Blog

Free 5 Aplikasi Kuis Belajar Online.

jeshoots-com-5EKw8Z7CgE4-unsplash
Uncategorized

Free 5 Aplikasi Kuis Belajar Online.

Aplikasi kuis memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam membantu proses belajar online. Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global membuat semua aktivitas-aktivitas masyarakat di dunia menjadi terbatas. Tempat-tempat umum seperti mall, restoran, dan toko-toko ditutup. Tidak hanya itu, kantor mau pun sekolah banyak yang telah ditutup.  Banyak aktivitas masyarakat yang dilakukan dari rumah via online, mulai dari sekolah, bekerja, sampai berjualan. Sekarang Indonesia masih mengharuskan para siswa dan siswi serta mahasiswa untuk melakukan belajar daring karena pandemi Covid-19 masih berlangsung. Belajar dari rumah atau yang biasa disebut dengan belajar online atau kelas daring sudah berjalan selama satu setengah tahun.

Aktivitas belajar mengajar yang dilakukan via online ini banyak mendapat keluhan dari siswa dan siswi serta para orangtua, bahkan para guru juga mengalami kesulitan. Keluhan yang biasanya disampaikan oleh para siswa dan siswi adalah kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru dan cara mengajar guru yang monoton, sehingga para siswa mudah merasa jenuh dan bosan. Keluhan-keluhan ini berdampak pada hasil pembelajaran yang kurang memuaskan serta tidak mencapai standar.

Menciptakan gaya belajar mengajar yang menarik dan kreatif sangat diperlukan saat kelas daring. Kemampuan para guru dalam berkreativitas dengan memanfaatkan teknologi sangat diperlukan dalam kemajuan proses belajar mengajar. Tujuannya yaitu agar siswa dan siswi menarik perhatian untuk belajar serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar memiliki pengaruh sangat penting dalam keberhasilan proses pembelajaran.

Banyak dari siswa dan siswi yang paham akan perkembangan teknologi, seperti situs aplikasi game online, apk belanja online, apk transportasi, serta media pembelajaran. Ada berbagai software yang bisa guru manfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan melalui laptop, tablet, dan juga handphone. Para guru dapat menciptakan kuis interaktif atau game edukasi menarik untuk siswa dan siswinya. Yuk, Simak beberapa software kuis menarik berikut.

Kahoot! adalah aplikasi kuis online yang dapat digunakan sebagai media belajar online untuk pelajar. Kahoot! bisa diakses melalui website kahoot.com atau dengan mengunduh di playstore dan appstore. Guru dapat membuat berbagai pertanyaan dan pilihan jawaban yang akan diberikan kepada para siswa sesuai dengan pelajaran yang telah disampaikan. Kuis baru dapat dimainkan harus dibuka dengan PIN unik terlebih dahulu.

Aplikasi Kuis Belajar Online

1. Kahoot!

Aplikasi Kuis Interaktif (sumber: redaksi.pens.ac.id
Aplikasi Kuis Interaktif (sumber: redaksi.pens.ac.id

Kahoot! adalah aplikasi kuis online yang dapat digunakan sebagai media belajar online untuk pelajar. Aplikasi Kahoot! bisa diakses melalui website kahoot.com atau dengan mengunduh di playstore dan appstore. Guru dapat membuat berbagai pertanyaan dan pilihan jawaban yang akan diberikan kepada para siswa sesuai dengan pelajaran yang telah disampaikan. Kuis baru dapat dimainkan harus dibuka dengan PIN unik terlebih dahulu.

Kelebihan dari Kahoot! yaitu guru dapat melihat jumlah dan nama siswa yang mengikuti games, guru dan para siswa juga dapat melihat nilai yang diperoleh dari kuis yang dikerjakan, karena nilai kuis siswa akan tersimpan secara otomatis. Tidak hanya itu, guru juga dapat menyimpan nilai yang diperoleh para siswa. Ini memberikan kemudahan kepada para guru dalam proses penilaian

Kahoot! menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru.

2. Quizziz

Aplikasi kuis interaktif (sumber: quizizz.com)
Aplikasi kuis interaktif (sumber: quizizz.com)

Quizziz bisa langsung diakses melalui website www.quizziz.com dan juga dapat diakses dengan mendownload melalui playstore dan appstore. Quizziz dipakai untuk membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan digunakan sebagai kuis atau game edukasi. Juga telah menyiapkan soal-soal yang sudah diunggah oleh para pengguna lainnya. Kuis yang dipadukan dengan game membuat siswa merasa belajar lebih menyenangkan.

Para guru dapat memanfaatkan quizziz membuat kuis untuk tugas harian, ulangan, atau kuis sederhana untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Sama seperti Kahoot! quizziz juga menyimpan nilai yang didapat oleh para siswa secara otomatis dan guru dapat mengunduhnya.

3. Wordwall

Aplikasi kuis berbasis web (sumber: wordwall.net)
Aplikasi kuis berbasis web (sumber: wordwall.net)

Wordwall ini juga menjadi pilihan yang dapat digunakan oleh guru. Wordwall adalah aplikasi yang berbasis website. Wordwall telah menyiapkan berbagai jenis game, seperti mencocokan, mencari kata, mengelompokan, dll.

Kelebihan dari wordwall yaitu memiliki 18 template permainan yang dapat digunakan. Selain itu, permainan tersebut bisa didownload dan dicetak menggunakan kertas. Sehingga dapat dimainkan secara offline. Hal tersebut memberi kemudahan para siswa jika dilakukan saat kelas offline dan sekolah menetapkan aturan untuk tidak membawa handphone kesekolah.

4. Make It

Aplikasi kuis belajar online dengn banyak pilihan (sumber: m.brilio.net)
Aplikasi kuis belajar online dengn banyak pilihan (sumber: m.brilio.net)

Pilihan aplikasi berikutnya yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Make It menyediakan berbagai jenis permainan yang dapat dipilih, seperti kuis, puzle, tebak gambar, pilih benar salah dan sebagainya. Make It menyediakan pilihan fitur-fitur menarik dan bermanfaat, salah satunya adalah fitur suara. Sehingga guru tidak perlu lagi untuk membacakan materi pelajaran atau soal-soal.

Aplikasi ini tidak dapat diakses melalui website, tetapi harus di unduh melalui playstore dan appstore. Siswa dan siswi harus log in dengan email masing-masing agar bisa bergabung untuk bermain games yang dibuat oleh guru. Inilah yang menjadi kelemahan Make It.

5. Quizlet

Quizlet alat pembelajaran dengan metode flashcard (sumber: quizlet.com)

Rekomendasi kelima adalah Quizlet, yang bisa diakses melalui website www.quizlet.com dan juga bisa di download melalui playstore dan appstore. Untuk mengakses Quizlet bisa memilih menjadi guru atau siswa. Kemudahan yang diberikan adalah guru atau siswa bisa menggunakan kuis atau permainan yang telah diunggah oleh pemain lainnya.

Pilihan-pilihan kuis yang menjadi media pembelajaran dari berbagai materi pelajaran, seperti bahasa Inggris, kimia, belajar, kosakata dan sebagainya. Selain media Quizlet juga menyediakan 18 bahasa yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing.

Baca juga : Super Fun! Ini Dia 5 Game Kuis Online di Handphone yang Bisa Menambah Wawasan Kamu! Must Try!

Itulah rekomendasi aplikasi kuis gratis yang membantu Anda dalam proses belajar mengajar. Belajar asyik siswa senang guru pun bangga.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Comment (1)

  1. […] Baca juga: Free 5 Aplikasi Kuis Belajar Online. […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping