Blog

Ingin Glow Up Luar dan Dalam? Super Easy! Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini agar Bisa Merubah Diri Menjadi Versi yang Lebih Baik!

pexels-rodnae-productions-7005500
Pengembangan diri

Ingin Glow Up Luar dan Dalam? Super Easy! Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini agar Bisa Merubah Diri Menjadi Versi yang Lebih Baik!

Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini agar Bisa Glow Up!
Kebiasaan yang harus dihindari agar bisa merubah diri menjadi lebih baik

Sebagian besar orang pasti ingin mengalami masa Glow up dalam hidup mereka. Fase tersebut adalah fase di mana seseorang mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Perubahan tersebut dapat terjadi baik dari tampilan luar maupun dari dalam diri seseorang. Untuk mencapai fase tersebut tidak lah singkat. Seseorang kerap kali harus melewati beberapa proses dan tantangan tersendiri sebelum mereka sampai pada fase perubahan tersebut.

Proses perubahan tersebut biasanya identik dengan bertambahnya kadar kecantikan seorang wanita. Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa tren glow up-challenge di media sosial biasanya sebagian besar diikuti dan dilakukan oleh kaum wanita saja. Padahal artian istilah tersebut tidak hanya mengacu pada perubahan secara fisik saja. Pada dasarnya, semua orang bisa bersinar dengan versinya masing-masing. Tidak hanya melalui tampilan fisik saja, tetapi cahaya yang terpancar dalam dirinya pun bisa bersinar dan membuat orang disekitarnya turut merasakan pancaran dari sinarnya tersebut.

Proses memperbaiki diri juga dapat terjadi pada berbagai aspek dalam kehidupan. Pada artian luas, seseorang dapat glow up melalui pola pikir, sifat, mental bahkan juga dari segi keuangan. Untuk mendapatkan perubahan yang signifikan, orang-orang rela berjuang melakukan banyak hal untuk memperbaiki apa yang kurang dalam diri mereka. Memperbaiki diri dapat meningkatkan kualitas seseorang, salah satunya adalah meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Rasa kepercayaan diri yang meningkat dapat bermanfaat bagi mereka untuk dapat diterima oleh banyak orang

Ada pun manfaat lain dari melakukan perubahan diri menjadi lebih baik yang dapat berdampak pada aspek-aspek kehidupan seseorang, berikut penjelasannya.

Manfaat dari fase glow up bagi seseorang

Dapat membangun kebiasaan baik

Selama menjalani proses untuk mendapatkan fase glow up dalam dirinya, seseorang pasti akan melakukan banyak hal baik yang dilakukan untuk dirinya. Hal-hal tersebut tidak hanya sekali atau dua kali saja dilakukan, akan tetapi menjadikannya sebagai kebiasaan yang harus terus-menerus dilakukan. Jika kebiasaan-kebiasaan baik terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin jika hal tersebut membuat kita semakin dekat dengan tujuan kita untuk menjadi lebih baik.

Mengubah hidup menjadi lebih baik

Kebiasaan-kebiasaan baik yang ditanamkan selama berproses menjadi lebih baik akan mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik juga. Hal ini disebabkan karena kita memiliki tujuan dan goals yang harus digapai, sehingga dengan goals yang kita miliki, kita dapat senantiasa termotivasi untuk melakukan hal-hal positif dan bermanfaat bagi kita. Dengan begitu, banyak aspek dalam hidup akan mulai ikut mengalami perubahan yang positif seiring dengan proses yang dijalani sampai pada akhirnya kita bisa mendapatkan tujuan atau goals yang sedang kita perjuangkan.

Mampu memancarkan aura positif bagi lingkungan sekitar

Seseorang yang telah atau dalam proses merubah dirinya menjadi lebih baik, biasanya akan memancarkan energi positif bagi orang-orang atau lingkungan di sekitarnya. Seperti yang kita tahu, untuk menjadi glow up, seseorang tidak selalu harus berfokus pada penampilan saja. Akan tetapi bisa juga memperbaikinya dari dalam, seperti cara berpikir, bersikap, bertutur kata, dan hal-hal lain yang dapat membuat orang yang disekitarnya merasa nyaman dengan kehadirannya. Hal tersebut biasanya didapatkan dari kebiasaan-kebiasaan baik yang ditanamkan dalam diri seseorang selama mereka berproses menjadi pribadi yang lebih baik.

Lebih mudah dalam memperbaiki diri

Proses yang dilakukan selama mencapai goals yang diinginkan akan membuat kita dapat dengan mudah mencari apa yang kurang dalam diri. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, seseorang biasanya akan melakukan refleksi diri, merenung dan mengevaluasi diri. Proses untuk menjadi lebih baik akan membuka mata seseorang dalam melihat kekurangan dan celah dalam diri yang harus diperbaiki. Untuk memperbaiki kekurangan dan celah dalam diri, seseorang dapat berhenti melakukan kebiasaan buruk yang dapat menghambat proses dalam mendapatkan tujuannya tersebut.

Manfaat-manfaat di atas merupakan manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang melakukan kebiasaan baik dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada dalam diri mereka. Kebiasaan yang kurang baik kerap kali sulit untuk kita hindari. Salah satu alasan mengapa kita kerap kesulitan untuk menghindari kebiasaan kurang baik yang biasa kita lakukan adalah karena diri kita yang sudah nyaman dengan kebiasaan tersebut. Maka dari itu, kita harus belajar untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk dalam diri kita untuk mendapatkan tujuan atau goals yang diimpikan.

Baca juga: Awesome! 4 Manfaat Yang Didapat Saat Menjadi Bagian Dari EnyKusrini

Selain membiasakan diri dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat, untuk mendapatkan perubahan yang signifikan atau glow up, seseorang harus meninggalkan kebiasan-kebiasaan buruk dari dalam dirinya untuk memudahkan mereka dalam berproses dan mendapatkan goals mereka. Berikut adalah beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan agar seseorang dapat glow up luar dan dalam.

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan agar bisa Glow Up luar & dalam secara maksimal!

Jarang minum air

Kurang konsumsi air dapat membuat tubuh sulit bekerja dengan baik dan membuat kulit kering

Sekitar 60-80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Hal ini mnegindikasikan bahwa air adalah senyawa yang paling penting bagi manusia. Menurut Halodoc, setidaknya kita harus meminum air sebanyak 8 gelas setiap harinya. Selain untuk menghindari dehidrasi dan meningkatkan konsentrasi, air juga dapat menjaga mood dan emosi seseorang agar tetap seimbang. Efek dari kekurangan air sangatlah berbahaya bagi tubuh. Melansir dari Amanat.id, seseorang yang kurang mengkonsumsi air akan mudah cepat lelah, kinerja fisik dan mental kurang maksimal sehingga dapat memicu stress. Selain itu, akibat dari kekurangan air juga dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Hal ini tentu kurang baik untuk proses perubahan seseorang untuk menjadi versi yang lebih baik.

Jarang membaca buku

Jarang membaca dapat membuat kamu tak tahu banyak hal

Membaca buku kerap kali dijadikan sebagai self care yang baik untuk mendapat wawasan dan ilmu yang luas. Membaca buku juga merupakan salah satu cara untuk memelihara kesehatan otak. Orang yang gemar membaca buku akan memiliki pola pikir yang baik, sehingga dapat memicu perubahan-perubahan besar yang dapat terjadi pada hidup mereka. Jika seseorang jarang membaca buku, maka fungsi otak akan menurun dan pandangan mereka terhadap dunia akan sempit. Maka dari itulah, selain memelihara kesehatan fisik, menanamkan kebiasaan membaca buku juga merupakan salah satu cara agar seseorang bisa glow up dari dalam.

Mengonsumsi makanan yang kurang sehat

Memakan makanan yang kurang sehat dapat mempengaruhi kesehatan tubuh

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar istilah “You are what you eat” yang memiliki makna tentang cerminan diri kita adalah makanan yang kita makan sehari-hari. Jika kita kerap memakan makanan yang kurang sehat, maka hal itu sama saja dengan mencerminkan bahwa kita tidak peduli dengan kesehatan kita di masa yang akan datang. Begitu pula sebaliknya, jika kita pandai memilih makanan apa yang baik untuk kesehatan tubuh kita, maka hal tersebut mencerminkan bahwa kita peduli terhadap kesehatan dan kondisi tubuh kita untuk masa depan. Sebab sehat atau tidaknya makanan yang kita makan sehari-hari akan terlihat dampaknya pada beberapa tahun ke depan.

Malas merawat diri

Merawat diri adalah salah satu kunci glow up dari luar!

Merawat diri atau kerap dikenal sebagai self care tidak hanya berkaitan dengan dengan mengaplikasikan perawatan muka agar tampilan kita bisa terlihat mempesona di depan layar atau kamera saja, melainkan juga menyangkut dengan aspek-aspek lain yang berhubungan dengan kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang. Dengan menerapkan self care dengan baik hidupnya cenderung lebih bahagia dan lebih baik, sehingga dapat berdampak pada orang-orang disekitarnya. Berikut adalah langkah-langkah self care yang dapat dilakukan.

  • Rajin berolahraga,
  • Banyak membaca buku dan bacaan yang bermanfaat,
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan,
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan orang terdekat
  • Beribadah

Terlalu banyak overthinking

Stres yang diakibatkan oleh overthinking tidak baik untuk proses perubahan diri

Overthinking adalah fase saat seseorang teralu banyak memikirkan hal yang dapat membuat mereka gelisah dan depresi. Overthinking dapat membuat aktivitas seseorang terhambat dan tidak maksimal dalam mengerjakan pekerjaanya. Hal ini dapat memicu energi negatif bagi orang-orang di sekitarnya. Overthinking dapat dihindari dengan membentuk kemauan dan tekad yang kuat serta belajar untuk berpikir lebih logis dan rasional terkait masalah yang sedang dipikirkan. Sebab kerap kali overthinking tersebut didasari oleh masalah-masalah yang sudah berlalu atau bahkan yang belum terjadi. Mengubah mind set juga dapat memudahkan seseorang terlepas dari overthinking tersebut.

Baca juga: Easy Peasy! 5 Tips Cegah Overthinking Agar Hidup Lebih Bahagia!

Terlalu boros

Jangan terlalu boros, gunakan uang sebaik mungkin.

Seiring dengan perkembangan zaman yang lebih modern, kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dengan mudah dan cepat, salah satunya adalah melalui e-commerce. Hal ini tentu memicu seseorang untuk lebih impulsif untuk membeli barang-barang yang mungkin tidak memiliki manfaat lebih bagi diri kita yang pada akhirnya barang tersebut tidak terpakai dan menjadi barang yang berdebu di pojokan. Alangkah baiknya jika kita menggunakan uang tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat, benilai positif, dan dapat memicu kita untuk tetap produktif. Atau kita juga menggunakan uang kita untuk berinvestasi untuk kepentingan masa depan yang jauh lebih baik daripada menghamburkannya untuk hal-hal yang tidak perlu.

Tidak berani menerima tantangan

Keluar dari zona nyaman untuk berkenalan lebih dengan diri sendiri

Berada di zona nyaman merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus kita singkirkan. Semakin dewasa, sudah seharusnya kita semakin berani dalam menerima tantangan dari tuntutan perkembangan zaman. Dengan mengambil tantangan baru, kita dapat belajar banyak hal dan memperbaiki kekurangan, atau bahkan menemukan potensi baru dalam diri kita yang membuat kita menjadi versi yang lebih baik lagi. Keluar dari zona nyaman akan membuka banyak pikiran dan wawasan baru yang membuat kita lebih tau banyak hal dibanding hanya berdiam diri di tempat yang sama untuk waktu yang lama.

Itulah beberapa manfaat dari merubah diri menjadi lebih baik dan kebiasaan-kebiasaan apa saja yang harus kita tinggalkan untuk mencapai goals dan menjadikan diri lebih glow up luar dan dalam. Semoga bermanfaat, Readers!

Comment (1)

  1. […] Juga: Ingin Glow Up Luar dan Dalam? Super Easy! Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini agar Bisa Merubah Diri […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping