Blog

Kurang Percaya Diri ? Beware ! Inilah 5 Penyebab Utamanya

Baru (1)
Pengembangan diri Video & Tips

Kurang Percaya Diri ? Beware ! Inilah 5 Penyebab Utamanya

Seringkali kita merasa kurang percaya diri dalam berbagai macam situasi, hal ini tentu sangat menganggu sekali khususnya dalam bersosialisasi dalam lingkup perkerjaan. Dalam dunia kerja, kita dituntut harus bisa aktif dan kritis. Namun semua itu harus dibekali dengan kemampuan percaya diri. Namun bagi sebagian orang, sangat sulit untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum kita mengatasi itu, alangkah baiknya kita pahami dan ketahui dulu penyebab dari masalah itu.

1. Trauma Membuat Kurang Percaya Diri

Kurang Percaya Diri ? Beware ! Inilah 5 Penyebab Utamanya

Salah satu penyebab paling umum adalah trauma, banyak diantara kita yang kurang percaya diri pernah menjadi korban pelecehan, korban bullying, kekerasan, dsb. Terutama pada usia dini, biasanya anak – anak cenderung lebih sering mengalami hal – kal negatif tersebut. Anak – anak memang gemar bermain dan bercanda, namun kadang kala hal bercandaan hal tersebut bisa berdampak panjang pada psikis seseorang.

Terlebih pada kasus pelecehan seksual, korban akan mengalami trauma terhadap orang baru yang ia lihat. Selain mempengaruhi percaya diri, trauma juga dapat menyebabkan rasa depresi dan kecemasan berlebih. Jika Anda kerap dihantui masa lalu akibat pelecehan yang pernah Anda alami, yang terbaik adalah mencari bantuan psikolog atau psikiater.

Baca Juga : Easy ! Merasa Introvert ? Ikuti 5 Cara Ini Jika Kalian Ingin Mengatasinya!

2. Berfikiran Negatif

Kurang Percaya Diri ? Beware ! Inilah 5 Penyebab Utamanya

Berfikiran negatif akan membuatmu semakin terpuruk, merasa buruk, dan tidak berharga. Hal ini tentu akan membuat kamu semakin kurang percaya diri. Apalagi saat bertemu dengan seseorang baru yang introvert, kamu mungkin akan sangat sulit berinteraksi dengannya. Buanglah jauh – jauh sifat kamu ini, jangan sampai kamu bawa pada dunia perkerjaan. Tentu akan sangat berpengaruh pada dunia perkerjaaan, ciptakanlah suasana positif agar pikiran kamu selalu fresh dan positif. Dilansir dari brilio.net, Biasanya orang yang nggak percaya diri pikirannya selalu buruk. Ia sudah merasa kalah sebelum mencoba dan merasa sudah pasti tidak akan bisa. Mulai sekarang buang semua pikiran negatif kamu.

3. Teman Yang Negatif

Kurang Percaya Diri ? Beware ! Inilah 5 Penyebab Utamanya
Bully (Sumber : jovee.id)

Memiliki lingkungan yang tidak baik, seperti teman yang sombong, suka ngeledek, jail, mengejek, dsb akan memungkinkan mempengaruhi kepercayaan diri kamu apalagi kamu tipe orang yang sensitif. Kamu harus menghindari pergaulan seperti ini, jangan sampai mereka semakin menindas dan mengejek kamu terus – terusan. Mungkin maksud mereka sebagai candaan, tetapi dihati kecil mungkin akan berkata tidak dan kamu secara tidak langsung kamu membenarkan perkataan mereka.

Baca Juga : Best ! Inilah 5 Game Android Untuk Mengasah Otak Kanan dan Kiri Kamu !

4. Keluarga Yang Tidak Harmonis

Kurang Percaya Diri ? Beware ! Inilah 5 Penyebab Utamanya
Toxic Family (Sumber : Gramedia.com)

Tumbuh dikeluarga yang tidak harmonis sangat berpengaruh sekali terhadap tumbuh kembang kamu. Apalagi keluarga yang tidak harmonis sudah ada sedari kamu kecil. Secara langsung mereka akan mepertontonkan hal buruk yang mempengaruhi kamu. Misalnya kedua orang tua kamu sering bertengkar dengan kamu sebagai pelampiasannya selain itu, kamu juga mendapatkan perilaku buruk terhadap mereka. Kamu sering dimarahi, sering dihukum, dan sering dibandingkan. Kamu akan merasakan rasa bersalah seumur hidup, putus asa, merasa tidak diinginkan, dsb. Dilingkungan lain kamu akan selalu kurang percaya diri.

5. Selalu Mempercayai Perkataan Orang

Kurang Percaya Diri ? Beware ! Inilah 5 Penyebab Utamanya

Terkadang teman dan keluarga kita sering berbicara soal sifat/pribadi kita, entah positif dan negatif. Untuk perkataan negatif, kamu harus bisa menerima (evaluasi) dan bisa juga kamu menganggap perkataan itu tidak benar, apalgi dari mereka yang selalu tidak percaya dengan kamu dan selalu berkata buruk kepada kamu. Kamu jangan langsung percaya, renungkanlah dan katakan pada diri kamu sendiri “Aku bisa lebih baik dari kamu”.

Dilasir dari akupintar.id, Why do they know about you better than you do? Apakah orang lain menyertaimu selama 24 jam 7 hari? Tentu tidak. Jadi apapun yang Sobat dengar tentang diri sendiri dari orang lain, jangan lekas-lekas mempercayainya. Apa yang mereka katakan belum tentu berupa fakta. Boleh jadi, mereka hanya mengutarakan pendapatnya.

Itulah beberapa faktor yang sering mempengaruhi sifat kurang percaya diri kamu, lingkungan adalah satu – satunya faktor yang paling berpengaruh. Jika kamu ingin mengubah sifat jelek ini, kamu harus kenali dahulu faktor – faktor diatas. Lalu mulailah mengevaluasi diri kamu secara perlahan dan janganlah terlalu buru – buru untuk memperbaiki itu semua. Ohya satu lagi, jangan selalu mendengarkan perkataan buruk dan memasukkan kedalam hati, hindarilah lingkungan toxic agar membantu kamu menghilangkan rasa kurang percaya diri.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping