Blog

Mindset dari 5 Orang Terkaya Di Dunia yang Menginspirasi! Super Cool!

Mindset dari 5 Orang Terkaya Di Dunia yang Menginspirasi!
Pengembangan diri Business

Mindset dari 5 Orang Terkaya Di Dunia yang Menginspirasi! Super Cool!

Mindset dari 5 Orang Terkaya Di Dunia yang Menginspirasi!
Mindset-mindset dari orang terkaya di dunia

Orang yang berhasil mencapai tujuannya kerap kali memiliki mindset yang tertanam dengan kuat di dalam dirinya. Jika pola pikir tersebut dapat diaplikasikan pada setiap hal yang dilakukan, maka bukan tidak mungkin jika hal-hal yang kita lakukan akan membuat kita semakin dekat dengan tujuan kita. Itulah mengapa, banyak orang-orang sukses di dunia memulai semuanya dari hal-hal sederhana seperti salah satunya adalah dengan mengatur pola pikir mereka.

Dewasa ini banyak orang yang berlomba-lomba dalam melakukan banyak hal untuk mendapatkan kesuksesannya, namun mereka kerap kali lupa untuk mengatur dan mendapatkan pola pikir yang tepat. Padahal, pola pikir yang tepat dapat berdampak besar pada kesuksesan seseorang. Jika seseorang berhasil mendapatkan dan mengatur mindset yang tepat serta menggabungkannya dengan usaha atau tindakan secara konsisten, maka peluang untuk mendapatkan kesuksesan pun semakin besar.

Melansir dari Beon.co.id, pola pikir atau mindset adalah sekumpulan kepercayaan atau sebuah cara berpikir yang dapat mempengaruhi tindakan serta perilaku seseorang. Jika seseorang mampu meraih banyak pencapaian dalam hidupnya, maka hal tersebut merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang tersebut sudah memiliki pola pikir yang tepat, yang dapat mengantarkan seseorang tersebut mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya. Salah satu bukti nyata dari kekuatan sebuah pola pikir adalah mereka yang menjadi orang-orang terkaya di dunia.

Baca juga: Extraordinary ! 4 Fakta Unik Informasi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Tokoh-tokoh yang mendapatkan gelar sebagai orang terkaya di dunia kerap kali terkenal karena bisnis yang dimilikinya. Namun, untuk membangun bisnis tidaklah mudah. Selain melakukan kerja keras, tokoh-tokoh besar tersebut juga terkenal memiliki pola pikir yang tepat serta mental yang sudah sangat kuat. Hal tersebut terbukti efektif untuk membuat tokoh-tokoh tersebut mencapai kesuksesannya melalui bidang yang mereka tekuni. Berikut adalah alasan mengapa mindset yang tepat menjadi salah satu hal yang penting untuk kita miliki.

Alasan Mengapa Kita Harus Mindset yang Tepat

Mampu Menghadapi Masalah dengan Baik

Memiliki mindset yang baik dapat membuat seseorang mampu menghadapi masalah dengan baik. Dengan pola pikir yang tepat, seseorang berpikir lebih bijak dan akan bertindak untuk lekas mencari solusi dan penyelesaian dari masalah. Sehingga secara tidak langsung pola pikir yang tepat tersebut mengarahkan seseorang untuk menghadapi dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Menahan Pikiran Negatif

Orang dengan mindset yang kuat cenderung untuk terus melakukan banyak hal baik yang dapat membawa banyak hal positif bagi dirinya. Hal ini sangat berdampak pada proses seseorang dalam mencapai kesuksesannya. Sehingga selain memicu untuk terus melakukan hal positif, pola pikir yang tepat juga membuat seseorang terhindari dari pikiran-pikiran negatif yang dapat menyerang pada kesehatan mental kan kondisi psikis seseorang.

Mampu Memegang Kendali Diri Lebih Baik

Saat dalam masa proses menuju kesuksesan, seseorang akan mengalami banyak hal yang kurang menyenangkan dan tidak sesuai dengan ekspetasi. Hal tersebut kerap kali membuat seseorang mengalami perasaan dan kondisi yang kurang menyenangkan bagi dirinya. Namun, dengan pola pikir yang tepat, seseorang akan lebih mudah bertahan dan mengendalikan dirinya dari banyak hal dan kondisi yang kurang menyenangkan sampai mereka benar-benar sampai pada tujuan yang sebenarnya.

Alasan-alasan di atas adalah salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang bisa mendapatkan kesuksesannya melalui mindset yang dimilikinya, termasuk para tokoh-tokoh besar di dunia. Pola pikir yang tepat dapat membuat seseorang tidak mudah menyerah dan memiliki mental yang kuat untuk terus menekuni hal yang sedang dijalani. Hal itulah yang harus kita miliki saat berproses untuk mendapatkan kesuksesan dalam hidup. Berikut adalah tokoh besar di dunia yang dinotbatkan sebagai orang terkaya di dunia dengan mindset hebatnya masing-masing.

Mindset dari 5 Orang Terkaya Di Dunia yang Menginspirasi

Elon Musk

Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia dan pemimpin perusahaan mobil listrik Tesla

Elon Musk adalah salah satu tokoh besar dan orang terkaya di dunia. Ia dikenal sebagai pebisnis dan seorang industrialis dari Amerika Serikat. Salah satu perusahaanya yang adalah perusahaan roket luar agkasa yang bernilai 100 miliar dolar AS. Selain itu, ia juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh terhadap perekonomian di dunia. Melansir dari Forbes, jumlah total kekayaan Elon Musk pada Agustus tahun 2021 adalah mencapai 184,7 miliar dolar AS.

Pencapain dan kekayaanya Elon Musk tentu menjadi motivasi bagi semua orang agar mereka bisa menjadi orang sukses seperti beliau. Namun, beberapa orang nampaknya belum menyadari bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesanya seorang Elon Musk adalah mindset yang dimilikinya.

Salah satu isi pikiran seorang Elon Musk yang membuat ia sebagai tokoh besar di dunia adalah dengan menjadi seorang polymath, terus belajar dan transfer konteks. Seorang polymath atau polimatik adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang tidak hanya terpaku pada satu bidang saja. Seorang polimatik biasanya memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat luas.

Elon Musk menjadikan dirinya sebagai seorang polimatik dengan cara banyak membaca buku, ia bahkan bisa membaca dua buku dalam satu hari. Itulah mengapa ia bisa memiliki pengetahuan yang luas. Karena pengetahuannya yang luas, Elon Musk melakukan “Transfer Konteks” yang membuat pengetahuan yang dimiliki saling terhubung dan bermanfaat satu sama lain. Hal inilah yang membuat ia bisa terus menciptakan banyak inovasi.

Jeff Bezos

Jeff Bezos, orang terpenting dibalik raksasa e-commerce Amazon

Jeff Bezos adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ia juga dikenal sebagai salah satu sosok yang paling penting di balik kesuksesan situs penjualan online terbesar di dunia, yaitu Amazon. Melansir dari Forbes, kekayaan Jeff Bezos mencapai 201,4 miliar dolar AS. Pada tahun 2013, Bezor berhasil mengakuisisi situs berita The Washington Post dengan biaya total 250 juta dolar AS.

Jeff Bezos memiliki beberapa mindset yang berhasil mengantarkannya menuju kesuksesannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Berikut adalah pola pikir yang dimiliki oleh seorang Jeff Bezos.

Membangun Pertemanan atau Relasi dengan Mereka yang Bisa Mendorong Kita Menjadi Lebih Baik

Semakin banyak orang-orang berkualitas yang kita kenal, maka semakin banyak juga kesempatan yang akan menghampiri kita. Itulah mengapa Jeff Bezos engajarkan kita untuk membangun banyak pertemanan dan relasi yang dapat membangun diri kita menjadi lebih baik. Terkadang, kita juga dapat belajar banyak hal yang berharga dari pengalaman orang-orang yang kita kenal. Semakin banyak orang yang kita kenal, maka semakin banyak juga pelajaran yang bisa kita dapatkan.

Kejarlah Passion, Bukan Uang

Jeff berkata bahwa kerjalah passion atau hal-hal yang kita sukai, jika passion yang kita sukai memiliki potensi, maka bukan tidak mungkin jika uang yang akan mengejar kita. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa kita dapat mencari peluang dari passion yang kita sukai dengan menambahkan nilai lebih pada setiap apa yang kita kerjakan. Itulah yang akan menjadi potensi dan salah satu cara uang bisa mengejar kita.

Kesuksesan Itu Dibentuk, Bukan Sebuah Kebetulan

Setiap hal yang kita ambil di dunia ini memiliki risikonya masing-masing, salah satunya adalah kegagalan. Namun, Bezos memandang bahwa kegagalan adalah salah satu cara dan peluang untuk membuat seseorang menjadi lebih maju. Karena melalui kegagalan, seseorang akan belajar dari kesalahan yang dialaminya. Ia juga menambhkan bahwa semakin besar risiko, maka semakin besar juga panen yang bisa kita ambil. Ia mengajarkan bahwa jangan pernah takut untuk mengambil risiko, namun takutlah bahwa kita menyesal karena kita tidak pernah mengambil risiko dalam hidup kita.

Bill Gates

Bill Gates sebagai pendiri perusahaan perangkat lunak raksasa Microsoft

William Henry Bill Gates, atau biasa dikenal sebagai Bill Gates adalah salah satu serang tokoh besar dan ternama di dunia. Bagaimana tidak, ia adalah mantan dari CEO perusahaan besar Microsoft. Selain bekerja keras dan merintis bersama temannya terkait perusahaan Microsoft yang kita kenal sekarang, Bill Gates juga memiliki mindset yang luar biasa yang bisa membuatnya sukses sebagai pendiri dan pengusaha. Penasaran? Berikut adalah isi pikiran Bill Gates.

Kompetitif

Pada bagian ini, Bill Gates mengajarkan bahwa kita harus menjadi seseorang yang mampu bersaing dalam menciptakan ide-ide baru. Hal ini tercermin pada saat Bill bertemu dengan Allen di bangku sekolah menengah. Keduanya selalu bersaing untuk menciptakan ide-ide kreatif sampai keduanya selalu adu argumen dan memanas. Hal itu diaplikasikan pad setiap karyawan Microsoft untuk saling menantang ide satu sama lain untuk menciptakan hal yang inovatif.

Passion

Bill terkenal memiliki passion saat komputer pertama kali diperkenalkan saat ia masih remaja dulu. Hal ini terlihat saat ia kerap kali menghabiskan banyak waktu di ruang komputer untuk lebih baik mengeksplorasi hal-hal dan program baru dari kompter. Hal itu terus ia tekuni hingga sekarang ia mampu menciptakan perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia untuk komputer. Itulah mengapa Bill mengajarkan kita untuk menekuni dari setiap apa yang kita inginkan sampai hal tersebut bisa mneghasilkan untuk kita dan orang sekitar.

Obsesi

Saat dalam diri kita memiliki mindset terkait obsesi dalam ranah positif, kemungkinan kita akan meraih banyak kesuksesan dari obsesi yang kita miliki. Seperti halnya Bill, ia sangat terobsesi dengan komputer yang membuat semangatnya terdorong, dari mulai sekolah menengah, saat berkuliah hingga saat ia menjadi pendiir dari Microsoft. Ia terus menyibukan diri untuk peningkatan program komputasi, baik untuk pribadi maupun untuk bisnisnya. Itulah Bill Gates, ia kerap menyibukan diri dengan hal-hal yang ia sukai sampai ia sukses melalui hal yang ia sukai.

Keinginan

Mindset terkahir yang paling penting adalah memiliki keinginan. Bill Gates memiliki keinginan untuk menemukan pola komputasi terbaik bagi bisnisnya. Bill ingin menemukan dan mengembangkan perangkat lunak yang mampu dikuasai oleh semua orang. Kecintaannya pada komputer dimulai sebagai hasrat dan kemudian menjadi hasrat yang mendorong pola pikirnya ke tingkat yang lebih tinggi. Kecintaanya tersebut memicu kinginan-keinginan lain yang terus memotivasi Bill untuk menemukan hal-hal baru yang dapat memudahkan setiap orang melalui penemuannya.

Mark Zuckerberg

Mark Zukcerberg sebagai pendiri Facebook

Siapa yang tak kenal dengan tokoh yang satu ini, seorang CEO dari platform yang mungkin biasa kita gunakan sehari-hari seperti Facebook dan Instagram. Mark merupakan salah satu dari tokoh yang paling dikenal di dunia berkat platform yang dia buat. Walaupun dikenal dengan tampilannya yang sederhana, Mark berhasil meraup kekayaan sebanyak 123,5 miliar dolar AS. Ada beberapa mindset yang Mark terapkan yang bisa kita contoh, berikut adalah penejalsannya.

Mulilah dari Hal Kecil

Sebelum menjadi seorang CEO dari paltform raksasa seperti Facebook, Mark memulai dengan membuat platform sederhana yang bertujuan untuk melakukan diskusi saat ia berkuliah di Harvard. Saat apa yang dibuatnya berhasil, Mark melihat bahwa di situ terdapat adanya peluang yang menjanjikan. “Go Big or Go Home”, itulah prinsipnya. Aritnya, saat melihat peluang kita dihadapkan dengan dua hal, mengembangkannya, atau tidak sama sekali.

Jangan Termotivasi Karena Uang

Mark adalah seseorang yang pernah menolak tawaran dari pendiri Yahoo! untuk bekerja sama. Hal ini bukan karena faktor uang, namun karena ia tidak mencintai pekerjaan yang ditawarkan. Hal itulah yang membuat ia sukses sekarang, karena ia bisa mencintai pekerjaanya dengan baik. Hal ini sangat penting, karena saat kita mencintai pekerjaan kita, kita akan senantiasa menikmati setiap prosesnya walaupun banyak rintangan sekalipun.

Terus Berkembang

Saat Facebook diluncurkan, Mark hanya menciptakannya sebagai wadah untuk orang-orang bisa terhubung satu sama lain. Namun seringin dengan perkembangan zaman, Mark melakukan banyak inovasi pada platformnya sehingga Facebook bisa berfokus pada berita, foto, dan bahkan menjadi lahan bisnis bagi penggunanya. Facebook juga senantiasa memperkaya fitur-fitur di dalamnya tanpa menghilangkan esensi dari awal mula aplikasi itu diluncurkan. Hal inilah yang dimaksud oleh Mark sebagai “Go Big or Go Home”, ia senantiasa untuk mengembangkan Facebook menjadi platform yang lebih baik.

Teruslah Beruat Baik sebagai Investas Masa Depan

Seperti yang pada tujuan awal diciptakannya Facebook, Mark ingin mneghubungkan banyak orang secara gratis. Selain itu, Mark juga menyediakan lahan bisnis untuk mebantu perekonomian penggunanya. Hal inilah yang dimaksud oleh Mark sebagai investasi masa depan melalui kebaikan, karena kebaikan tidak pernah bisa kita beli.

Jack Ma

Jack Ma sebagai orang terkaya di darata Tiongkok dan pendiri Alibaba

Jack Ma adalah seorang tokoh yang dikenal oleh dunia karena ia menyandang sebagai salah satu orang terkaya di China dan di dunia. Hingga sekarang, total kekayaan yang ia capai adalah sebanyak 38,6 miliar dolar AS. Ia terkenal sebagai pendiri salah satu e-commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba. Ia juga merupakan orang pertama dari China yang masuk majalah Frobes sebagai salah satu orang terkaya di China. Ia juga dinobatkan sebagai salh satu orang paling berpengaruh di dunia. Salah satu hal yang membuatnya begitu hebat adalah mindset yang dimilikinya. Berikut penjelasannya.

Belajar dari Kegagalan Orang Lain untuk Mengembangkan Apa yang Kita Miliki

Saat kita sering mendengar banyak kisah sukses dari tokoh-tokoh besar agar termotivasi, Jack Ma menyarankan kita untuk melihatnya dari sisi yang berbeda. Ia melihatnya dari bagaimana seseorang tersebut bisa bangkit dari kegagalannya. Selain dapat mengambil nila positif yang ada, ia juga memanfaatkan hal tersebut untuk belajar dari kegegalan tersebut untuk terus mengembangkan potensi yang kita miliki.

Buat Goals untuk Diri Sendiri

Saat kebanyakan orang berusaha unutk membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, Jack Ma berpendapat bahwa kita harus menetapkan target untuk diri kita sendiri, bukan membandingkan dan menjadi penonton atas pencapaian yang orang lain alami. Untuk menggapai target tersebut, ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai bahan refleksi untuk diri sendiri, seperti bagaimana cara sampai di target tersebut, bagaimana inovasi yang dijalankan, dan membayangkan apa saja yang akan dicapai pada 10 tahun mendatang.

Hadapi dan Cari Solusi atas Masalah yang Dihadapi

Menurut Jack Ma, seberat apapun masalah yang dihadapi, jangan pernah lari untuk menghindarinya. Menghindari masalah hanya akan menambah masalah lain yang akan menjadi bumerang bagi diri kita sendiri di kemudian hari. Mindset tersebut selaras dengan bagaimana orang-orang sukses memandang masalah yang ada, mereka selalu belajar dari setiap masalah dan kegagalan yang ada hingga mereka tak pernah lari dari setiap masalah yang ada.

Baca juga: Best 10 Motivasi Usaha untuk kesuksesan dalam Berbisnis

Itulah beberapa mindset orang-orang yang dikenal oleh banyak orang di dunia. Pada dasarnya, setiap prinsip yang dipegang akan senantiasa berpengaruh pada setiap perilaku, cara berpikir dan juga bagaimana mental seseorang dibentuk pada saat proses menuju kesuksesannya.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping