Blog

Mentoring, 5 Most Important Tips yang Perlu Dikuasai Sebelum Menjadi Mentor

mentoring
Video & Tips

Mentoring, 5 Most Important Tips yang Perlu Dikuasai Sebelum Menjadi Mentor

Mentoring atau Mentor atau Instruktur merupakan pembimbing ataupun pendamping yang berperan sebagai suri tauladan, penasehat, supporting, motivator dan sejenisnya. Instruktur juga bertujuan memberikan alternatif solusi ataupun jalan keluar permasalahan kepada peserta atau yang sedang dimentoringnya.

Sehingga masalah yang dihadapi dapat teratasi dan peserta yang sedang dibimbing tersebut akhirnya mampu mencapai tingkat kemandirian.

Pengalaman yang dimiliki merupakan aset berharga yang harus dimiliki oleh seorang instruktur. Itu artinya, kalian tidak akan bisa mengajarkan seseorang tentang hal tertentu, jika kalian sendiri tidak mengetahui cara melakukannya.

Untuk itulah seorang instruktur harus senantiasa belajar dan meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang yang ditekuni. Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau menghadiri pelatihan dan pendidikan non-formal.

Lalu, yang jadi pertanyaannya adalah, bisakah bagi yang belum pernah sama sekali berpengalaman jadi instruktur tapi ada keinginan untuk terjun menjadi instruktur? Jawabannya adalah sangat bisa, asalkan kalian mau belajar dan membekali diri dengan berbagai hal yang harus dikuasai oleh seorang instruktur.

Kalau untuk menjadi trainer, career consultant, maupun coach membutuhkan sertifikasi, maupun pendidikan khusus. Maka hal ini akan berbeda dengan menjadi mentor. Kenapa begitu? Ya, seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk menjadi seorang mentor seseorang tidak harus mengenyam pendidikan, maupun sertifikasi khusus.

Jadi, wajar aja kalau hingga saat ini nggak ada aturan baku yang mengatur kapan seseorang dikatakan layak menjadi seorang instruktur bagi orang lain. Tapi bukan berarti kalian bisa mengajukan diri sebagai instruktur hanya untuk terlihat pintar saja.

Karena nyatanya menjadi seorang instruktur tidak mudah, kalian harus siap secara pengalaman, pengetahuan, dan siap akan mental agar bisa menjadi instruktur yang baik, dan berkualitas dengan memberikan manfaat bagi orang orang disekitar kita.

Nah pada kesempatan kali ini Eny Kusrini akan memberitahu kalian apa saja tips yang perlu dikuasai sebelum kalian menjadi mentor. Simak kelanjutannya dibawah.

Tips Sebelum Melakukan Mentoring

1. Menentukan apa yang ingin kalian terapkan.

seorang mentor berkualitas akan menentukan apa yang ingin diterapkan

Mentor senantiasa berbagi, mengajarkan dan menawarkan nasihat, sekaligus juga selalu memandu dan memberikan semangat. Di sinilah yang harus ditentukan oleh kalian, apa yang sekiranya bisa bermanfaat secara efektif dan efisien untuk diterapkan, dibagikan, diajarkan dan ditawarkan.

Serta mampu membantu memberi panduan langkah kepada mereka yang sedang dimentoring sesuai materi yang diberikan. Seperti misal, membantu mendorong mereka untuk menemukan ke mana arah dan tujuan mereka ingin melangkah, dan apa yang sekiranya perlu mereka lakukan serta apa yang menjadi rambu rambunya yang sekiranya perlu jadi perhatian.

2. Menentukan apa yang bisa menjadi inspirasi dari pengalaman kalian.

Kalian tentu punya pengalaman hidup baik itu pengalaman pahit maupun pengalaman manis, pengalaman pernah gagal dan pengalaman pernah berhasil. Kalian yang pernah memperoleh pencapaian tingkat keberhasilan tentu akan mengetahui bahwa jalannya pencapaian tersebut perlu proses, bahwa ada perjuangan, dan ada daya upaya.

Termasuk juga ketika kalian pernah memperoleh kegagalan ataupun keterpurukan, tentu pernah ada pengalaman kalian untuk bangkit dari kegagalan ataupun keterpurukan tersebut. Nah, di sinilah yang bisa menjadi inspirasi bagi mereka, karena salah satu sumber daya berharga yang bisa ditawarkan seorang mentor adalah inspirasi yang mampu memotivasi.

3. Mempersiapkan Contoh Persoalan.

seorang mentor berkualitas akan membuat sebuah contoh persoalan

Terkadang sangat mudah untuk menasihati dan memompa mereka dengan motivasi dan inspirasi. Tetapi belum tentu bisa menemukan titik temu untuk dapat men-delivery mereka kepada arah tujuan yang ingin dicapai oleh kalian.

Oleh karenanya, kalian juga perlu mempersiapkan contoh persoalan yang aktual sesuai dengan apa yang kalian sampaikan, lalu memberikan tantangan kepada mereka untuk menyelesaikannya.

Yang jangan sampai terlupa juga adalah, membedah contoh persoalan tersebut sebagai langkah solutif dan sebagai patokan ataupun bekal bagi mereka, ketika kedepannya harus berjibaku dengan tantangan yang sesungguhnya di lapangan.

Memang, tantangan nyata di lapangan itu bersifat dinamis, namun setidaknya, kalian sudah memberikan gambaran bagaimana harus menghadapi tantangan tantangan yang ada di lapangan.

4. Mendengarkan keluh kesah, Kesulitan dan Pengalaman Peserta.

Yang tak boleh ketinggalan adalah berempati dengan perduli mendengar ataupun menampung keluh kesah, kesulitan dan pengalaman mereka. Di sini juga bukan berarti kalian harus memberikan pemahaman ataupun alternatif solusi pada saat itu juga, tapi kalian bisa menampungnya terlebih dahulu sebagai saran dan masukan.

Yang perlu kalian lakukan kemudian adalah, kalian dapat membuka ruang konsultasi khusus kepada mereka, melalui hubungan kontak pribadi misalnya, melalui hubungan email misalnya dan sejenisnya.

5. Membekali diri dengan teknik cara memberi instruksi (CMI).

seorang mentor berkualitas membekali dirinya dengan sebuah teknik CMI

Teknik cara memberi instruksi di sini adalah meliputi bagaimana mentor harus memiliki bekal teknik komunikasi, baik itu verbal maupun non verbal.

Termasuk bagaimana tata cara menyampaikan dan mendelegasikan instruksi, cara bicara, pembawaan ataupun penampilan diri dan kemampuan mem-bridging kepada peserta.

Berikut merupakan 5 tips yang harus kalian kuasai sebelum kalian menjadi mentor. Menjadi mentor itu tidak mudah jika kalian mengikuti tips yang ada diatas hal tersebut akan membantu kalian untuk menjadi sebuah mentor yang berkualitas.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping