Blog

Inspiring Quotes! Kata-Kata Motivasi dari 5 Pahlawan Indonesia

Sumber foto: Gramedia.com
Edukasi

Inspiring Quotes! Kata-Kata Motivasi dari 5 Pahlawan Indonesia

(sumber: gramedia.com)

Banyak cara yang dilakukan saat diri membutuhkan semangat atau motivasi karena sedang mengalami demotivasi. Mulai dari melakukan hal-hal yang disenangi seperti jalan-jalan, menonton film, atau membaca buku. Namun tidak sedikit orang yang mendapatkan motivasi dari kata-kata motivasi atau kutipan yang inspiratif. Kata-kata motivasi biasanya menjadi motto hidup seseorang. Sehingga tidak mudah putus asa saat mengalami kegagalan.

Kata-kata motivasi berasal dari kutipan atau pernyataan seseorang baik yang diucapkan secara lisan maupun yang tertulis dan terkadang dibuat sendiri. Kata-kata motivasi biasanya muncul dari pengalaman hidup serta proses mencapai sebuah kesuksesan. Banyak tokoh-tokoh terkenal di dunia, penulis, serta pahlawan yang memiliki kutipan yang menginspirasi. Pada media sosial quote sangat banyak ditemukan,dengan berbagai tampilan berupa desain foto maupun video. 

Kata-kata yang memiliki makna positif juga memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain. Seperti penyataan kata-kata yang diucapkan kepada orang lain hanya mewakili 7 persen dari hasil yang didapat dari komunikasi. Tetapi kata-kata yang diucapkan kepada diri sendiri, menghasilkan 100 persen hasil yang didapat dalam hidup, karena akal Anda menginterpretasikan dan mematuhi petunjuk-petunjuk Anda. Ini dapat diartikan bahwa kata-kata yang dijadikan motivasi hidup atau motto hidup adanya proses interpretasi (proses kognitif) yang mempengaruhi diri individu.

Sebuah kutipan secara tidak langsung memberikan energi kepada seseorang. Oswald (2009: 19) menjelaskan bahwa, “pesan komunikasi yang disampaikan mengandung energi, berupa energi rendah dan tinggi. Pesan yang berenergi rendah biasanya berkaitan dengan emosi negatif seperti marah, sedih, rasa bersalah. Sedangkan pesan berenergi tinggi memiliki daya yang kuat sehingga menimbulkan perasaan positif seperti bahagia, senang, cinta.

Kata-kata motivasi dari tokoh-tokoh Indonesia

  1. I.R Soekarno
I.R Soekarno tokoh inspirasi
I.R Soekarno tokoh inspirasi (sumber: wikimepia)

I.R Soekarno adalah Presiden pertama Indonesia dan Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama dengan Moh. Hatta. Beliau menjabat sebagai Presiden R.I mulai tanggal 18 Agustus 1945 – 12 Maret 1967.

“Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca benggala dari pada masa yang akan datang”

Kutipan di atas mengingatkan bahwa Anda harus belajar dari masa lalu untuk menata masa depan. Anda tidak boleh mengabaikan masa lalu karena masa lalu adalah proses menuju masa depan.

  1. R.A Kartini

R.A Kartini adalah pelopor kebangkitan perempuan Pribumi Nusantara atau dikenal dengan pahlawan emansipasi wanita. Beliau juga merupakan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Beliau ingin membantu pendidikan Indonesia dengan membangun sekolah khusus wanita. Akhirnya Sekolah Kartini (Kartini School) pertama didirikan oleh Yayasan van Deventer pada tahun 1912. Beliau juga merupakan salah satu tokoh inspirasi wanita.

Salah satu judul buku R.A Kartini yang menjadi kata-kata motivasi
Salah satu judul buku R.A Kartini yang menjadi kata-kata motivasi (sumber: detik.net)

“Jangan pernah menyerah jika kamu ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang”

Quote tersebut mengingatkan bahwa sikap diri Anda sendiri dapat menjatuhkan Anda. Anda akan mendapatkan balasan sesuai engan tindakan yang Anda lakukan. Maka perlu untuk berpikir sebelum bertindak.

Baca juga: Calm Down! Ini Dia 5 Lagu Indonesia Berlirikan Kata-kata Bijak yang Bisa dijadikan sebagai Mood Booster Kamu!

  1. Moh. Hatta
Mohammad Hatta - Wikipedia
Moh. Hatta Wakil Presiden Pertama RI (sumber: wikipedia)

Quote dari R.A Kartini ini memberikan semangat untuk selalu berusaha dan  tidak pantang menyerah. Jika Anda gagal harus berusaha dan mencoba lagi karena setiap langkah yang diambil selalu ada kesempatan untuk mencapai kesuksesan.

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri”

Mohammad Hatta merupakan wakil presiden pertama Indonesia. Beliau juga dikenal dengan sebutan Bapak  Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun, tidak jujur sulit diperbaiki”

Makna yang terkandung dalam kutipan diatas, sikap jujur adalah aspek penting yang harus ada dalam diri. Berbohong akan menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk diperbaiki dan menjadi citra buruk untuk diri.

  1. K.H Ahmad Dahlan
K.H Ahmad Dahlan Pendiri Muhammadiyah (sumber: wikipedia)

Kiai Haji Ahmad Dahlan merupakan tokoh Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau juga adalah pendiri Muhammadiyah yang merupakan organisasi Islam di Indonesia.

Kebenaran Suatu Hal Tidaklah Ditentukan Oleh Berapa Banyak Orang Yang Mempercayainya

Arti dari kata-kata bijak di atas yaitu jangan takut mengungkapkan kebenaran, entah ada orang yang percaya atau tidak. Suatu kebenaran tidak dapat diukur dari banyaknya orang yang mempercayai karena untuk meyakinakan setiap orang mukanlah hal yang mudah.

  1. Ki Hajar Dewantara
Tokoh Inspirasi Ki Hajar Dewantara (Tokoh Pendidikan)
Tokoh Inspirasi Ki Hajar Dewantara (Tokoh Pendidikan) (sumber: kompasiana.com)

Nama Asli beliau adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Ki Hajar Dewantara dikenal dengan Bapak Pendidikan karena beliau adalah pelopor pendidikan kaum pribumi pada masa penjajahan Belanda. Beliau juga merupakan  aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, serta politisi. 

“Apa pun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya”

Makna dari kata-kata motivasi di atas adalah sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga orang lain serta bangsa dan agama.

Tokoh-tokoh Nasional Indonesia memberikan banyak inspirasi kepada anak-anak muda untuk memajukan bangsa Indonesia. Perjuangan mereka untuk memerdekakan Indonesia sudah membuktikan bahwa mereka adalah inspirator. Inspirasi bisa kita dapat dari siapa saja, tak terkecuali para Pahlawan Indonesia. Kita sebagai anak muda Indonesia juga harus memberikan inspirasi kepada generasi-generasi selanjutnya.

Baca juga: Important 5 Tips Membangun Personal Branding Pada Era Digital

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping