Blog

Super Amazing! 5 Manfaat Menjalani Pola Hidup Sehat Untuk Memelihara Kesehatan Mental

pexels-prasanth-inturi-1051838
Edukasi Kesehatan

Super Amazing! 5 Manfaat Menjalani Pola Hidup Sehat Untuk Memelihara Kesehatan Mental

Pola hidup sehat untuk mejaga kesehatan mental
Pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan mental
Picture by Prasanth from Pexels

Pola hidup sehat merupakan salah satu lifestyle yang mulai digandrumi oleh masyarakat sekarang. Pola hidup ini menuntut untuk setiap dari kita yang menjalankannya melakukan aktivitas-aktivitas yang membuat tubuh kita sehat dan bugar. Hal ini tentu sangat baik untuk dilakukan, sebab seperti yang kita ketahui bahwa pola hidup seperti ini adalah investasi paling berharga untuk kita di masa depan.

Gaya hidup sehat ternyata tidak hanya sekadar untuk membuat tubuh sehat secara fisik saja, tetapi juga sehat secara mental. Kesehatan fisik dan mental seseorang merupakan dua hal yang berkaitan. Melansir dari laman Merdeka.com, bahwa ditemukan adanya hubungan antara kesehatan secara fisik dan mental. Orang yang memiliki keluhan secara medis kerap kali diikuti dengan adanya masalah secara psikis, bahkan hingga gangguan pada mental.

Mental yang sehat biasanya dapat terlihat melalui kondisi fisiknya yang prima. Seseorang dengan kondisi mental yang sehat dan stabil biasanya terbebas dari rasa cemas yang berlebihan. Selain itu, seseorang dengan mental yang sehat cenderung lebih bahagia serta dapat menebar dan meancarkan aura atau energi positif yang ada dalam dirinya melalui perilaku dan sikap yang ditunjukan kepada orang-orang disekitarnya.

Setelah mengetahui bahwa kesehatan mental berkaitan dengan kondisi fisik kita, maka dari itu penting bagi kita untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat yang dapat membuat fisik dan mental kita berada pada kondisi prima. Hal ini sangat penting mengingat sehat adalah sesuatu yang sangat mahal dan investasi jangka panjang bagi tubuh kita.

Lantas, hal apa saja yang dilakukan untuk memulai pola hidup sehat? Menurut Alodokter, terdapat delapan langkah yang harus dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat ini. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mulai menjalani gaya hidup sehat:

Langkah-langkah untuk memulai pola hidup sehat

Memahami kondisi kesehatan

Memahami kondisi kesehatan dapat ilakuka dengan mengetahui riwayat penyakit apa saja yang pernah kita derita, seperti kesehatan, alergi atau penyakit kronis lainnya. Agar lebih mudah dan aman dalam mengetahui kondisi kesehatan kita, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Selain untuk mengetahui kondisi kesehatan, hal ini berguna agar kita dapat mengantisipasi dan mendeteksi kemungkinan adanya penyakit yang diderita.

Melakukan aktivitas fisik

Beberapa dari kita kerap kali menghabiskan waktu dengan mengerjakan pekerjaan dengan duduk di depan meja selama seharian penuh yang membuat tubuh menjadi kurang gerak. Aktivitas fisik dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan yang dapat membuat fisik kita terasa bugar dan sehat. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan cara berolahraga secara rutin, atau minimal 30 dalam sehari atau 150 menit dalam seminggu.

Baca juga: Super Easy! 6 Gerakan Workout Mudah Bagi Pemula untuk Menyehatkan Badan dengan cara Olahraga di Rumah!

Selain dapat membuat tubuh terasa sehat, kegiatan ini dapat membakar kalori berlebih dalam tubuh. Aktivitas fisik dapat dilakukan dengan cara berjalan santai, jogging atau melakukan home workout yang dapat dilakukan di rumah. Agar mendapat hasil yang maksimal, aktivitas fisik harus dilakukan secara rutin.

Mengatur asupan dan pola makan

Beberapa orang yang memutuskan untuk menjalani gaya hidup sehat biasanya didasari dengan adanya masalah dalam berat badan. Hal tersebut dapat dipicu dengan pola makan dan asupan makanan yang tidak sehat. Maka dari itu, penting untuk kita dalam mencatat asupan apa saja yang kita konsumsi sehari-hari. Hal tersebut juga berlaku untuk porsi yang biasa kita makan. Jika dirasa berlebihan, maka sudah saatnya untuk mulai belajar mengurangi porsi makan yang berlebih.

Konsumsilah asupan-asupan makanan yang memiliki gizi dan manfaat yang baik untuk tubuh, seperti memperbanyak sayuran, buah-buahan, serat, protein, dan karbohidrat yang cukup. Untuk mempermudah, ada baiknya jika dilakukan dengan program diet atau program defisit kalori secara berkala.

Mengontrol kehidupan sosial

Mengontrol kehidupan sosial dapat dilakukan dengan cara memerhatikan hubungan kita dengan orang-orang sekitar kita, seperti pasangan, keluarga, sahabat, teman, atau bahkan lingkungan kerja. Walaupun tidak memberi dampak pada kesehatan secara fisik secara langsung, akan tetapi interaksi yang terjalin antara kita dengan orang-orang sekitar kita dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan mental kita.

Kelola stres

Aktivitas sehari-hari yang dilakukan kerap kali membawa masalah yang memicu tumbuhnya stres dalam pikiran kita. Hal tersebut dapat memberi dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Dengan memulai gaya hidup sehat, kita harus belajar untuk mulai lebih tenang dalam menyikapi permasalah yang ada. Untuk meredakan stres, kita bisa mulai mengalihkannya melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, seperti melakukan hobi atau olahraga ringan di luar rumah.

Mengatur pola tidur

Mengelola jam tidur dan istirahat merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Jam tidur yang baik serta istirahat yang cukup akan berdampak positif bagi kesehatan mental dan fisik kita. Belajarlah untuk tidur dan bangun lebih awal dari biasanya. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam secara rutin dengan kualitas tidur yang baik.

Langkah-langkah yang telah dijabarkan di atas merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memulai menjalani gaya hidup sehat. Setelah memulai, kita juga harus membiasakan diri untuk selalu melakukan kegiatan-kegiatan di atas secara rutin. Sebab menjalani gaya hidup bukanlah hanya untuk mengikuti tren dalam waktu yang singkat, akan tetapi harus dilakukan dalam jangka yang panjang.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa lifestye ini tidak hanya memberi manfaat bagi fisik semata, akan tetapi memberi manfaat juga bagi kesehatan mental kita. berikut adalah manfaat yang akan kita dapatkan dari menjalani gaya hidup sehat bagi kondisi mental kita.

Manfaat pola hidup sehat bagi kesehatan mental

Membuat hidup lebih teratur

Pola hidup sehat dapat membuat hidup lebih stabil
Picture by Ariana from Pexels

Saat mulai terbiasa menjalani aktivitas yang dilakukan saat memulai gaya hidup sehat, secara otomatis kita akan menjadi pribadi yang sistematis dalam menjalani setiap kegiatan dalam hidup. Ketika sudah terbiasa menjalani hidup dengan teratur, kita dapat fokus pada hal-hal sedang dikerjakan. Dengan begitu, kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik dengan mengisinya melalui hal-hal positif dan tidak memberi ruang pada hal-hal negatif yang yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan mental kita.

Memberi energi positif

Pola hidup sehat dapat memberi moodbooster terbaik!
Picture by Andrea from Pexels

Mengisi hari dengan melakukan aktivitas positif dapat memberi kepuasan tersendiri bagi diri. Salah satunya adalah dengan bangun lebih pagi dan memulai hari dengan berolahraga. Seperti yang kita tahu, berolahraga tidak hanya menyehatkan badan, tetapi juga dapat memelihara kesehatan mental kita. Saat berolahraga, tubuh kita akan melepaskan endorfin dan juga meningkatkan kadar dopamin dan serotonin. Hormon-hormon tersebut dapat menjadi energi positif dan menjadi moodboster untuk kita dalam menjalani hari.

Menjaga mental tetap stabil

Pola hidup sehat dapat memelihara mental kita tetap stabil
Picture by Julia from Pexels

Menjalani pola hidup sehat secara tidak langsung meningkatkan kualitas hidup yang sedang dijalani. Saat kita mulai terbiasa menjalani dan melakukan aktivitas-aktivitas gaya hidup sehat secara rutin, maka secara otomatis kita berusaha menjaga kesehatan fisik dan mental kita dalam kondisi yang prima dan stabil. Itulah mengapa, kita harus rutin melakukan aktivitas yang dapat menunjang gaya hidup sehat yang sedang dijalani.

Mengurangi tekanan dalam pikiran

Menjalani aktivitas positif dalam pola hidup sehat dapat mengurangi tekanan dalam pikiran
Picture by Andrea from Pexels

Banyaknya kegiatan positif yang dilakukan akan membuat tubuh dan pikiran kita lebih banyak menerima energi positif. Selain berolahraga dan melakukan aktivitas positif lainnya, mengatur pola dan asupan makanan yang kita makan sehari-hari juga dapat meredakan stres dan tekanan dalam pikiran kita. Melansir dari Hallosehat.com, ada beberapa pola makana yang bisa membantu kita dalam meredakan stres seperti, memperbanyak asupan yang mengandung serat dan sumber karbohidrat kompleks, rajin mengkonsumi asupan vitamin dan mineral, mengurangi asupan lemak, dan memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

Membuat kita lebih menikmati waktu hidup

Menjalani pola hidup sehat dapat membuat kita menikmati hidup lebih baik
Picture by Helena from Pexels

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa pola hidup sehat adalah investasi jangka panjang. Jika kita melakukannya dengan baik dan konsisten, maka bukan tidak mungkin jika suatu saat kita akan mendapatkan hasilnya. Hal-hal baik yang ditanamkan selama menjalani proses gaya hidup sehat ini secara otomatis membuat kita berada pada kondisi yang baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengancam. Maka dari itu, buah dari pola hidup sehat adalah kondisi kesehatan tubuh dan mental yang seimbang dan prima.

Itulah beberapa manfaat dan langkah-langkah untuk menjalani gaya hidup sehat. Mulailah dari hal-hal kecil yang dapat memberi dampak positif dan membuat diri kita lebih baik. Karena orang yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebaikan diri kita adalah kita sendiri.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping