Blog

Mengantuk ? Easy ! Ini 7 Solusi Buat Kamu Yang Terlalu Sering Mengantuk Saat Belajar

photo-1562426772-f7b1d159764b (1)
Video & Tips Uncategorized

Mengantuk ? Easy ! Ini 7 Solusi Buat Kamu Yang Terlalu Sering Mengantuk Saat Belajar

Mengantuk
Menguap

Mengantuk adalah salah satu permasalahan paling utama saat kita sedang ingin melakukan aktivitas seperti bekerja atau belajar. Rasa kantuk yang datang itu bisa disebabkan oleh beberapa, seperti kurang tidur, kurang olahraga, bahkan asupan gizi. Dalam kondisi seperti memang akan sulit diatasi, karena akan berakibat kurangnya konsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi.

Berikut 5 solusi terbaik buat anda yang sering mengantuk saat proses pembelajaran dimulai :

1. Minum Kopi dapat Mengilangkan Rasa Mengantuk

Secangkir Kopi

Minum kopi disinyalirkan dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Penyebab utama kenapa kopi dapat meredakan rasa mengantuk adalah karena mengandung kafein. Meski kopi bisa membuat rasa kantuk hilang, namun efeknya tidak bertahan lama. Menurut penelitian dari Academy of Sleep Medicine, kopi hanya bisa menghilangkan rasa kantuk selama 5 jam. Walaupun kopi mampu menghilangkan rasa kantuk sementara, tidak dianjurkan untuk sering – sering meminumnya. Untuk orang dewasa, kopi dianjurkan meminum sebanyak 4 gelas cangkir atau 400 mg kafein.

2. Hidupkan Suasana Ruangan

Ruangan yang Nyaman

Pada langkah ini sebisa mungkin anda hindarkan dari ruangan yang sunyi dan gelap. Misalnya saat ada belajar diruangan atau dikamar jangan sampai ruangan anda gelap atau penerangannya kurang, lalu anda juga bisa belajar ditemani dengan lagu yang santai agar fokusmu tidak terpecah seperti “Lofi Hiphop“.

3. Peregangan Kecil pada Tubuh

Relaksasi Tubuh

Salah satu pemicu rasa kantuk adalah kurang gerak atau olahraga. Pada situasi ini, anda merelaksasikan sejenak pikiran anda lalu mulai lakukan gerakan kecil pada tubuh anda. Seperti menggelengkan kepala anda pelan – pelan, putar – putar lengan anda kebelakang, gerakan pinggul anda, dan terakhir anda bisa luruskan atau bentangkan kaki anda sejenak. Ingat gerakan ini lakukanlah dengan santai, jangan sampai anda berkeringat yang memungkinkan anda kelelahan dan rasa kantuk makin menjadi – jadi. Lakukan gerakan tersebut selama 5-10 menit.

4. Mencuci Muka dan Menggosok Gigi

Mencuci Muka

Pada solusi sederhana ini anda akan merasakan sensi yang segar setelah melakukannya, Pada saat mencuci muka dianjurkan untuk menggunakan air dingin, karena suhu dinginnya yang memberikan sensasi menyegarkan. Kemudian dianjurkan menggosok gigi setelah melakukan cuci muka, kenapa ? karena pada saat anda menggosok gigi, saraf gigi yang menyambung akan bereaksi keotak dan mata, sehingga anda akan merasakan segar kembali.

Baca Juga : Mager Belajar? 15 Inspiring Quote Pendidikan yang dapat Membuatmu Semangat Kembali

5. Memakan Permen atau Cokelat

Saat anda mengunyah permen atau cokelat, ini akan merangsan otot Рotot pada rahang kemudian anda lakukan terus menerus tanpa sadar otak anda akan jauh lebih berkonsentrasi dan membuat rasa kantuk yang membandel akan menghilang. Kemudian permen dan cokelat biasanya memiliki rasa manis, sehingga akan menambah mood kalian dalam belajar. Apabila kalian ingin melakukan hal yang lebih lagi untuk menghilangkan rasa kantuk, anda bisa mencoba permen dengan rasa asam, Dilansir dari guesehat.com makanan asam efektif membuat mata tetap terjaga. Pada permen rasa lemon, jeruk, dan mangga muda bisa membangkitkan semangat anda saat mulai kehilangan fokus. Kandungan vitamin C yang tinggi dimanfaatkan untuk menyuplai energi bagi tubuh loh !

6. Jangan Sampai Kekenyangan !

Makan Berlebihan

Makan kekenyangan tidak hanya berdampak buruk pada berat tubuh anda, tetapi juga anda akan merasakan badan yang lemas dan rasa kantuk yang membandel. Dilansir dari Kompas.com dalam kamus populer, sensasi ngantuk setelah makan disebut dengan istilah food coma. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut postprandial somnolen. Respon tubuh ini sangat wajar dan terjadi pada hampir setiap manusia. Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk berhenti makan sebelum kenyang, sebab akan dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai kerugian, seperti mubazir dan dapat menimbulkan rasa malas.

7. Jangan Bersandar

Bersandar

Lalu tips yang terakhir, hindarkan bersandar ditembok atau dimeja saat anda memulai belajar. Perbaiki posisi duduk anda jangan sampai anda terlena dengan kursi empuk atau nyaman yang dapat membuat anda bersandar atau tiduran. Anda juga harus tegak dan fokuskan mata anda pada buku atau media pembelajaran lainnya. Posisi yang tegak ini akan membuat anda semakin berkosentrasi dan meningkatkan produktivitas otak dalam proses pembelajaran berlangsung.

Langkah atau tips diatas wajib dilakukan bila anda ingin terhindar dan mengatasi rasa kantuk yang membandel. Selain cara diatas, tentu ada harus mengatur waktu yang baik, hindarkan begadang atau sebisa mungkin anda tidur siang supaya anda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Lalu perhatikan juga kondisi tubuh anda saat belajar, bila anda habis melakukan kegiatan berat sebaiknya anda beristirahat dahulu. Jika anda paksakan rasa kantuk akan sulit diatasi dan konsentrasi akan pudar, walaupun anda sudah menerapkan cara diatas.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping