Blog

5 Cara Belajar Gitar Secara Otodidak Untuk Pemula, Best Way!

Belajar Gitar
Video & Tips

5 Cara Belajar Gitar Secara Otodidak Untuk Pemula, Best Way!

Belajar gitar ternyata tidak sesulit seperti apa yang kalian fikirkan loh. Ikuti caranya dan langkah-langkahnya dibawah ini.

Gitar merupakan alat instrument musik yang paling terkenal di dunia. Dapat dibilang gitar merupakan instrument alat musik yang dapat dipelajari banyak orang sebelum mereka mempelajari alat musik lainnya.

Dikarenakan dengan harganya yang murah dan terjangkau, tidak seperti alat musik lainnya yang cenderung mahal untuk seorang pemula.

Bagi pecinta musik pastinya sudah paham dengan gitar tidak hanya dapat menghasilkan berbagai genre musik saja atau sebagai alat untuk menghibur, tetapi juga memberikan kesan yang keren bagi pemainnya.

Melihat hal itu, tak heran banyak orang berlomba-lomba ingin belajar gitar.

Bagi kamu pemula dan ingin mempelajari alat musik gitar. kamu tidak perlu khawatir, beberapa cara bermain gitar berikut ini dapat kamu ikuti dengan mudah.

Cara Mudah Belajar Gitar Untuk Pemula

1. Pelajari Kunci Dasar Gitar

Source : Unsplash.com

Sebelum kamu mempelajari gitar, yang kamu harus lakukan adalah pelajari kunci dasarnya terlebih dahulu.

Gitar memiliki 6 senar, dimulai dari bagian bawah sampai bagian atas, masing-masing senar memiliki ketebalan yang berbeda dan pastinya bunyi yang berbeda juga. Suara senar gitar juga tergantung dengan jenis gitarnya, yaitu classic, akustik, dan elektrik.

Kunci dasar dalam gitar terdiri dari A, B, C, D, E, F, dan G. Berikut adalah kunci dasar gitar beserta gambarnya.

Source : Merdeka.com

Berikut merupakan kunci dasar yang kamu harus ketahui :

  • Senar 1 Bernada E’
  • Senar 2 Bernada B
  • Senar 3 Bernada G
  • Senar 4 Bernada D
  • Senar 5 Bernada A
  • Senar 6 Bernada E

2. Pastikan Posisi Untuk Bermain Gitar Nyaman

Souurce : Unsplash.com

Setelah mempelajari kunci dasar, kalian juga perlu mengetahui bagaimana cara memegang dan bermain gitar dengan posisi yang benar. Hal ini sangat berpengaruh dalam mempelajari gitar. Hal pertama yang dilakukan sebagai pemula adalah memangku gitar dan dekatkan badan gitar ke dada dan perut.

Pastikan posisi memegang gitar dengan nyaman, agar dapat memudahkan kalian dalam belajar gitar. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk menentukan posisi nyaman :

  • Duduklah dikursi dengan nyaman. Tegakkan bahu dan punggung.
  • dekatkan gitar dekat dengan perut dan dada kalian, lalu pegang leher gitar dengan tangan kiri atau tangan kanan jika kalian kidal, ibu jari berada dibelakang leher gitar dan empat jari berada di depan leher gitar.
  • Tahan badan gitar dengan paha. Kemudian kalian praktekan dengan menekan senar menggunakan kunci dasar.

3. Pelajari Cara Tuning Gitar

Source : Unsplash.com

Ketika kalian sudah memahami posisi mana bagi kalian yang nyaman. tahap selanjutnya adalah tuning gitar atau menyetel senar gitar. Ini sangat penting dalam memainkan gitar, karena jika tidak menyetel gitar, suara gitar tidak akan terdengar merdu. Maka dari itu belajar tuning gitar perlu kalian lakukan agar suara gitar terdengar merdu.

Dalam menyetel gitar yang kalian harus pahami adalah senar gitar tersebut. Seperti tahap pertama senar terbagi menjadi 6 dan memiliki nada mereka sendiri, dari bagian atas hingga bawah urutannya adalah E, A, D, G, B ,E’.

Cara menyetelnya adalah dengan mengatur tuner (putaran di kepala gitar) sesuai dengan yang kalian inginkan seperti jika kalian ingin nadanya tinggi kalian kencangkan senar gitar, jika kalian ingin nada rendah putar tunernya sampai mengendur dengan tepat. Tapi ingat dalam tuning senar gitar setiap senar harus sama bunyinya seperti urutannya dari atas ke bawah, yaitu E, A, D, G, B, E’.

4. Belajar Gitar Dengan Memetik

Belajar Gitar
Source : Unsplash.com

Belajar memetik gitar perlu kalian pelajari, karena dengan mempelajari ini dapat membuat kalian bermain gitar lebih merdu lagi. Pada tahap ini kalian perlu menggunakan 5 jari kalian.

Pertama yang kalian harus lakukan adalah letakan ibu jari kalian pada senar 6 senar bass yaitu bagian paling atas bisa juga di senar 5 atau 4, lalu letakan telunjuk kalian di senar 3, jari tengah senar 2, dan jari manis senar 1.

Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dalam memetiknya seperti contoh chord A kalian hanya perlu memetik senar A-D-G-B-E bagian bawah. Itu untuk chord A sedangkan chord lain seperti B atau C akan berbeda cara pemetikannya.

5. Belajar Gitar Secara Rutin

Source : Unsplash.com

Setelah kalian mengenal dan belajar gitar dengan baik. Tahap selanjutnya adalah dengan berlatih secara rutin. Cara ini bisa dibilang cukup penting karena jika ingin lebih baik lagi kita harus berlatih harus diasah terus-menerus agar kemampuan kalian dalam bermain gitar akan semakin baik dan semakin berkembang. “Because Practice Make Perfect”.


Berikut adalah cara belajar gitar untuk pemula, jika kalian sudah paham dengan gitar dan ingin melanjutkan ke level selanjutnya kalian bisa mengikuti course Teori Musik di EnyKusrini.com. Disini kalian dapat memahami bagaimana cara membuat lagu, mempelajari chord progression, mempelajari Rhythm, Scales, Cadences, dan hal-hal lainnya dengan Gratis.

Comments (3)

  1. […] juga: 5 Cara Belajar Gitar Secara Otodidak Untuk Pemula, Best […]

  2. […] Baca Juga : 5 Cara Belajar Gitar Secara Otodidak Untuk Pemula, Best Way! […]

  3. […] Baca juga : 5 Cara Belajar Gitar Secara Otodidak Untuk Pemula, Best Way! […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping