Blog

Easy 6 Tips Meningkatkan Kreativitas Diri dan Manfaatnya

kelly-sikkema-Rq1MLxP5RgI-unsplash
Pengembangan diri

Easy 6 Tips Meningkatkan Kreativitas Diri dan Manfaatnya

Pada dasarnya setiap manusia memiliki keterampilan atau keahlian. Keterampilan yang ada pada diri manusia itu beragam, sehingga seperti yang para pembaca ketahui dua orang saudara kandung memiliki perbedaan dari segi kepribadian maupun kemampuan atau keahlian. Pada pikiran para pembaca yang terlintas tentang kreativitas, yaitu keahlian dalam bidang seni. Biasanya ketika melihat orang yang memiliki gambar atau lukisan yang bagus, pasti para pembaca berpendapat bahwa orang tersebut memiliki kreativitas yang tinggi. Bukan berarti orang yang memiliki gambar yang kurang bagus tidak memiliki kreativitas.

Kreativitas diri merupakan kemampuan yang dapat dikembangkan dan dilatih dengan tujuan menciptakan ide atau produk baru serta meningkatkan kualitas diri. Banyaknya perkembangan pada berbagai bidang yang terjadi pada setiap tahun mempengaruhi kreativitas diri seseorang. Kreativitas diri sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan manusia, seperti saat bekerja, sekolah, memulai bisnis, serta saat menyelesaikan suatu masalah.

Artikel kali ini akan membahas tentang kreativitas manusia. Yik simak apa aja yang bakal para pembaca ketahui tentang kreativitas diri.

Pengertian Kreativitas

Stenberg,  Kaufman  dan  Pretz  (2002) : kretivitas adalah  kemampuan untuk menghasilkan produk baru dengan kualitas yang tinggi

Guildford (1959); kretivitas adalah kapasitas yang dimiliki oleh  individu  untuk  memunculkan  ide  berdasarkan  cara  berpikir  divergen daripada cara berpikir konvergen.

Kreativitas adalah hasil belajar dalam kecakapan kognitif, sehingga untuk menjadi kreatif dapat dipelajari melalui proses belajar mengajar.

Dapat disimpulkan bahwa kreativitas adalah kemampuan intelegensi individu yang dapat dikembangkan untuk menghasilkan sesuatu yang baru, seperti ide-ide, produk, cara berpikir berdasarkan pengetahuan dan pembelajaran.

Cara Meningkatkan kreativitas Diri

  • Mencoba Melakukan Hal-Hal Baru
Ketika ingin mencoba hal-hal baru, pertanda Anda keluar dari zona nyaman

Pada dasarnya manusia memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Adanya rasa keingintahuan tersebut dapat membuat individu untuk mencoba melakukan berbagai hal, karena itu adalah salah satu proses belajar. Mencoba hal baru saring disebut keluar dari zona nyaman. Ketika seseorang tidak pernah mengambil keputusan serta bertindak, dia tidak akan mengetahui kemampuan dan kapasitas diri, serta tidak akan ada hal yang berubah dalam dirinya. Dalam artian dia stuck pada posisi tersebut. Oleh karena itu, sangat perlu mencoba melakukan hal-hal baru. Mencoba melakukan hal-hal baru menjadi salah satu cara meningkatkan kreativitas diri.

  • Cara Berpikir
Agar dapat meningkatkan kretivitas diri belajar mengubah pola pikir Anda
Agar dapat meningkatkan kretivitas diri belajar mengubah pola pikir anda

Cara pendang yang subjektif akan menghambat kreativitas yang Anda miliki. Agar mampu menciptakan sesuatu yang inovatif para Anda harus menilai dari semua sudut pandang. Persektif Anda sendiri tidak mampu untuk meciptakan sesuatu yang baru karena pendapat yang subjektif  muncul dari orang-orang yang tidak mampu menerima pendapat orang lain dan berpikir sempit.

  • Peka Terhadap Lingkungan
Kreativitas diri dapat ditentukan berdasarkan lingkungan Anda
Kreativitas diri dapat ditentukan berdasarkan lingkungan anda

Anda dapat belajar dari situasi dan keadaan lingkungan disekitar. Lingkungan Anda berada menjadi salah tempat untuk memulai belajar karena banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi. Anda akan belajar mengamati dan menganalisis bagaimana orang berinteraksi, orang melakukan pekerjaannya, serta kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki masyarakat setempat dapat memunculkan ide-ide baru.

  • Rajin Mencari Informasi
Orang-orang dengan kreativitas diri yang tinggi selalu mencari informasi
Orang-orang dengan kreativitas diri yang tinggi selalu mencari informasi

Mencari informasi bukanlah hanya melalui buku saja.  Pada era digital seperti sekarang untuk memperoleh informasi bukanlah hal sulit untuk dilakukan. Banyak sumber-sumber informasi yang dapat akses melalui jaringan internet. Para pembaca dapat mengakses dengan mudah situs-situs website artikel, berita, jurnal dan ditambah adanya media sosial yang bergerak dengan cepat untuk berbagi informasi. Hal tersebut merupakan metode belajar pada masa sekarang

  • Banyak bertanya
Salah satu ciri orang kreatif adalah sering bertanya dan berpikir kritis
Salah satu ciri orang kreatif adalah sering bertanya dan berpikir kritis

Tidak mau dan adanya ketakutan untuk bertanya membuat Anda tidak dapat menemukan informasi. Orang yang biasa sering bertanya berarti memiliki rasa ingin mengetahui yang lebih dan ini dapat melatih diri dalam melakukan analisis. Kreativitas diri muncul pikirannya yang luas serta keingintahuan yang tinggi. Akan percuma memiliki keingintahuan, tetapi tidak mau untuk bertanya.

  • Refreshing
Kreativitas diri dapat dapat diciptakan dari hobi Anda
Kreativitas diri dapat dapat diciptakan dari hobi Anda

Anda dapat melakukan refreshing dengan berbagai cara, seperti main game, jalan-jalan, makan, menonton film atau pilihan lainnya yang sesuai dengan selera Anda. Melepas penat dan beban pikiran mampu untuk merefresh kembali otak Anda. Melakukan hal-hal yang disukai adalah cara untuk menemukan ide, menenangkan diri dan mengembalikan pikiran positif. Contoh ketika jalan-jalan tidak jarang seseorang dapat menemukan ide baru.

Baca juga: New 2021 Upgrade Skill: Manajemen Waktu

Manfaat Kreativitas Diri

  • Meningkatkan kualitas diri

Kreativitas yang ada pada diri seseorang dapat dinilai berdasarkan bagaimana pikiran, tindakan, ucapan serta karakteristiknya. Oleh karena itu kualitas diri atau mutu seseorang dapat dinilai dari apa yang ada pada diri orang tersebut, baik berupa pikiran, tindakan atau ucapan. 

  • Memudahkan Mencapai Cita-Cita

Kreativitas akan selalu dibutuhkan dalam  kegiatan-kegiatan yang dilakukan, seperti menjalankan bisnis, mempersiapkan karir, pendidikan dsb. Untuk mencapai goals individu harus mampu bersaing dengan pesaing lain dan juga dirinya sendiri. Jika seseorang dapat memanfaatkan kemampuannya dalam kreativitas dia dapat mewujudkan dan mempertahan cita-citanya.

  • Mampu berinovasi

Inovasi yang telah dilakukan akan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang-orang yang mampu berinovasi sangat diperlukan dalam membangun organisasi, perusahaan, bisnis, serta menghadapi sebuah perubahan. Mereka memiliki pikiran kreatif dalam menyiapkan strategi-strategi yang dibutuhkan.

  • Meningkatkan Motivasi

Kreativitas mampu membangun motivasi seseorang untuk selalu berusaha, tidak menyia-nyiakan waktu, tidak mudah putus asa. Orang-orang tersebut selalu memanfaatkan peluang yang ada agar dirinya dapat berinovasi.

  • Mendapatkan Apresiasi 

Apresiasi menjadi bonus yang diperoleh dari apa yang telah dilakukan atau dengan kata lain apresiasi adalah sebuah penghargaan diri. Tidak sedikit orang-orang yang tidak menghargai usaha dan pencapain orang lain. Namun, dengan memanfaatkan kreativitas diri dalam menciptakan inovasi itu adalah bukti bahwa Anda bisa. Mendapatkan penghargaan juga mampu memberikan kepercayaan diri dan  meningkatkan motivasi diri.

Baca juga: 5 Keterampilan Guru di Era Digital: Upgrade Skill

Comment (1)

  1. […] Juga: Easy 6 Tips Meningkatkan Kreativitas Diri dan […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping