Blog

5 Recommend Aplikasi Game Edukasi untuk Penyemangat Belajar Dirumah

game edukasi
Edukasi

5 Recommend Aplikasi Game Edukasi untuk Penyemangat Belajar Dirumah

Game edukasi adalah permainan yang didesain untuk belajar, tapi tetap bisa menawarkan bermain dan bersenang senang. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak secara menyeluruh. Adanya perkembangan yang pesat tersebut memberikan kemudahan bagi kita semua. Perkembangan teknologi dewasa ini memberi pengaruh dan kontribusi besar terhadap dunia pendidikan dan bahkan lebih mempengaruhi tatanan kehidupan manusia.

Dengan adanya Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. Sebagai seorang pendidik, harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah yaitu dengan pembelajaran daring.

Maka dari itu dengan perubahannya teknologi dan dengan ditiadakannya pembelajaran tatap muka terbatas, pemerintah harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Meskipun siswa berada di rumah saja. Bukan berarti mereka bisa malas malasan dalam soal belajar. Lalu bagaimana solusinya?

Solusi yang tepat adalah melalui pengembangan media pembelajaran berupa multimedia interaktif bermuatan game edukasi yang berisi materi pembelajaran. Pemanfaatan multimedia interaktif dirasa sangat tepat untuk dapat mengoptimalkan proses maupun hasil belajar siswa.

Game edukasi dapat diartikan sebagai metode pembelajaran dengan menggunakan game (permainan) yang bertujuan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi menarik, bahkan bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Game edukasi bukan hanya menyenangkan namun juga bisa melatih kekompakan, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Suasana yang tadinya membosankan, mengantuk dan capek bisa hilang dengan sebuah permainan. Ada berbagai jenis game edukasi yang sering digunakan dalam KBM saat ini mulai dari yang konvensional (tanpa menggunakan gadget) dan berbasis video game baik menggunakan perangkat desktop maupun mobile.

Penggunaan media secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar. Media yang digunakan bukan hanya satu, tetapi lebih dari satu media atau multimedia (teks, grafik, gambar, audio, visual) yang bisa disajikan dalam waktu yang bersamaan.

Nah, kali ini Eny Kusrini akan memberi tahu kalian beberapa aplikasi game edukasi untuk kalian belajar dirumah, Yuk simak kelanjutannya

Aplikasi Game Edukasi

1. Kahoot!

Dilansir dari Wikipedia kahoot! adalah sebuah platform pembelajaran berbasis online, digunakan sebagai teknologi Pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Ini adalah permainan pembelajaran, “Kahoots”, adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot.

game edukasi
A Picture Of Kahoot!
Source : gadgetren.com

Kahoot! adalah game edukasi dengan mode kuis, Biasanya saat kalian pertama kali membuka kahoot! kalian langsung bisa membuat kuis versi kalian sendiri dengan cara registrasi terlebih dahulu. Dalam proses pembuatan kuis kalian dapat menambahkan soal, alternatif jawaban, menentukan jawaban yang benar, dan pengaturan hal yang lainnya.

Dan lebih kerennya lagi, setiap kuis yang kalian buat akan langsung otomatis tersimpan di dalam kahoot!. Setelah kalian sudah membuat kuis, kalian sudah dapat memainkannya di dalam kelas. Kahoot! menggunakan teknologi unique PIN, dimana kuis yang akan kalian mainkan diidentifikasikan dengan PIN. Sebelum teman teman kalian siap memainkannya, kalian harus memberi tahu PIN game kalian, Jika sudah baru bisa dimainkan bisa secara individu atau kelompok.

2. Quizizz

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat memiliki hingga lima pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar.

game edukasi
A Picture Of Quizizz
Source : evasimkesyan.com

Game edukasi ini juga dapat membuat kalian belajar. Didalam quizizz banyak sekali kategori kategori kuis yang ada seperti seni, teknologi, sejarah, ekonomi, dan lain hal sebagainya. Sangat berguna bagi kalian untuk belajar apalagi kalo kalian sedang iseng iseng atau gabut sangat direkomendasikan sekali kalian mencoba quizizz.

3. Wordwall

Nah game edukasi yang ketiga adalah wordwall. Apa sih Wordwall? Wordwall adalah alat melek huruf yang terdiri dari kata kata yang teroganisir (biasanya dalam huruf abjad) yang ditampilkan daalam huruf besar yang terlihat di dinding, papan bulletin, atau permukaan tampilan lainnya diruang kelas. Wordwall dirancang untuk menjadi alat interaktif bagi siswa atau orang lain unbtuk digunakan dan berisi berbagai kata yang dapat digunakan selama menulis atau membaca.

game edukasi
A Picture Of Wordwall
Source : etateach.com

Meskipun biasanya terkait dengan intruksi membaca atau menulis, kata tembok menjadi biasa diruang kelas untuk semua bidang pembelajaran karena kemampuan mereka untuk menumbuhkan kesadaran fonemik.

4. Quizlet

Sesuai dengan namanya, game edukasi satu ini hampir sama dengan kahoot! Bermodalkan mode kuis didalamnya, pengembang quizlet ini berharap kepada seluruh siswa yang ada di dunia ini dapat menikmati kenyamanan belajar melalui game.

game edukasi
A Picture Of Quizlet
Source : quizlet.com

Aplikasi ini bermanfaat untuk pelajaran apa saja termasuk kosakata, fisika, kimia, GRE, bahasa inggris dan masih banyak sekali pembelajaran yang dapat kalian temui. Belajar bahasa asing lebih efektif dengan metode belajar yang memungkinkan kalian untuk menghafal kosakata, belajar pengucapan dan mengetes diri kalian dalam lebih dari 18 bahasa, termasuk bahasa inggris, prancis, spanyol, jerman, dan cina.

5. Oodlu

Game edukasi yang kelima adalah Oodlu. Oodlu adalah alat untuk membuat dan memainkan game mandiri secara digital. Kalian dapat mengakses aplikasinya langsung melalui webnya dan juga tersedia untuk Android dan IOS. Dengan lebih dari 2 juta banyaknya pertanyaan yang telah dibuat kalian dapat memainkannya langsung. Di aplikasi ini kalian juga bisa dapat membuat game kalian sendiri.

game edukasi
A Picture Of Oodlu
Source : new.edmodo.com

Oodlu benar benar sangat menarik untuk kalian coba, karena begitu kalian mencobanya dan memainkannya, kalian dapat memilih tema sesuka kalian untuk permainan yang akan muncul diantara beberapa pertanyaan.

Nah, itu dia 5 aplikasi game edukasi versi Eny Kusrini. Dengan memanfaatkan game edukasi yang sesuai dengan perkembangan siswa dalam pembelajaran dapat memberikan dampak dan nilai positif yang membuat siswa termotivasi, kegiatan belajar siswa menjadi lebih bermakna.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping