Blog

Manfaat Belajar Seni untuk kalian : 5 Advantage

manfaat belajar
Edukasi

Manfaat Belajar Seni untuk kalian : 5 Advantage

Seni budaya merupakan suatu keahlian untuk mengekspresikan ide-ide atau gagasan estetika dalam bentuk karya yang dapat mengungkapkan perasaan manusia. Ide-ide atau gagasan estetika tersebut memiliki kebudayaan sesuai dengan perkembangan zamannya.

Melalui seni budaya, kalian diajak mengembangkan jiwa kreatifitas, kepekaan kalian serta mampu berkreasi seni dalam lingkungan dan kondisi yang terarah, sebagai bekal kalian pada saat berperan langsung sebagai pelaku kehidupan bermasyarakat.

Sebenarnya manfaat belajar seni budaya tidak hanya menjadikan hidup lebih indah, tetapi banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. Dengan menguasai seni budaya kalian dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk serta mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual, ekspresi, kepekaan rasa dan keterampilan guna menerapkan teknologi dalam berkreasi dan memamerkan hasil karya seninya.

Maka dari itu pentingnya belajar seni untuk kalian karena kalian bisa mendapatkan, menanamkan rasa cinta untuk berkesenian dalam diri kalian, kalian dapat mengetahui budaya yang ada di sekitar kalian. Maka dari itu tidak dapat dipungkiri seni selalu ada disekitar kita. Karena itu, ada baiknya Kalian menggunakan seni untuk perkembangan kecerdasan kalian. Berikut ini sejumlah manfaat bila kalian belajar seni :

Manfaat Belajar Seni

1. Kebutuhan Emosional

manfaat belajar
Ilustrasi Emosional

Manfaat belajar seni yang pertama adalah memenuhi kebutuhan emosional. Mempelajari seni dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penciptanya dan juga penikmatnya. Menjadi lebih apresiasif dan melatih diri untuk merasakan emosional merupakan manfaat yang dapat dirasakan dari belajar seni. Sebagai contohnya seseorang yang sedang sedih dapat menghibur dirinya dengan melihat keindahan lukisan.

Berbagai cara lain dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan emosional ini. Emosi tidak hanya terbatas pada kegembiraan saja tapi meliputi emosi lainnya seperti kesedihan, kegelisahan, kemarahan, ketakutan, dan lain-lain. Selain untuk mendapatkan emosi, belajar seni juga dapat memberikan kekuatan untuk mengekspresikan emosi tersebut. Mencapai kepuasan tersendiri bisa didapatkan dengan mengekspresikan emosi yang dirasakan menjadi sebuah seni seperti lukisan, musik, seni rupa, dan lain-lain.

2. Kebutuhan Fisik

manfaat belajar
Kebutuhan Fisik dalam Seni

Manfaat belajar seni selain dapat memenuhi kebutuhan emosional, juga dapat memenuhi kebutuhan fisik. Kedua hal tersebut saling berhubungan antara emosional dan fisik, hasil yang diberikan emosi dapat mempengaruhi fisik seseorang. Menurut sejarah, musik dipercaya sebagai salah satu metode penyembuhan dari sejak dahulu kala. Musik terbukti dapat mempengaruhi saraf sensorik dan motorik yang dimiliki manusia.

Contoh manfaat lain dari kebutuhan fisik adalah sebagai alat-alat yang digunakan setiap hari. Mempelajari seni rupa dapat membuat seseorang berkarya untuk menghasil kan alat alat yang diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari. Beberapa contoh adalah sebagai desain busana dan aksesoris yang memberikan kenyamanan dan nilai guna tersendiri. Manfaat belajar seni untuk kebutuhan fisik juga bisa didapatkan dalam seni tari. Tarian yang dibuat dengan berbagai gerakan membuat tubuh menjadi lebih aktif dan sehat.

3. Media Hiburan

manfaat belajar
Menonton Konser Musik Merupakan Manfaat sebagai Hiburan

Manfaat belajar seni yang ketiga adalah dalam belajar seni dapat memberikan manfaat sebagai hiburan atau rekreasi. Seni yang dibuat dengan indah dapat memberikan daya tarik tersendiri untuk menghibur banyak orang. Setiap jenis seni dapat memberikan hiburan dengan cara tersendiri.

Salah satu contohnya adalah ketika pergi ke museum seni rupa. Museum mempunyai beberapa karya seni rupa yang dipajang dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi. Ketika pengunjung memasuki museum, maka pengunjung tersebut akan mengalami perubahan emosi sesuai dengan karya yang mereka lihat.

Lagu juga menjadi salah satu cara untuk menghibur banyak orang. Beberapa lagu bersifat ceria dapat menghibur pendengar yang merasa sedih. Lagu yang bersifat dinamis pun juga dapat membantu semangat seseorang bertambah.

4. Media Komunikasi

manfaat belajar
Menulis Lagu sebagai Komunikasi
Source : musicindustryhowto.com

Manfaat belajar seni yang keempat adalah menggunakan seni tersebut menjadi media komunikasi. Pepatah bahasa Inggris ada yang menyebutkan “A Picture is Worth a Thousand Words”, yang dimana artinya sebuah gambar dapat mencerminkan seribu kata. Contohnya adalah sebuah gambar yang mengisahkan mengenai perbedaan antara orang kaya dan orang miskin lalu orang berkulit putih dan berkulit hitam.

Seni juga dapat menyampaikan isi hati sebagai komunikasi. Biasanya jenis seni yang digunakan untuk kasus ini adalah dengan menggunakan seni musik. Lagu yang bertemakan cinta sangat populer di Indonesia, tidak sedikit yang liriknya merupakan komunikasi tersirat dengan tujuan tertentu.

Karya tersebut kemudian dapat dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia melalui media sosial dimana pelukis atau musisi tersebut membagikan karyanya. Banyak orang yang memiliki kesamaan visi kemudian berkomunikasi melewati karya mereka dan saling memberi apresiasi.

5. Media Pendidikan

manfaat belajar
Komik menjadi Pendidikan
Source : keepo.me

Hal terakhir yang menjadi manfaat belajar seni adalah untuk kepentingan pendidikan dalam kehidupan sosial. Seni dapat dijadikan media untuk pembelajaran dengan cara memberikan petunjuk atau informasi yang dibutuhkan sebagai bantuan. Pendidikan ini tidak terbatas hanya untuk profesional, tapi juga bahkan menjangkau kalangan umum.

Salah satu contohnya adalah lagu-lagu yang dijadikan alat pembelajaran untuk anak kecil. Lagu tersebut membahas bagaimana cara untuk mengeja alphabet, menghitung, berbicara, dan lainnya. Contoh lagu lainnya adalah lagu untuk mempelajari perkalian, pertambahan, pengurangan, pembagian dalam pelajaran matematika. Lagu sangat membantu untuk pembelajaran karena otak kita lebih respon terhadap musik daripada membaca dengan biasa.

Contoh lainnya adalah menggunakan ilustrasi sebagai media pembelajaran. Tidak jarang jaman sekarang ini media menggunakan ilustrasi sebagai petunjuk informasi. Beberapa komik di Indonesia ada yang mengajari mengenai agama dan kehidupan.

Berikut merupakan manfaat belajar seni untuk kalian, seni sangat dianjurkan sekali bagi kalian untuk dikuasai karena dengan adanya seni kalian dapat mengembangkan sikap kalian terhadap seni apalagi seni yang ada di Indonesia yang sangat begitu banyaknya dan pastinya menghormati kesenian yang ada di Indonesia.

Comment (1)

  1. […] Baca juga: Manfaat Belajar Seni untuk kalian : 5 Advantage […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping