Blog

Merasa Lelah saat Zoom? Yuk, Intip Keseruan Bermain Games serta Mengetahui 3 Manfaat Games!

Uncategorized

Merasa Lelah saat Zoom? Yuk, Intip Keseruan Bermain Games serta Mengetahui 3 Manfaat Games!

Zoom
Zoom

Selama pandemi berlangsung tak dapat dipungkiri segala kegiatan berubah menjadi online, baik sekolah hingga kerja. 

Zoom merupakan sebuah alat komunikasi berbasis video. Aplikasi Zoom menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan belajar dan rapat di rumah atau work from home karena pandemi COVID-19. Popularitas Zoom meningkat di tengah pandemi COVID-19 dengan 497.000 pengguna dan akan terus meningkat.

Berada di depan layar gadget selama hampir 24 jam penuh, juga menjadi tantangan baru untuk kita saat ini. Sering merasa lelah, bosan, stress, hingga Zoom fatigue tak dapat dipungkiri bahwa kita juga menghadapi permasalahan tersebut. 

Games adalah sebuah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan perasaan lelah, bosan, stress hingga dapat mengurangi Zoom fatigue. Dengan bermain games, pikiran kita bisa lebih fresh kembali setelah menghadapi layar laptop maupun HP. 

Games seringkali dipandang sebelah mata. Banyak yang percaya bahwa bermain games hanya akan berdampak negatif. Salah satunya adalah games online. Bermain games online hanya akan merusak otak, membuat bodoh, dll. 

Nyatanya, games dapat memiliki beberapa efek positif. Hal ini berlaku ketika bermain games sesuai dengan batasan waktu atau tidak terlalu lama. Padahal, salah satu kelebihan dari games ini adalah dapat membantu mengembangkan kecerdasan di belahan otak kanan.

Baca Juga: https://enykusrini.com/game-kuis-online-untuk-menambah-wawasan/

3 Manfaat Games Mengatasi Kelelahan saat Zoom

Games
Games
1. Meningkatkan Kecerdasan Otak Kanan 

Dalam bermain games, tak jarang ada tingkatan level maupun misi-misi tertentu yang harus diselesaikan. Dalam hal tersebut bagian otak kanan akan mengatur kreativitas hingga inovasi. Kemampuan tersebut dapat ditingkatkan dengan bermain games. 

Bermain games juga dapat melatih konsentrasi. Karena, untuk memenangkan games tidak hanya membutuhkan strategi tetapi juga konsentrasi tinggi. Apabila bermain games dengan waktu yang tidak berlebihan, maka hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi otak.

2. Menghilangkan Stress saat Zoom

Stress akibat Zoom dapat dihilangkan dengan bermain games. Games dapat menjadi solusi untuk membantu menghilangkan lelah dan stress yang dirasakan saat Zoom berlangsung.

Bermain games dapat memberikan efek bahagia bagi pemain. Karena, games membuat otak mendapat rangsangan baru sehingga pemain merasa bahagia. 

3. Melatih Kerjasama Tim, Kepercayaan, dan Saling Menghargai

Games tidak hanya dimainkan sendiri tetapi games dapat dimainkan bersama orang lain. Bahkan beberapa games membutuhkan kerjasama tim.

Kerjasama dilakukan secara saling membantu untuk mencapai kemenangan. Hal tersebut mampu melatih kerjasama di dalam kehidupan nyata.

Selain kerjasama, games juga membutuhkan interaksi antar pemain. Hal tersebut dapat menumbuhkan rasa kepercayaan serta menumbuhkan rasa saling menghormati.

Berhadapan dengan layar untuk Zoom setiap harinya pasti melelahkan bukan? Untuk mengatasi lelah serta fokus kita yang hilang selama Zoom berlangsung dapat dilakukan ice breaking. Ice breaking merupakan suatu kegiatan yang dapat mengembalikan fokus kita saat Zoom berlangsung. Dengan begitu, kita dapat menyimak kembali materi maupun topik yang disampaikan dalam Zoom tersebut. 

3 Games yang Dapat dilaksanakan Saat Ice Breaking Berlangsung.

1. Games Tebak Judul Lagu

Games tebak judul lagu salah satu games yang menyenangkan. Selain itu, dapat meningkatkan fokus sekaligus berpikir cepat.

Cara bermain games ini mudah. Kamu hanya perlu membentuk kelompok yang terdiri beberapa peserta. Kemudian, menyiapkan potongan lagu yang akan ditebak oleh peserta lainnya. Lalu, bisa ditambah dengan beberapa peraturan yang membuat peserta berpikir keras untuk menebak judul lagu tersebut. Sekaligus melatih kinerja otak agar berpikir secara cepat dan fokus.

2. Games Sambung Cerita

Games ini dapat meningkatkan kreativitas peserta. Games sambung cerita dapat membuat peserta menjadi lebih kreatif dan berani bercerita. 

Cara bermain games ini adalah kamu hanya perlu menunjuk 1 orang dari peserta untuk memulai cerita.

Lalu, peserta yang ditunjuk tersebut diberikan kebebasan untuk bercerita apapun, tetapi hanya satu kalimat. Kemudian, cerita tersebut dilanjutkan oleh peserta lainnya. Namun, awal cerita harus dimulai dari kata terakhir yang disebutkan oleh peserta sebelumnya.

Games sambung cerita dapat membuat kamu lebih kreatif dan mencairkan suasana menjadi bahagia sehingga kamu tidak bosan saat Zoom berlangsung.

3. Games Perkenalan Antar Peserta Zoom

Games ini dapat mengembalikan fokus peserta yang mungkin telah hilang selama Zoom berlangsung. Games ini juga mudah untuk dilakukan.

Cara bermain games ini adalah kamu dapat meminta peserta Zoom lain untuk memperkenalkan diri secara singkat selama satu atau dua menit sehingga terjadi interaksi antar peserta Zoom lain. Setelah waktunya habis, kamu meminta peserta tersebut untuk menunjuk kembali peserta lainnya yang belum memperkenalkan diri. Games ini dapat meningkatkan fokus peserta Zoom karena peserta tersebut harus mengingat identitas dari peserta Zoom lainnya.

Comments (2)

  1. […] Baca Juga : Merasa Lelah saat Zoom? Yuk, Intip Keseruan Bermain Games serta Mengetahui 3 Manfaat Games! […]

  2. […] Baca Juga : Merasa Lelah saat Zoom? Yuk, Intip Keseruan Bermain Games serta Mengetahui 3 Manfaat Games! […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping