Blog

Super Cool! 5 Keuntungan bagi Strategi Bisnis Anda melalui Kehadiran Mentor yang Wajib Anda Ketahui!

pexels-cottonbro-74294611
Business

Super Cool! 5 Keuntungan bagi Strategi Bisnis Anda melalui Kehadiran Mentor yang Wajib Anda Ketahui!

Manfaat mentor bagi strategi bisnis
Manfaat adanya mentor bagi strategi bisnis Anda!

Strategi bisnis adalah salah satu modal yang diperlukan oleh seorang pebisnis saat ia akan memulai suatu usaha. Memulai suatu usaha diperlukan beberapa riset, analisis dan pertimbangan yang harus dipersiapkan serta dipikirkan matang-matang. Hal ini dilakukan agar seorang pebisnis dapat meminimalisir kegagalan yang akan terjadi pada saat ia mulai berbisnis.

Seorang pebisnis kerap kali membutuhkan bantuan dari pihak lain untuk mulai membangun bisnisnya. Beberapa dari mereka adalah tenaga-tenaga profesional yang sudah berpengalaman dibidangnya. Salah satu bentuk bantuan tersebut tidak selalu dalam bentuk materi, seperti contohnya adalah masukan-masukan yang dapat membantu bisnis yang sedang dirintis dapat berkembang dan berjalan dengan baik.

Salah satu bentuk bantuan yang penting untuk didapatkan oleh seseorang saat atau akan memulai berbisnis adalah bantuan dari seorang mentor. Melansir dari Midtrans, bantuan dalam bentuk ini merupakan aset penting untuk mencapai kesuksesan seseorang, bahkan tidak hanya dalam berbisnis, melainkan dalam hal apapun. Sebab sejatinya seseorang membutuhkan dukungan dan masukan dari waktu ke waktu.

Penasihat dalam berbisnis juga tidak hanya sekadar memberi masukan, mereka kerap kali memberi beberapa pertanyaan yang dapat menjadi bahan untuk refleksi diri dan renungan terkait apa yang sedang dijalani. Hal tersebut dapat menjadi bahan petimbangan serta dapat membantu seseorang mencapai target yang diinginkannya.

Baca juga: Best! 5 Cara Membangun Motivasi Kerja untuk Diri Sendiri

Bagaimana cara agar kita dapat seseorang penasihat yang dapat membantu kita saat berproses untuk mencapai kesuksesan kita? Pada dasarnya, seseorang berusaha untuk mendapatkan yang terbaik, termasuk dalam mendapatkan mentor. Nama-nama yang beredar dengan reputasi baiknya yang melekat tidak menjamin seseorang penasihat tersebut cocok untuk membimbing dan membantu kita dalam mengembangkan bisnis kita.

Untuk mendapatkan seseorang yang tepat dalam membantu bisnis yang akan dimulai, ada beberapa hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah membuat daftar kandidat. Hal ini penting untuk dilakukan karena kita tidak boleh terpaku pada satu orang, sehingga kita dapat melakukan perbandingan antara kandidat satu dengan kandidat yang lain. Dengan begitu kita dapat melihat kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Agar bisa melihat kekurangan dan kelebihan masing-masing, kita harus meluangkan waktu untuk menelusuri latar belakang masing-masing kandidat. Untuk memulai survey atas pemilihan kandidat mentor yang telah masuk dalam list, kita dapat mencarinya melalui blog atau media sosial pribadinya masing-masing. Kita dapat mempelajari dari apa-apa saja yang tertampil di blog dan sosial media pribadi dari masing-masing kandidat yang tercatat.

Jika dirasa sudah menemukan kandidat yang tepat dan cocok, langkah yang dilakukan selanjutnya adalah meulai mneghubungi kandidat yang terpilih. Kita dapat menhubungi mereka melalui email dengan mengirimkan tujuan dan sedikit gambaran dari profil perushaan yang sedang atau akan dikembangkan. Tulislah email tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami agar mempermudah calon mentor dalam melihat perusahaan kita.

Jika penasihat yang kita hubungi telah menyetujui untuk membantu kita dalam mengembangkan bisnis yang akan dikembangkan, maka langkah yang selanjutnya harus dilakukan dan dipertahankan adalah komunikasi yang baik. Jangan menghubungi penasihat hanya karena kita dalam masalah saja, tetapi berikan mereka kabar terkait perkembangan apa yang kita dapat setelah berkonsultasi dengan mereka. Kita juga bisa memberi tahu manfaat-manfaat apa saja yang didapatkan dari konsultasi yang telah dijalani.

Berikut adalah manfaat-manfaat yang akan didapat dari adanya mentor dalam bisnis yang sedang Anda jalani.

Mampu memiliki pandangan yang lebih luas

Mentor dapat membuat pebisnis memiliki pandangan yang lebih luas

Kehadiran seorang mentor dalam bisnis yang akan atau sedang digarap dapat membuka pandangan seorang pebisnis lebih luas lagi. Selain dapat memberikan dukungan dalam berbisnis, mereka juga dapat memberi aspek lain seperti masukan dan pengetahuan berdasarkan pengalamannya. Masukan dan pengetahuan tersebut sangat berguna dan membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya melalui ilmu-ilmu baru yang didapatkan dari adanya mentor dalam bisnis yang sedang dirintis.

Adanya masukan dan pengetahuan baru dapat membuat seorang pebisnis memiliki pikiran yang luas serta lebih kritis dalam meningkatkan keterampilan dan mengembangkan bisnisnya. Hal ini sangat baik bagi pebisnis dalam menentukan strategi bisnisnya, karena masukan dan ilmu baru dapat memicu adanya ide-ide baru yang segar yang membuat bisnis yang dirintis mengalami kemajuan.

Menambah strategi bisnis dalam memperluas jaringan

Mentor yang tepat akan memberi banyak koneksi yang relevan

Setelah membuat pebisnis membuka pandangannya lebih luas lagi, mentor juga dapat membuat seorang pebisnis memiliki jaringan yang lebih luas. Jaringan sangat penting dalam berbisnis, karena dapat memberi banyak peluang bagi bisnis yang sedang dirintis. Melansir dari detikfinance, partner atau relasi dalam bisnis akan memberi banyak dampak dan positif bagi bisnis yang sedang dijalani.

Relasi dalam berbinis dapat memudahkan seorang pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya. Relasi bisa didapatkan dari seorang mentor, karena biasanya mereka saling terkoneksi untuk saling bertumbuh. Relasi dapat membantu bisnis berkembang melalui beberapa cara, seperti melalui pasar hingga pendanaan. Maka dari itu, penting bagi seorang pebisnis dalam membangun koneksi yang baik dengan pihak-pihak yang relevan demi kebaikan dan pertumbuhan usaha yang sedang dijalani.

Pemberi dukungan saat mulai berbisnis

Mentor dapat memberi banyak motivasi bagi seorang pebisnis

Pada saat berbisnis, seorang epbisnis kerap kali menemukan beberapa masalah. Masalah yang kerap ditemukan adalah adanya keraguan yang biasanya menghampiri seseorang saat mereka memulai sesuatu, salah satunya saat memulai untuk berbisnis. Adapun masalah lain seperti banyaknya pebisnis yang depresi dan putus asa karena bisnisnya yang tidak berjalan sesuai ekspetasi. Hal itu dapat membuat seorang calon pebisnis takut untuk meneruskan niatannya untuk berbisnis karena tidak memiliki arahan dan ilmu yang memumpuni.

Masalah-masalah di atas sebetulnya dapat diantisipasi dengan adanya arahan yang tepat dan dukungan dari seroang mentor yang tepat. Kehadiran mereka dapat membuat pebisnis lebih leluasa dalam menghadapi masalah dan menjadi penenang dengan masukan-masukan yang dapat membangkitkan kembali semangat dalam berbisnis.

Membantu memecahkan masalah

Seorang mentor dapat memberi pencerahan dalam memecahkan masalah

Saat pebinis menghadap masalah, penasehat juga dapat memberi pandangan lain dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Pandangan-pandangan tersebut dapat memberi pertimbangan bagi seorang pebisnis dalam mengambi keputusan. Hal ini sangat bermanfaat agar pebisnis tidak keliru dalam mengambil keputusan, sehingga masalah dapat terpecahkan dengan baik.

Seorang mentor yang tepat dapat memberi banyak masukan yang membangun. Hal ini disebabkan karena mereka biasanya telah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang tidak bisa didapatkan dari hanya membaca buku. Maka dari itu, saran dan nasihat yang didapatkan dari mereka biasanya memiliki dampak yang baik bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

Memberi peluang sukses yang lebih besar

Seorang mentor dapat membuka peluang kesuksesan bagi pebisnis

Seperti yang telah di jelaskan dari manfaat-manfaat di atas, bahwa seorang mentor dapat memberi banyak dampak positif bagi bisnis yang sedang dirintis. Mereka dapat memberikan banyak masukan, saran, pengetahuan, serta membantu seorang pebisnis dalam mencegah dan memecahkan masalah. Hal ini merupakan bagian dari usaha dalam mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik.

Aspek-aspek penting yang bermanfaat yang diberikan oleh seorang penasihat di atas merupakan salahs atu dari strategi bisnis yang sedang dijalani agar bisa mencapai kesuksesan dan hasil yang maksimal. Hal ini juga telah dibuktikan melalui survey yang dilakukan oleh riset Sage yang menyatakan bahwa 93% pendiri start-up mengakui pentingnya peran seorang mentor dalam mencapai kesuksesan perusahaan mereka.

Itulah beberapa manfaat dari adanya seorang penasihat dalam sebuah perusahaan atau bisnis yang sedang dirintis. Manfaat-manfaat tersebut dapat berdampak pada keberhasilan dari bisnis yang sedang dijalani.

Comment (1)

  1. […] Baca juga: Super Cool! 5 Keuntungan bagi Strategi Bisnis Anda melalui Kehadiran Mentor yang Wajib Anda Ketahui! […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping