Blog

Easy ! Ikuti 6 Cara Ini Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah Di Rumah Saat Pandemi

photo-1625851623647-0dcf2911b563 (1)
Kesehatan

Easy ! Ikuti 6 Cara Ini Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah Di Rumah Saat Pandemi

6 Cara mudah menurunkan berat badan
Yoga

Berat badan adalah problematika umum saat pandemi covid – 19 seperti ini, banyak orang yang mengeluhkan masalah ini karena kurangnya aktivitas dan olahraga diluar rumah. Selain itu berat badan juga dipengaruhi oleh faktor asupan makanan yang mengandung kalori. Hal ini dikarenakan kalori yang tidak terpakai akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Banyak diantara kita menginginkan berat badan ideal secara cepat, tanpa memikirkan resiko apa yang akan diterimanya. Seperti mengkonsumsi obat – obatan bahkan sampai diet berlebihan. Dilansir dari health.kompas.com, Beberapa risiko yang mungkin dihadapi karena penurunan berat badan secara drastis meliputi peningkatan batu empedu, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, sakit kepala, lelah, dan terganggunya siklus haid.

Maka dari itu kita mesti memperhatikan kembali kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa cara mudah dan aman, untuk menurutkan berat badan secara ideal.

1. Mengurangi Makanan Berkarbohidrat

Junk Food

Mengganti pola makanan menjadi lebih sehat adalah cara sederhana yang bisa kita lakukan, selain menghemat budget kita juga akan mendapat pola gizi yang seimbang. Kurangilah pola makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, kentang, makanan berminyak, junk food, dsb. Dengan mengkonsumsi makanan pengganti nasi yaitu jagung, roti, atau biji – bijian. Selain itu konsumsi juga buah – buahan sebagai penutup makan.

2. Menghindari Makan Malam

Dinner

Terkadang kita sering menyepelekan hal ini, ternyata makan malam diatas jam 20.00 akan berdampak buruk pada tubuh kita. Dilansir dari upbatam.ac.id Menurut penelitian yang diterbitkan di Penn Medicine (2017), makan tengah malam potensial meningkatkan berat badan, kadar gula darah, dan kolesterol. Ketiganya bisa jadi pemicu penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Selain itu juga ternyata makan malam bisa mempengaruhi produktivitas pada tubuh, kita akan sering merasa lelah fisik dan mental. Ketika kita selesai makan malam, tubuh masih dalam proses pencernaan sehingga energi yang harusnya kita bisa simpan untuk aktivitas esok hari terpakai. Hal inilah yang sering kita keluhkan mengapa waktu tidur cukup tetapi masih sering merasakan lelah.

Baca Juga : Super Amazing! 5 Jenis Olahraga yang Perlu Bimbingan Instruktur

3. Puasa

Ifthar

Selain menurunkan berat badan, tentu sebagai seorang muslim kita akan mendapatkan pahala apabila menjalankan ibadah puasa. Dilansir dari hellosehat.com sejumlah studi medis melaporkan bahwa puasa dapat mengendalikan tekanan darah hingga kadar kolesterol. Tidak heran bila menahan hawa nafsu ini disinyalir bisa menurunkan berat badan dengan sehat.

Selain berat badan, puasa juga memiliki manfaat seperti mendetoks tubuh, mengurangi resisten insulin, mengurangi resiko obesitas, membakar lemak sebagai energi, dan meregenerasi sel kekebalan tubuh. Nah apalagi pada saat bulan ramadhan, kamu bisa memanfaatkan ini untuk menurunkan berat badan dan bila ramadan telah usai anda bisa menerapkan puasa senin – kamis. Selain manfaat diatas tentunya kamu sebagai muslim akan mendapatkan pahala dan teruntuk non muslim mungkin kamu bisa mencoba cara ini.

4. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Fruits and Vegetables

Yuk mulailah kita mengganti makanan berlemak menjadi berserat, makanan berserat banyak sekali loh manfaatnya. Selain untuk kesehatan tubuh, makanan serat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kenapa ? pada saat proses penceraan berlangsung, tubuh yang dipenuhi makanan berserat akan menghabiskan lebih banyak kalori untuk mencerna makanan berserat tinggi daripada karbohidrat olahan. Anda bisa mengkonsumsi makanan berserat, seperti sayuran, buah – buahan, kacang – kacangan, dan gandum utuh.

5. Minum Teh Hijau

Green Tea

Banyak yang tidak menyadari, meminum teh hijau rupanya dapat menurunkan berat badan. Mengapa demikian ? Kafein dan katekin dalam kandungan teh hijau telah terbukti meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Dalam penelitian The Journal of the American College of Nutrition dan European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat membantu membakar 75-100 kalori per hari.

6. Olahraga

Running

Dan yang terakhir jangan lupakan untuk olahraga, tubuh sehat dan berat badan yang ideal akan didapatkan jika anda menyempurnakan dengan cara ini. Olahraga yang teratur akan menurukan berat tubuh anda secara cepat, selain itu anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang idel. Berolahragalah sampai anda berkeringat, karena itu terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Cobalah varian berbagai macam olahraga seperti berlari, renam, basket/sepak bola, pemanasan tubuh, dsb. Lalu anda juga bisa menambahkan jenis olahraga seperti fitness dan yoga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Biasanya saat pandemi covid -19 berlangsung, orang cenderung menghabiskan waktu dalam rumah/ruangan. Nah olahraga yoga dan fitness adalah solusi yang cocok untuk menghindar dari bahaya virus covid – 19. Selain itu anda juga bisa bergabung dengan salah satu platform kursus untuk menurunkan berat badan dengan metode online yang simple dirumah. Kamu bisa bergabung di situs Eny Kusrini dalam kursus olahraga fitness atau yoga.

Nah itulah cara mudah buat kamu yang merasa insecure terhadap berat badan. Untuk hasil yang maksimal tentu kamu harus memperhatikan ke enam cara diatas, tentunya perlu konsisten dan dedikasi yang tinggi untuk hasil yang maksimal.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping