Blog

Super Cool! 7 Gerakan Olahraga Kardio untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal!

fitness-room-1181815_1280
Kesehatan Pengembangan diri

Super Cool! 7 Gerakan Olahraga Kardio untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal!

Beberapa hasil penelitian mengungkap bahwa olahraga kardio atau kardiovaskular adalah jenis olahraga yang baik untuk membakar lemak dan kalori secara efektif. Hal ini disebabkan karena gerakan pada olahraga kardiovaskular membuat detak jantung dan laju pernapasan lebih meningkat dari biasanya. Olahraga ini juga lebih efektif dalam menjaga kesehatan jantung dan paru-paru karena lebih banyak mengalirkan banyak oksigen ke seluruh tubuh.

Jantung merupakan organ tubuh yang bertugas untuk memompa darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh melalui peredaran darah. Mengingat jantung adalah organ tubuh yang esensial dan memiliki peran penting dalam tubuh kita, maka sudah seharusnya bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung agar bisa bekerja dengan optimal

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan olahraga, seperti olahraga kardiovakular. Melansir dari laman Halodoc, olahraga kardio atau kardiovaskular adalah jenis-jenis olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Olahraga ini akan memicu detak jantung yang membuat darah lebih cepat terpompa ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru kita.

Baca juga: Kurang Percaya Diri ? Beware ! Inilah 5 Penyebab Utamanya

Olahraga kardiovaskular yang dilakukan secara rutin dapat membuat tubuh kita menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah lelah. Hal ini disebabkan karena jantung, paru-paru memompa oksigen dengan jumlah yang besar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Selain itu, kadar oksigen yang meningkat dalam sel dan jaringan tubuh juga dapat membakar lemak lemak lebih cepat, sehingga olahraga ini dapat membuat seseorang mencapai berat badan ideal.

Selain menjaga kesehatan jantung, olahraga ini juga memiliki manfaat-manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika melakukan olahraga ini secara rutin. Penasaran? Berikut penjelasannya!

Manfaat Olahraga Kardio Bagi Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa olahraga kardio dapat memacu menigkatnya kadar oksigen pada sel dan jaringan tubuh, serta melancarkan metabolisme dalam tubuh. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Proses penurunan berat badan juga akan lebih baik jika diimbangi dengan aktivitas pola hidup sehat lainnya.

Meningkatkan Stamina

Olahraga kardio akan meningkatkan kekuatan otot kita, sehingga saat olahraga ini dilakukan secara rutin, maka stamina dan kebugaran tubuh kita akan meningkat dan membuat kita tidak cepat lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini dipengaruhi karena olahraga ini juga dapat mengurangi lemak jenuh yang ada dalam tubuh dan membuat kita lebih bersemangat dan produktif.

Meningkatkan Imunitas

Latihan dan gerakan yang dilakukan saaat olahraga kardio dipercaya dapat mengaktifkan dan meningkatkan imunitas dalam tubuh. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membuat tubuh kita memproduksi lebih banyak sel putih, salah satu komponen utama yang penting untuk menangkal berbagai macam penyakit dan radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Mental

Pada dasarnya, semua jenis olahraga dapat membuat kita terhindar dari berbagai gangguan penyakit, baik secara mental maupun fisik. Olahraga kardio dapat membuat kita memiliki suasana hati yang lebih baik, karena hormon endorfin yang dilepaskan oleh tubuh saat berolahraga. Hal tersebut mampu membuat kita terhindari dari rasa stres yang dapat menganggu kesehatan mental kita.

Baca juga: Wow, Inilah 6 Cara Menjadi Personal Trainer Professional !!

Meningkatkan Kualitas Tidur

Jam tidur yang baik adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk menciptakan pola hidup yang sehat. Semakin cukup waktu tidur yang berkualitas yang dimiliki, semakin baik juga dampkanya bagi kesehatan kita. Begitupun dengan sebaliknya, saat kita tidak memiliki jam tidur yang cukup, maka hal tersebut akan memicu riiko penyakit serius seperti penyakit jantung dan pernapasan yang terhenti saat tidur (sleep apnea). Salah satu mencegah penyakit itu semua adalah dengan melakukan olahraga kardio secara rutin.

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan dari olahraga kardiovaskular secara, hal yang selanjutnya adalah untuk mulai melakuakannya. Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Beberapa olahraga berikut pada dasarnya tidak memerlukan alat dan ruangan khusus, sehingga kita dapat melakukannya di rumah atau di kamar sekalipun. Berikut adalah olahraga kardio yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan secara efektif.

Macam-macam Olahraga Kardio yang Dapat Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal

Jogging di Tempat

Jogging di tempat sebagai olahraga kardio yang dapat membuat berat badan ideal
Jogging di tempat sebagai olahraga kardio yang dapat membuat berat badan ideal

Jogging di tempat merupakan salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan. Olahraga kardio yang satu ini dinilai efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan membakar kalori, sehingga gerakan ini juga cocok untuk bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain melatih kekuatan jantung, lari ditempat juga dapat melatih otot-otot di kaki. Gerakan ini juga cocok dilakukan untuk sesi pemanasan sebelum melakukan workout.

Gerakan ini dapat dilakukan selama 60 detik tanpa henti. Untuk melakukannya, kita cukup melakukan gerakan lari seperti pada umumnya, namun usahakan untuk mengangkat lutut kita sejajar dengan pinggang atau perut. Untuk mendapatkan hasil yang maksmial, kita dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 2-3 kali repetisi.

Lompat Tali

Lompat tali sebagai olahraga kardio yang dapat dilakuka dimana saja

Lompat tali adalah salah satu gerakan dari olahraga kardio yang dapat dilakukan dimana saja. Olahraga ini juga termasuk ked alam olahraga yang mudah dilakukan, karena kebanyakan dari kita pernah melakukan olahraga ini saat masa kanak-kanak dahulu. Kita hanya perlu melompati tali yang digerakan untuk mengelilingi tubuh kita. Kita dapat membakar sebanyak 220 kalori dengan melakukan lompat tali selama 20 menit.

Jumping Jack

Jumping jacks gerakan yang dapat menjaga kesehatan jantung dengan mudah

Salah satu olahraga kardio yang cocok dilakukan di mana saja adalah jumping jack. Gerakan ini menuntut untuk kita melakukan lompatan setinggi mungkin selama beberapa kali. Kita hanya perlu membuka kaki kita, bersamaan dengan mengangkat kedua tangan sampai ke atas kepala sempai kedua telapaknya bersentuhatuhan saat kita melompat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jumping jack dapat dilakukan sebanyak 60 detik dan diulang sebanyak 2-3 kali repetisi.

Mountain Climbers

Mountain climbers sebagai olahraga yang dapat melatih kebugaran secara efektif

Mountain climbers adalah salah satu gerakan yang efektif untuk melatih kekuatan jantung. Seperti namanya, gerakan ini dilakukan layaknya seseorang yang sedang mendaki ke puncak gunung, namun tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Kita hanya perlu merebahkan badan kita menghadap ke lantai seperti posisi bersiap sebelum push-up, dan mendorong lutut kita ke arah depan mencapai dada kita dan menariknya kembali ke belakang. Lakukan secara bergantian, kaki kiri dan kaki kanan dengan jumlah yang sama. Gerakan ini dapat dilakukan sebanyak 15 kali untuk masing-masing kaki dan dapat direpetisi sebanyak 2-3 kali.

Baca juga: Important 5 Tips Membangun Personal Branding Pada Era Digital

Burpees

Melatih bagian-bagian tubuh dengan gerakan burpees

Burpees adalah gerakan gabungan dari melompat dan push up. Walaupun melelahkan, gerapak ini sangat efektif untuk melatih kekuatan jantung dan dapat membakar banyak lemak dalam tubuh. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara melompat, lalu jongkok, mendorong kedua kaki ke belakang, diteruskan dengan posisi push up, menarik kembali kaki ke depan, dan kembali melompat. Gerakan ini dapat membakar sebanyak 100 kalori kurang dari 10 menit.

Squat Jump

Menaikan denyut jantung dan melatih kekuatan jantung dengan squat jump

Squat jump adalah salah satu bentuk latihan yang dapat menaikan denyut jantung, melatih otot kaki, dan paha, serta dapat membakar kalori dengan maksimal. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara posisi jongkok dan melompat secara berulang-ulang. Untuk mendapatkan hasil yang maskimal, gerakan ini dapat dilakukan selama 60 detik dan dapat diulangi sebanyak 2-3 repetisi.

Berenang

Berenang sebagai salah satu olahraga kardio yang paling efektif untuk membakar lemak dan menjaga kesehatan jantung

Penelitian menunjukan bahwa berenang adalah latihan yang paling efektif dalam membakar lemak dan kalori dalam tubuh dibanding latihan-latihan lainnya. Beberapa gaya seperti gaya kupu-kupu dan gaya-gaya lainnya dapat melatih beberapa bagian tubuh secara bersamaan secara efektif. Selain itu, pengaturan napas saat berenang juga baik untuk melatih kekuatan jantung dan paru-paru kita.

Itulah beberapa rekomendasi dan manfaat dari olahraga kardio yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan membuat berat badan menjadi lebih ideal. Olahraga-olahraga di atas dapat dilakukan secara rutin agar menapatkan hasil dan manfaat yang maksimal bagi kesehatan tubuh.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping