatan pembentukan otot-otot tubuh atau fisik yang dilakukan secara rutin dan berkala. Fitnes umumnya dilakukan di gym atau pusat kebugaran dan menggunakan berbagai jenis alat-alat bantu olahraga dan akan dibantu oleh seorang instruktur.

2. Senam Aerobik

ilustrasi senam aerobik

Senam aerobik adalah latihan yang menggunakan seluruh otot terutama otot-otot besar, dengan gerakan yang terus menerus, berirama dan berkelanjutan. Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kebugaran tubuh. Rangkaian gerakan dalam senam aerobik mampu mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler. Senam aerobik bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok, dan dibimbing oleh pelatih.

3. Senam Zumba

ilustrasi senam zumba

Senam zumba adalah latihan dengan gerakan-gerakan yang terinspirasi berbagai gaya tarian Amerika Latin. Senam zumba memiliki gerakan yang senada dengan irama musik yang mengiringi, serta dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan tersebut dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung.

4. Barre

ilustrasi barre

Barre adalah latihan yang menggabungkan gerakan balet dengan yoga dan pilates untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan, membuat otot-otot tubuh menjadi lebih teramping. Barre pergerakannya terinspirasi dari gerakan balet, dan digabungkan dengan kombinasi gerakan pilates dan yoga. Dilansir dari kompas.com, Instruktur Barre dan pilates dari Breathe Studio, Marcya menjelaskan, gerakan-gerakan Barre dilakukan dengan prinsip pilates, mulai dari cara nafas, postur, hingga core engagement.

5. Boot Camp

ilustrasi boot camp

Boot camp adalah jenis program pelatihan fisik kelompok yang dapat dilakukan oleh pusat kebugaran, pelatih pribadi atau organisasi lain. Program-program ini dirancang untuk membangun kekuatan dan kebugaran melalui berbagai jenis latihan. Gerakan boot camp sendiri terinsipirasi dari gerakan militer, dilihat dari namanya, boot camp terlihat seperti gerakan latihan fisik pada anggota militer. Boot camp dilakukan secara berkelompok, bisa juga berpasangan.

Baca juga: Wow! Inilah 7 Cara Menjadi Instruktur Professional

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping