Blog

5 Keterampilan Guru di Era Digital: Upgrade Skill

nick-morrison-FHnnjk1Yj7Y-unsplash
Edukasi Pengembangan diri

5 Keterampilan Guru di Era Digital: Upgrade Skill

Menjadi seorang pengajar tentu bukanlah yang mudah. Semakin lama pendidikan semakin berkembang. Bayak faktor yang mempengaruhi perkembang pendidikan, seperti ekonomi, kurikulum, sosial budaya, teknologi dan lainnya. Tetapi, satu  aspek yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir yang mempengaruhi pendidikan adalah teknologi. Sehingga sekarang disebut dengan era digital.

Aktivitas dalam proses belajar dan mengajar pun berubah dari yang konvensional menjadi modern. Para siswa sudah tidak tertarik dengan cara mengajar guru yang hanya menjelaskan materi tanpa adanya selingan aktivitas lain. Terkait dengan perubahan-perubahan tersebut, guru juga harus mampu menyesuaikan diri. Keterampilan guru menjadi penting penting dalam proses belajar mengajar.

Keterampilan mengajar atau teaching skill merupakan keterampilan yang dapat dilatih melalui micro teaching oleh calon guru sebelum turun kelapangan (Moh. Uzer Usman). Faktanya sekarang keterampilan guru dapat dikembangkan seiring dengan adanya perkembangan aspek baru yang mempengaruhi pendidikan. Salah satu contoh: sebelum pandemi covid-19 banyak guru yang kurang paham dengan media digital serta aplikasi-aplikasi pendukung pembelajaran, tetapi mereka belajar agar guru dapat tetap mengajar para siswanya. Keterampilan guru menjadi salah satu faktor penentu terhadap keberhasilan implementasi kurikulum dan  keberhasilan pencapaian belajar.

Untuk itu yuk simak apa saja keterampilan yang harus dimiliki guru di era digital

Keterampilan Guru di Era Digital

1.       Berpikir kritis (critical thinking)

Kemampuan berpikir kritis harus dimiliki oleh seorang guru. Para guru atau pengajar tentu akan menemukan berbagai jenis siswa  dengan karakter yang berbeda. Kemampuan critical thinking akan membantu para guru untuk menilai setiap siswa dan siswi dari berbagai aspek dan dengan cara pandang yang berbeda.

Guru tentu banyak berperan dalam mengambil keputusan teruntuk para siswa dan siswi, dengan adanya kemampuan critical thinking guru tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Guru akan menganalisis terlebih dahulu apakah keputusan yang diambil sudah tepat, bagaimana dengan resiko dan konsekuensinya.

2.       Komunikasi

Keterampilan komunikasi guru menjadi hal penting dalam prose belajar karena guru bertugas menyampaikan materi. Seperti yang diketahui pemahaman dan kemampuan siswa yang berada pada jenjang SD, SMP, dan SMA itu tidak sama. Guru harus memilih penggunaan bahasa, intonasi, dan mimik yang tepat saat menyampaikan materi.

Ketika seorang guru tidak mampu untuk berkomunikasi dengan cara yang tepat kepada para siswa mempengaruhi minat dalam belajar. Agar memiliki kemampuan komunikasi yang baik guru harus mengetahui tahap perkembangan anak dan juga mengenal lingkungan dimana guru mengajar. Salah satu contohnya, ketika guru mengajar menggunakan dan pemahaman bahasa Indonesia siswa kurang, guru dapat menyiapkan bahasa daerah.

3.       Paham Teknologi

Perkembangan teknologi memudahkan aktivitas manusia dalam berbagai hal. Teknologi sangat berperan dalam pendidikan sampai disebut dengan pendidikan era digital. Mengetahui dan memiliki keterampilan terhadap penggunaan teknologi menjadi penunjang proses belajar khusus untuk era digital saat ini sampai bebrapa tahun kedepan sebelum adanya perkemnagan teknologi baru. Banyaknya siswa yang paham dengan perkembangan teknologi, membuat mereka ingin memanfaatkannya dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadi salah satu alasan agar guru memiliki pemaham dan keterampilan penggunaan teknologi.

Sekarang teknologi memberikan cara belajar yang baru, tidak membosankan, serta meningkatkan minat siswa dalam belajar. Guru bisa memberikan materi yang menarik dengan bantuan software atau aplikasi-aplikasi khusus untuk media pembelajaran. Tugas-tugas sekolah dapat diberikan secara online dan memudahkan guru melakukan penilain.

Baca juga: Free 5 Aplikasi Kuis Belajar Online.

4.       Kreativitas

Usia, perkembangan karakteristik setiap siswa berbeda-beda. Tidak hanya itu, cara mereka menyerap materi juga berbeda, ada yang cepat dan lama. Dalam hal ini kreativitas seorang guru diperlukan. Guru harus menentukan metode belajar yang tepat atau bahasa yang digunakan. Pemahaman akan teknologi juga akan percuma dimiliki oleh guru, jika tidak memiliki kreativitas.

Penggunaan beberapa aplikasi-aplikasi membutuhkan kreativitas. Guru yang memiliki kreativitas tinggi dapat memaksimalkan penggunaan dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Contohnya, seperti pembuatan materi yang menarik menggunakan ppt atau video pembelajaran, mampu menciptakan games brainstorming. Kreativitas juga menentukan keberhasilan penyampaian dan penyerapan materi, motivasi belajar, serta kenyamanan saat belajar. Kreativitas yang dimiliki guru akan membuat siswa menyukai guru dan pelajaran yang diajarkan.

5.       Kemampuan Berbahasa Asing

Memiliki kemampuan berbahasa asing menjadi sebuah keharusan. Dalam pendidikan yang berbasis digital bahasa asing menjadi lebih dekat dengan kita. Bukan hanya untuk guru atau siswa saja. Sekarang banyak penggunaan kata-kata keren yang berasal dari bahasa asing. Pada aplikasi-aplikasi media digital yang sering digunakan saja menggunakan bahasa asing.  Media pembelajaran dan sumber-sumber informasi banyak yang menggunakan bahasa inggris. Kemampuan berbahasa asing membantu siswa dalam memahami informasi apa yang mereka temukan. Seperti pada penggunaan handphone siswa tidak hanya asal klik, tetapi mereka mengetahui artinya apa dengan bantuan guru.

Baca juga: Perbedaan Guru, Tutor, Mentor, dan Instruktur, 4 Popular Terms!

Comment (1)

  1. […] Baca juga: 5 Keterampilan Guru di Era Digital: Upgrade Skill […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping