Blog

Super Amazing! Copywriting sebagai Strategi Bisnis? Why Not! Ini Dia 4 Manfaat Skill Copywriting untuk Kesuksesan Bisnis Kamu!

copywriting untuk strategi bisnis kamu
Business Pengembangan diri

Super Amazing! Copywriting sebagai Strategi Bisnis? Why Not! Ini Dia 4 Manfaat Skill Copywriting untuk Kesuksesan Bisnis Kamu!

Skill copywriting untuk strategi bisnis kamu!
Manfaat copywriting untuk strategi bisnis kamu!

Apakah kalian pernah mendengar istilah copywriting? Sstilah tersebut mungkin sudah tak terlalu asing lagi di telinga mereka yang gemar menulis atau melakukan kegiatan literasi lainnya. Copy writing adalah teknik menulis kreatif yang bersifat komersial atau menjual. Kemampuan ini sangat penting untuk dikuasai yang mulai merintis bisnis atau usaha agar meningkatkan penjualan produk. Teknik menulis ini terbukti dapat memberi banyak peluang yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan produk dan menarik pelanggan lebih banyak.

Orang yang ahli atau bekerja dibidang ini biasanya dikenal sebagai copywriter. Seorang copywriter tidak hanya sekadar membuat tulisan yang berisfat komersil dan persuatif, akan tetapi ada banyak aspek yang harus diperhatikan dan disesuaikan antara tulisan, produk, target yang akan dituju, serta faktor dan teknik lain di dalamnya. Aspek-aspek tersebut dapat digabungkan dalam satu tulisan yang menarik untuk mendapatkan target atau pasar yang dituju.

Seorang copywriter harus memiliki cara berpikir yang kreatif agar bisa mneghasilkan tulisan yang menarik, sehingga posisi ini biasanya dapat ditemukan pada agensi atau perushaan-perusahaan yang bergerak di industri kreatif. Copywriter juga kerap kali ditemukan pada posisi digital marketing karena bersifat komersial. Selain membuat tulisan yang persuatif, seorang copywriter juga harus mampu membuat tagline yang berupa kalimat singkat dengan tujuan untuk menegaskan identitas dari sebuah brand.

Sebagai bagian dari salah satu strategi dalam berbisnis, copywriting memerlukan beberapa teknik khusus yang harus dipahami. Teknik-teknik tersebut bertujuan untuk menjangkau target-target calon pelanggan kita. Dilansir dari QWords, terdapat beberapa teknik menulis kreatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan, berikut penjelasannya:

Hal-hal yang dapat mendukung sebuah copywriting untuk meningkatkan penjualan produk

Mempromosikan produk dengan cara story telling

Story telling atau kerap dikenal dengan bercerita adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang atau barang yang akan ditawarkan pada calon pelanggan. Copywriter dapat menuangkan ide cerita yang menarik agar pelanggan dapat mudah menerima produk yang ditawarkan. Cerita yang menarik akan mudah diingat oleh calon pelanggan dan dapat memicu emosional mereka untuk terhubung pada produk yang ditawarkan pada cerita tersebut.

Gunakan data yang mendukung

Menyelipkan data tekait produk yang ditawarkan terbukti dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Penulis dapat menambahkan data yang jelas, relevan yang disertai dengan sumber yang jelas. Kepercayaan yang tumbuh pada benak calon pembeli memungkinkan produk yang dipromosikan dapat terjual dengan baik. Kepercayaan ini juga berlaku untuk jangka panjang, sehingga jika produk yang ditawarkan cocok, maka bukan tidak mungkin jika calon pembeli tersebut akan melakukan pembelian ulang dan menjadi pelanggan tetap dari produk yang ditawarkan.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Startup? Ini 5 Cara yang Harus Dilakukan, Best Way!

Memberi penjelasan tentang kelebihan produk

Teknik ini adalah salah satu teknik yang paling penting untuk dilakukan oleh copywriter. Pada teknik ini, penulis dapat menjelaskan dan memberi informasi tentang manfaat dan fitur apa saja yang akan calon pembeli dapatkan dari produk yang ditawarkan, serta kelebihan lain yang dapat meyakinkan calon pembeli. Teknik ini dapat dikombinasikan dengan teknik penulisan yang menampilkan data yang relevan dengan produk yang ditawarkan.

Tunjukan testimonial dari pelanggan

Agar calon pembeli dapat lebih yakin dengan produk yang ditawarkan, copywriter dapat menyisipkan testimonial dari pelanggan sebelumnya terkait penggunaan produk yang ditawarkan. Menunjukan testimonial ini merupakan salah satu strategi bisnis yang cukup efektif untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang ditawarkan merupakan produk yang baik dan berkualitas.

Berikan informasi terkait promo yang menarik

Kebanyakan calon pembeli akan senang bila mendapatkan promo yang menarik terkait produk yang mereka cari atau yang ditawarkan. Promo merupakan salah satu bentuk strategi yang cukup efektif untuk menarik hati pelanggan. Berikanlah informasi promo yang disediakan oleh perusahaan dengan bahasa yang menarik agar calon pembeli dapat tergugah untuk membeli produk yang ditawarkan.

Menyelipkan call to action

Setelah memmberi informasi dan penawaran yang menarik dalam copywriting terkait penawaran suatu produk, hal yang terakhir dilakukan adalah call to action. Call to action bertujuan untuk mendesak calon pembeli untuk segera melakukan tindakan atau pembelian produk yang ditawarkan. Terdapat beberapa jenis Call to action (CTA) yang dapat digunakan dalam copywriting, berikut contoh-contohnya.

  • CTA yang mempermudah, seperti learn more, visit now, go now
  • CTA yang memberi penjelasan detail, seperti more info, click for details, click here for details
  • CTA untuk menampilkan visual produk, seperti watch full, read more,
  • CTA untuk sesuatu yang grati, seperti get it free, try it for free
  • CTA untuk menghubungi seperti contact us, call now
  • CTA untuk membeli seperti buy now, shop now, get it now, join now

Hal-hal di atas merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu penjualan produk melalui copywriting. Merujuk dari pemaparan di atas, tujuan dari tulisan kreatif tersebut sebagian besar mengarah pada promosi atau pengenalan produk yang ditawarkan pada pelanggan. Adapun manfaat-manfaat lain dari copywriting yang dapat berdampak positif pada penjualan dan bisnis yang sedang dijalankan, berikut adalah penjelasannya.

4 Manfaat copywriting bagi bisnis kamu!

Membuat produk dan bisnis kamu dikenal oleh banyak orang

Copywriting dapat membuat produk dan bisnis kamu dikenal masyarakat dengan baik

Saat akan memasarkan produk, ada baiknya jika pebisnis untuk melakukan promosi guna memperkenalkan produk yang akan dipasarkan. Copywriting adalah salah satu cara yang efektif untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan pada masyarakat luas. Melalui tulisan yang menarik dan informatif, calon pembeli akan mulai penasaran dan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Hal ini tentu salah satu pertanda yang baik yang mengindikasikan bahwa produk yang diperkenalkan melalui tulisan yang menarik tersebut dapat diterima dan dikenal oleh masyarakat. Hal ini juga merupakan salah satu manfaat dari peran copywriting sebagai awareness yang bertujuan untuk mendapat perhatian dari masyarakat,

Copywriting dapat membangun brand dari bisnis yang kamu jalani

Copywriting dapat membangun branding yang dapat diingat oleh masyarakat

Selain efektif untuk mempromosikan produk yang dipasarkan, copywriting juga merupakan salah satu media yang baik untuk membangun citra suatu perusahaan. Melalui tulisan-tulisan, jargon, dan tagline yang unik, masyarakat dapat mengingat perusahaan kita karena kekhasann dan branding yang telah dibentuk melalui copywriting ini. Semakin baik bradning yang terbentuk, maka semakin melekat juga produk kita di ingatan masyarakat.

Meningkatkan penjualan produk

Salah satu indikasi produk yang dipasarkan berhasil diterima masyarakat adalah produk tersebut dapat terjual dengan baik. Agar produk tetap dibeli dan penjualan mengalami peningkatan, maka hal yang harus dilakukan adalah menjaga kepercayaan pelanggan dan terus melakukan promosi yang persuasif pada calon pembeli baru. Hal tesebut dapat dilakukan melalui copywriting yang baik antara pelanggan maupun calon pembeli baru.

Seseorang yang bekerja di bagian copywriter dapat bekerja sama bagian lain untuk menciptakan konten-konten yang menarik baik dari sosial media maupun di website resmi. Konten-konten yang menarik dapat menarik traffic pengunjung di website atau pengguna baru di sosial media yang berpotensi untuk menjadi pembeli dari produk yang ditawarkan.

Menambah pelanggan dengan mudah

Citra perusahaan yang dibangun melalui copywriting yang baik dapat mendatangkan customer baru dengan mudah

Jika branding yang dibangun dapat terbentuk dengan baik serta konten dan tulisan yang menarik terus dibuat, maka bukan tidak mungkin jika bisnis yang dijalankan dapat semakin dikenal oleh banyak orang dan mengundang pembeli-pembeli baru berdatangan, serta membuat pelanggan-pelanggan setia untuk terus membeli produk yang ditawarkan. Selain karena kualitas, hal ini juga didukung oleh strategi marketing yang baik melalui copywriting yang berhasil mencuri perhatian masyarakat.

Itulah beberapa teknik dan manfaat yang dapat membuat bisnis kamu berkembang dengan baik. Skill ini terbukti dapat meningkatkan penjualan dari produk yang ditawarkan, sehingga membuat bisnis yang dijalani berkembang dengan baik.

Baca juga: Ingin Sukses di Dunia Kerja? Ini Dia 6 Soft Skill yang Harus Anda Miliki!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping