Blog

Pengaruh Belajar Digital Marketing dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Business

Pengaruh Belajar Digital Marketing dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Digital Marketing
Digital Marketing

Perkembangan teknologi pada tahun 2021 sangat berkembang pesat. Digital Marketing merupakan media strategi pemasaran yang sedang digandrungi oleh masyarakat.

Baca juga: https://enykusrini.com/skill-yang-perlu-dikuasai-di-era-revolusi-industri/

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi pemasaran produk dan jasa/layanan menggunakan media online yang saat ini memiliki peminat yang cukup besar. Dengan menggunakan Digital Marketing transaksi serta komunikasi dilakukan setiap saat dan mendunia. Salah satu pengertian tentang pemasaran merupakan memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. 

Dalam melakukan teknik pemasaran, biasanya sebuah perusahaan mengkombinasikan empat variabel mendukung dalam menentukan strategi, diantaranya produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Beberapa variabel yang mempengaruhi Digital Marketing:

  1. Produk merupakan barang maupun jasa yang ditawarkan untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
  2. Harga merupakan sejumlah uang untuk mendapatkan barang maupun jasa yang diproduksi untuk dipasarkan, maka dari itu sebuah perusahaan menentukan harga dari produk maupun jasa yang ditawarkan.
  3. Tempat bisa disebut juga dengan saluran distribusi merupakan sebuah distribusi untuk menyalurkan produk ke tangan konsumen. 
  4. Promosi merupakan aktivitas menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk tentang produknya kepada target market yang telah ditentukan oleh sebuah perusahaan.

Tiga konsep Digital Marketing:

1. Pengenalan kepada Konsumen

Perusahaan menentukan kebutuhan konsumen, menentukan target market, menentukan produk maupun jasa yang akan ditawarkan serta melakukan strategi.

2. Penyusunan Pemasaran

Tujuannya adalah agar terkoordinir mulai dari produksi hingga produk maupun jasa tersebut sampai ke tangan konsumen.

3. Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan faktor terpenting untuk menentukan perusahaan mendapatkan profit dari hasil penjualannya.

Teknologi yang digunakan untuk Digital Marketing:

1. Mobile Marketing

Pada tahun 2020, merupakan puncaknya terjadi perubahan yang semula berjualan dengan membuka outlet menjadi online dikarenakan pandemi COVID-19. Hal tersebut juga dipicu dengan semakin canggihnya teknologi. Menurut para marketer, mobile marketing dianggap efisien karena biayanya yang terbilang murah, lebih terstruktur untuk memfokuskan kepada kebutuhan konsumen. Tiga keuntungan perusahaan menggunakan mobile marketing, diantaranya consumer relationship management, corporate usage, dan mengurangi biaya promosi.

2. Online Shop

Online shop merupakan salah satu tempat menawarkan barang serta jasa secara online, dimana konsumen dapat mencari informasi barang berupa keterangan yang dijelaskan oleh toko tersebut serta melihat barang berupa foto.

Media yang dibutuhkan untuk Digital Marketing, yaitu:

1. Media Non-Internet

Media yang digunakan adalah radio, televisi, dan sebagainya. Tetapi seiring berkembangnya teknologi media tersebut kurang efektif untuk dilakukan secara terus-menerus.

2. Media Internet

Para marketer paling banyak menggunakan media ini karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit serta efektif untuk meningkatkan pemasaran. Media Internet merupakan media yang saat ini banyak digunakan untuk menjual produk serta jasa yang ditawarkan.

Pengetahuan dasar untuk Digital Marketing, yaitu:

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan teknik marketing untuk mengoptimasi website dalam mesin pencari guna meningkatkan posisi visibilitas di mesin pencari

2. Social Media Marketing (SMM)

SMM merupakan metode yang berfokus dalam memasarkan serta mengembangkan brand melalui media sosial internet.

3. Content Marketing (Content Writer)

Teknik ini membutuhkan metode untuk membuat tulisan yang mampu memberikan dampak serta keinginan konsumen. Content writer akan mempengaruhi konsumen untuk membeli ataupun mencari informasi lebih terkait tulisan yang telah dibuat.

4. E-mail Marketing

Teknik tersebut merupakan metode Digital Marketing untuk memanfaatkan E-mail sebagai media penyebaran (broadcast) melalui E-mail, SMS, Whatsapp serta sosial media lainnya.

5. Display Advertising (DA)

Metode periklanan melalui website dengan konten yang telah disediakan berupa tulisan, gambar, maupun video untuk mengembangkan brand guna konsumen mengunjungi website tersebut.

6. Affiliate Marketing (AM)

Affiliate marketing merupakan metode ini merupakan manajemen marketing yang memanfaatkan orang lain guna membantu meningkatkan penjualan. Affiliate marketing juga dikatakan reseller atau dropshipper yang menjual produk dengan imbalan komisi dari produk yang telah dijual.

7. Mobile Advertising (MA)

Mobile advertising merupakan promosi yang dilakukan melalui aplikasi ponsel seperti aplikasi android dan aplikasi IOS.

Tertarik untuk belajar lebih dalam tentang Digital Marketing? Yuk, ikuti course gratis dari Eny Kusrini guna meningkatkan pengetahuan kalian tentang Digital Marketing.

Comments (4)

  1. […] Baca Juga: Pengaruh Belajar Digital Marketing dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis […]

  2. […] Baca juga : Pengaruh Belajar Digital Marketing dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis […]

  3. […] Baca Juga: Pengaruh Belajar Digital Marketing dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis […]

  4. […] Baca juga: Pengaruh Belajar Digital Marketing dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping