Blog

Impressive! Berminat Jadi Guru? Ini Dia 5 Keterampilan Dasar Guru yang Harus dikuasai Oleh Guru di Era Masa Kini!

kemampuan dasar guru yang wajib dikuasi oleh guru di era modern
Video & Tips

Impressive! Berminat Jadi Guru? Ini Dia 5 Keterampilan Dasar Guru yang Harus dikuasai Oleh Guru di Era Masa Kini!

Keterampilan dasar guru yang wajib dikuasai di era masa kini
Keterampilan dasar guru yang wajib dikuasai di era masa kini
Photo by Vanessa Garcia from Pexels

Menjadi guru mungkin merupakan mimpi dari sebagian besar dari beberapa orang saat mereka masih kecil. Profesi tersebut dianggap sebagai profesi yang mulia sebab orang-orang dengan profesi tersebut dijuluki sebagai “pahlawan tanpa tanda jasa”. Mengapa dikatakan mulia? Sebab mereka turut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membantu melahirkan banyak orang besar yang berguna bagi negeri ini.

Baca juga: 7 Skill untuk menjadi Instruktur Training

Menjadi pengajar bukanlah sebuah tugas yang mudah. Setidaknya ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai agar menunjang keberhasilan seseorang menjadi seorang pengajar yang berkualitas. Keterampilan tersebut dapat dikembangkan terkait dengan tuntutan keadaan, seperti contohnya adalah tuntutan zaman yang semakin maju dan serba modern. Seorang guru harus menyesuaikan keterampilannya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Apa yang membedakan guru pada zaman tradisonal dengan mereka yang ada pada abad 21? Perbedaan yang mencolok adalah mengubah pusat pembelajarannya. Pada zaman tradisional, pusat pembelajaran berada pada pengajar, sedangkan pada zaman sekarang pusat pembelajaran tersebut tidak lagi berpusat pada pengajar, melainkan telah bergeser pada siswa. Hal ini disebabkan karena peran guru tidak hanya sebagai pengajar dan satu-satunya sumber belajar bagi siswa, melainkan cenderung juga sebagai desainer, fasilitator, pelatih dan pengatur pembelajaran.

Kondisi tersebut sedikit banyaknya didukung oleh adanya peran kemajuan teknologi yang mulai menyentuh pada sektor pendidikan. Kemajuan teknologi dapat membantu siswa dalam berksplorasi dan mencari bahan ajar lain yang dapat mereka temukan pada media daring, seperti pada laman jurnal ilmiah di internet dengan mudah. Melansir dari laman guraru, terdapat beberapa manfaat kemajuan teknologi bagi pendidikan, salah satunya adalah multisensory. Multisensory adalah pembelajaran dapat disampaikan dalam beberapa cara seperti melalui bentuk audio, visual maupun kinestetik.

Mengingat teknologi yang kian hari kian maju, sudah seharusnya pengajar mengetahui kemampuan apa saja yang harus dikuasai di erayang serba modern ini. Berikut adalah 5 kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh guru di era modern.

Guru Harus Memahami Teknologi

Memahami dan mempelajari teknologi untuk diaplikasikan ke dalam pembelajaran sebagai kemampuan dasar guru
Photo by Kampus Production from Pexels

Mempelajari teknologi adalah sebuah keharusan yang perlu dilakukan oleh semua orang di zaman sekarang. Teknologi dapat membawa banyak peluang, kesempatan dan hal baik jika digunakan sebagaimana mestinya. Pada bidang pendidikan, teknologi dapat mempermudah bagi pengajar dan siswa dalam banyak hal, salah satunya adalah dalam mendapatkan bahan ajar yang relatif beragam dan tidak terpaku pada satu sumber saja.

Manfaat lain dari mempelajari teknlogi sebagai keterampilan dasar guru untuk bidang pendidikan adalah dapat membantu efisiensi yang menyeluruh dalam kegiatan belajar mengajar. Teknologi dapat membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dibanding dengan cara yang tradisional yang lebih banyak memakan waktu, tenaga, dan biaya yang lumayan banyak.

Mengingat pandemi yang masih belum berakhir, peran teknologi dalam bidang pendidikan akan sulit dilepaskan. Pemahaman teknologi bagi pengajar sudah menjadi hal yang wajib untuk dimiliki dan dikuasai sebagai salah satu cara untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar di masa pandemi.

Inovatif dan Kreatif dalam Mengajar

Inovatif dan kreatif menjadi kemampuan dasar guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di era masa kini
Photo by Katerina Holmes from Pexels

Kemajuan zaman akan membuat semakin banyak hal baru yang memungkinkan setiap orang untuk menerima kesempatan dalam membuat dan mengetahui hal baru, seperti cara belajar dan cara mengajar yang baru bagi guru dan murid di sekolah. Hal tersebut yang dapat menjadi acuan agar pola pikir inovatif dan kreatif ini menjadi salah satu keterampilan dasar guru masa kini.

Salah satu cara untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, efektif, dan meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan mengubahnya dengan hal yang lebih menarik. Untuk menciptakan suasana belajar yang menarik, guru harus berpikir kreatif dan inovatif. Salah satu caranya adalah dengan membuat model pemeblajaran media pembelajaran yang dapat dapat disukai oleh siswa.

Guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mendapatkan ide kreatif dan berinovasi dalam membuat model pembelajaran yang menarik, selain itu guru juga dapat mengamati situasi apa yang sedang terjadi. Mulai dari fenomena yang ada atau hal-hal yang sekiranya diminati oleh siswa. Kedua hal tersebut dapat menjadi salah satu peluang bagi guru dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan efektif melalui kemampuan berpikir inovatif dan kreatif.

Media pembelajaran dapat dibentuk menjadi beberapa jenis, seperti bentuk audio, bentuk visual maupun gabungan keduanya. Btnuk-bentuk tersebut dapat dibuat berdasarkan contoh yang sudah banyak tersebar luas di internet. Guru dapat mengamati contoh-contoh yang ada sebelum membuat media pembelajaran sendiri. Media pembelajaran dapat dibuat dengan beberapa tools yang sederhana.

Baca juga: Super Easy, 3 Contoh Media Pembelajaran yang Menarik dan Mudah dibuat untuk Bahan Ajar di Sekolah!

Memiliki Kemampuan Critical Thinking dan Problem Solving yang Baik

Pola pikir pada guru sebagai penyelesaian masalah (problem solving)
Photo by Yan Krukov from Pexels

Critical thinking atau pola pikir kritis adalah hal yang harus dimiliki oleh pengajar. Pola pikir kritis pada seseorang dapat dilihat dari cara seseorang berpikir, mulai dari gagasannya yang rasional, memiliki pandangan yang luas, mampu mengevaluasi, serta dapat memahami suatu masalah berikut dengan cara pemecahannya. Cara berpikir tersebut dapat sangat berguna bagi seorang guru saat mengajar di kelas.

Mengingat kemudahan informasi yang dapat diterima oleh murid, mereka mungkin saja membuka diskusi terkait apa yang mereka temukan dan apa yang menjadi keraguan dalam dirinya. Peran critical thinking dan problem solving pada pengajar dapat berguna saat kejadian semacam itu terjadi. Pengajar dapat memberi penjelasan yang rasional yang dapat dengan mudah dipahami oleh siswa.

Mentoring yang Baik

Kemampuan dasar guru sebagai mentor yang baik bagi siswa
Photo by nappy from Pexels

Setiap orang terlahir dengan talenta dan kelebihannya masing-masing. Mengetahui hal tersebut, guru harus memahami dan siap membantu untuk mengembangkan bakat yang ada pada siswa tersebut agar dapat tersalurkan dengan baik. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan student leader dan personal development untuk mengembangkan setiap potensi yang dalam diri siswa.

Peran mentor tidak hanya diperuntukan bagi mereka yang memiliki kelebihan dalam dirinya. Guru juga harus senantiasa menjadi pendengar yang baik, memberi banyak dukungan, dan memotivasi siswa yang sedang dalam masalah. Agar siswa dapat terbuka dengan masalahnya, pengajar harus memberi contoh baik dan memberi dampak yang positif bagi siswa.

Pada intinya, peran mentor ini memungkinkan bagi siswa untuk mencurahkan apa saja yang ada pada dirinya kepada guru di sekolah. Peran mentor membuat pengajar tidak hanya sekadar mengajar, namun juga memberi rasa nyaman yang dapat berdampak pada kegiatan belajar mengajar.

Kemampuan Mengatur yang Baik

Mengatur berbagai hal adalah salah satu kemampuan dasar guru di era masa kini
Photo by olia danilevich from Pexels

Keterampilan dasar guru yang terakhir adalah kemampuan menjadi pengatur yang baik. Semakin banyak kita mengatur sesuatu secara sistematis, maka semakin teratur juga pola hidup kita. Hal tersebut tentu berdampak sangat besar atas apa yang sedang atau akan kita jalani.

Baca juga: 7 Most Important Tips untuk Menjadi Instruktur Pelatihan yang Sukses

Menjadi guru tentu tidak hanya memberi pelajaran kepada siswa di kelas, akan tetapi lebih dari itu, pengajar juga memiliki tanggung jawab lain yang harus dijalani. Seperti memberi dan memeriksa tugas/latihan, mengajar, menyusun materi yang akan diajarkan, mendidik siswa, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut harus dilakukan dengan baik secara terus-menerus. Hal yang bisa dilakukan adalah membuat daftar perencanaan atau jadwal. Hal ini dapat membantu seseorang untuk melakukan kegiatan secara teratur.

Itulah 5 keterampilan dasar guru yang harus dikuasai oleh guru di era masa kini. Kemampuan tersebut dinilai dapat menunjang kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kemajuan zaman. Kemajuan teknologi memberi dampak besar terhadap dunia pendidikan, sudah saatnya pengajar untuk belajar teknologi agar bisa merasakan manfaat dari kemajuannya yang dapat mempermudah pekerjaan.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping