Blog

Amazing 5 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

paul-green-gOHfFgwyDNM-unsplash (3)
Kesehatan

Amazing 5 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

Kesehatan merupakan aspek penting yang harus dijaga, karena kesehatan memiliki pengaruh terhadap aktivitas-aktivitas penting yang dijalani manusia. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan melakukan olahraga. Olahraga adalah serangkaian gerak yang dilakukan secara teratur dan terencana yang bertujuan untuk memelihara tubuh. Manfaat olahraga bisa diperuntukan untuk kesehatan fisik maupun mental. Kesehatan fisik dan mental saling berhubungan.

Tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik jika keadaan fisik maupun mental tidak dalam kondisi yang sehat. Olahraga memiliki sifat yang praktis, tidak membutuhkan biaya yang mahal, tetapi berisiko yang artinya Anda harus memiliki kewaspadaan dan hati-hati saat melakukannya. Hal  tersebut akan menjaga Anda dari yang namanya cedera. Manfaat olahraga dapat diperoleh dari sifat praktis tersebut karena olahrgada dapat dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan waktu yang banyak.

Harus Anda ketahui bahwa manfaat olahraga juga dimuat dalam undang-undang lho. UU No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan bahwa olahraga kesehatan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan. Semua olahraga memberikan berbagai macam manfaat bagi Anda.

Para pembaca yang ingin menjaga kesehatan fisik dan mental secara bersamaan dapat melakukanaktivitas-aktivitas fisik yang Anda sukai. Manfaat olahraga tidak hanya untuk jangka pendek saja, tetapi juga bermanfaat untuk jangka panjang.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Anda

Berikut beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh:

1.       Menurunkan tekanan darah tinggi

Aktivitas-aktivitas fisik berpengaruh terhadap pelebaran pembuluh darah, berkurangnya lemak, serta meningkatkan efisiensi jantung atau kemampuan kerja jantung menjadi lebih baik. Terjadinya pelebaran pembuluh darah dan relaksasi dapat menurunkan tekanan darah eprints.undip.ac.id. Jika olahraga dilakukan secara rutin dengan waktu yang teratur akan memberikan hasil yang baik.

2.       Mencegah penyakit jantung

Meningkatnya efisiensi jantung atau kemampuan kerja jantung akibat olahraga dan pola makan yang sehat dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. Aktivitas fisik yang teratur mencegah penimbunan lemak serta adanya pembakaran kalori. Sedangkan kurangnya aktivitas fisik serta memiliki aktivitas fisik yang tidak teratur dapat menghambat peredaran darah dan tubuh kekurangan oksigen.

3.       Meningkatkan daya tahan tubuh

Olahraga yang dilakukan secara teratur juga dapat meningkatkan hormon-hormon dalam tubuh. Hormon-hormon tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit juga mudah beradaotasi jika terjadi pergantian musim.

4.       Meningkatkan fungsi otak

Dikutip dari kemsos.go.id menurut Profesor Pendidikan Olahraga Arizona State University Daniel Landers, salah satu manfaat olahraga adalah meningkatkan fungsi otak. Berolahraga yang teratur mampu membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Tidak hanya itu, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak. Hal tersebutlah yang dapat meningkatkan fungsi otak.

 5. Mengurangi Stres

Seperti yang diketahui olahraga juga memberikan dampak terhadap psikologis manusia salah satunya adalah mengurangi stres. Saat melakukan olahraga Anda secara tidak langsung juga menenangkan pikiran dan perasaan. Manfaat olahraga atau menjaga kebugaran jasmani juga mampu mengurangi depresi, stres, dan meningkatkan percaya diri pada saat melakukan aktivitas sehari-hari (Prasetyo, 2013)

Tubuh juga akan memproduksi hormon endorfin yang mampu mencegah stres dan rasa sakit.

Di Masa pandemi seperti saat ini dan kebanyakan aktivitas dilakukan di rumah membuat para membaca malas. Rasa malas tersebut berdampak pada kelalain untuk menjaga kebugaran tubuh Anda. Menjaga kebugaran tubuh juga hal yang tidak kalah penting karena itu berpengaruh terhadap hormon maupun imun tubuh. Aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur juga menjadi salah satu penerapan pola hidup sehat.

Aktivitas olahraga-olahraga yang ringan biasanya dilakukan secara mandiri, tidak membutuhkan instruktur atau pelatih kecuali Anda membutuhkannya. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat dilakukan secara massal atau bersama-sama. Anda dapat malakukannya dengan tetangga atau rekan kerja.

Baca juga : Wow Amazing 7 Pengaruh Musik Terhadap Psikologis Manusia

Comment (1)

  1. […] Baca juga: Amazing 5 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping