Blog

5 Interesting Reason Mentor Bisnis sangat diperlukan dalam membangun Bisnis

mentor bisnis
Business

5 Interesting Reason Mentor Bisnis sangat diperlukan dalam membangun Bisnis

Dilansir dari accurate.id seorang mentor bisnis adalah seorang profesional yang berpengetahuan luas yang bersedia membagikan apa yang telah mereka pelajari. Mentor adalah individu yang bertindak sebagai penasihat atau pelatih untuk mentee yang kurang berpengalaman atau mahir, memberikan keahlian dan pengetahuan profesional dari perspektif yang lebih berpengalaman.

Inti dari hubungan, seorang mentor tersedia untuk mentee mereka untuk menawarkan saran, memberikan dukungan dan menjawab pertanyaan. Mentor melindungi kepentingan mentee mereka. Mentees sering belajar dari hubungan ini, dan mentor sering mendapat manfaat dari bertindak sebagai penasihat terpercaya.

Memiliki mentor dapat membantu kalian dari berbagai cara, termasuk :

  • Mereka bisa memotivasi dan menginspirasi. Kebanyakan mentor sukses di bidangnya. Memiliki panutan dapat menginspirasi kalian untuk mendorong diri sendiri dan menyelesaikan tujuan yang lebih memuaskan.
  • Mereka dapat menawarkan umpan balik yang membangun. Pengalaman seorang mentor berarti mereka dapat menilai kemampuan kalian dan membantu kalian fokus di mana kalian harus tumbuh.
  • Mereka dapat mengajari kalian untuk menavigasi situasi yang menantang dengan percaya diri. Mentor seringkali memiliki pengalaman dalam mengatasi berbagai kendala. Ketika kalian menghadapi tantangan umum, seorang mentor dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kalian harus merespons.

Dalam konteks berbisnis untuk mengembangkan bisnis kalian lebih jauh lagi kalian harus mempunyai mentor bisnis. Setiap pengusaha pemula tentu membutuhkan bantuan dari orang yang lebih berpengalaman untuk membimbing mereka.

Nah pada kesempatan kali ini Eny Kusrini akan memberi tahu kalian 5 alasan kenapa kalian butuh mentor bisnis untuk membangun bisnis kalian lebih jauh lagi. berikut 5 alasan mengapa memiliki mentor itu penting bagi seorang pebisnis pemula.

5 Alasan Mentor Bisnis diperlukan

seorang mentor bisnis akan membrikan kalian ilmu mereka

1. Mendapat Pembelajaran Nyata

Pengalaman merupakan aset yang sangat berharga dan penting dalam kesuksesan bisnis. Tidak semua pengetahuan yang didapat dari pengalaman ini bisa diperoleh dari buku. Seorang mentor bisa berbagi pengetahuan, pengalaman, kesalahan, dan saran mengenai cara membangun bisnis yang kuat.

Dan pastinya hal tersebut akan berbenefit terhadap bisnis kalian, kalian dapat mengetahui apa yang kurang dalam bisnis kalian, cara penjualan, mencari target, mencari pasar. Hal hal tersebut akan diketahui jika kalian memiliki mentor bisnis untuk membimbing kalian.

2. Kemungkinan Sukses yang lebih Besar

seorang mentor bisnis akan memberikan kalian kesuksesan

Hasil riset dan survei menunjukkan bahwa mentor memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan. Riset Sage menunjukkan 93 persen pendiri startup mengakui bahwa mentor berpengaruh terhadap kesuksesan.

Peluang kalian untuk sukses dalam berbisnis juga bisa didorong dengan adanya arahan dari mentor yang tepat. Seperti yang kita ketahui mentor bisnis bukan hanya mempunyai ilmu dalam berbisnis tetapi juga mempunyai sebuah koneksi, nasihat, dan arahan yang dapat membuat bisnis kalian lebih sukses lagi kedepannya dan dapat menjadi batu loncatan kalian menuju keberhasilan.

3. Memperluas Jaringan

Investor biasanya lebih mempercayai startup yang direkomendasikan oleh teman mereka. Ditambah lagi, mentor yang sukses memiliki jaringan yang luas yang dapat membantu karier kalian. Ini merupakan salah satu kesempatan berharga yang tidak kalian dapatkan jika tidak memiliki mentor. Maka dari itu suatu keuntungan besar jika kalian mempunyai mentor bisnis dalam bisnis kalian.

4. Dukungan Tambahan

Riset membuktikan, mentor yang berkualitas memiliki dampak positif yang kuat bagi pengusaha muda. Dengan adanya seseorang yang memberi arahan sekaligus tempat berbagi tantangan yang yang dihadapi, mentor bisa meyakinkan kalian dengan pengalaman mereka di kala rasa ragu datang.

Banyak pengusaha muda yang merasa depresi saat tidak bisa mencapai target dan ekspektasi mereka. Seorang mentor yang sudah banyak mencicip asam garam dunia bisnis dapat memberikan nasihat serta menenangkan kalian.

5. Mampu membuat kalian Bertahan

nasihat dan saran serta monitoring dari mentor bisnis akan membuat kalian bertahan dalam bisnis

Berdasarkan data SBA, 30 persen bisnis baru tidak akan bertahan pada 24 bulan pertamanya dan 50 persen tidak berhasil menginjak tahun kelimanya. Namun, 70 persen bisnis yang memiliki mentor bertahan lebih dari 5 tahun.

Hal berikut dikarenakan seorang mentor bisnis tidak hanya mempunyai ilmu untuk bisnis kalian tetapi juga nasihat dan saran. Dan itu yang dapat membuat bisnis kalian bertahan. Seorang mentor bisnis juga tidak hanya memberi saran dan nasihat mereka juga memonitor sekaligus bagaimana bisnis kalian berkembang apakah ada kekurangan atau kesalahan yang terbuat.

Maka dari itu sangat penting bagi kalian pembisnis muda untuk memiliki mentor bisnis untuk bisnis kalian.

Berikut merupakan 5 alasan kalian membutuhkan mentor bisnis untuk membangun bisnis kalian. Dengan mempunyai mentor dapat membantu kalian lebih jauh lagi dalam bisnis dan mendapatkan ilmu dalam dunia berbisnis yang up to date. Seorang mentor yang berpikir kritis dan memiliki pengalaman mumpuni untuk membantu kalian dalam mengambil keputusan dan membuat strategi pada bisnis, termasuk strategi keuangan.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping