Blog

Wow Amazing 7 Pengaruh Musik Terhadap Psikologis Manusia

firmbee-com-TMOeGZw9NY4-unsplash
Kesehatan Edukasi

Wow Amazing 7 Pengaruh Musik Terhadap Psikologis Manusia

Banyak para pembaca yang penasaran dengan pengaruh musik terhadap psikologis manusia. Artikel kali ini akan membahas apa yang membuat pembaca penasaran tentang musik dan psikologis manusia. Musik adalah sebuah seni yang  gambarkan pikiran dan perasaan manusia melalui keindahan suara. Musik merupakan hal yang universal dan tidak memandang golongan masyarakat, bisa masuk mulai dari golongan anak-anak, remaja, dewasa, serta lansia.  Tetapi, biasanya yang paling banyak menyukai musik adalah kalangan remaja dan dewasa, bahkan mereka juga berlatih agar bisa bermain alat musik.

Musik menjadi media yang bermanfaat bagi manusia, karena dapat digunakan untuk mengekspresikan diri. Contohnya seperti menyampaikan ide, kritikan, atau pun nilai-nilai kehidupan, serta emosi yang dirasakan (perasaan bahagia, senang, sedih, marah, semangat, dll). Beberapa ibu saat mengandung mendengarkan pada janinnya musik, itu bukan menjadi hal yang tabu lagi untuk dilakukan.

Berbicara tentang musik, pasti orang-orang menggapnya adalah sebuah hiburan, tentang cinta, atau patah hati. Padahal tidak sebatas itu, jika pembaca membuka pikiran lebih luas, ada banyak manfaat dari hal itu. Musik menjadi media yang mendukung pelajaran dalam proses pembelajaran, meningkatkan intelegensi anak, serta menjadi media hilling. Jika pembaca benar-benar sadar dan memahami lirik banyak sekarang yang mengangkat tentang tema mental health. Menceritakan dirinya berada dibawah, tidak dihargai, kelebihan diri yang bisa dimanfaatkan, dan motivasi.

Hal tersebut membuktikan bahwa musik memberikan pengaruh terhadap psikologis manusia. Banyak ahli yang telah melakukan penelitian terkait kedua aspek tersebut dengan berbagai setting

Manusia memiliki berbagai macam kepribadian dan karakteristik.

7 Pengaruh Musik Terhadap Psikologis Manusia

1.  Menghilangkan Stres

Saat mendengarkan musik yang memiliki genre yang ceria, otak akan menerima rangsangan dan responnya sehingga mempengaruhi apa yang sedang dirasakan. Dengan kata lain, jenis musik yang didengar akan mempengaruhi emosi. Musik memberikan perasaan positif dan mengembalikan mood positif, Hal tersebut juga mempengaruhi aktivitas yang dilakukan.

Salah satu bukti bahwa musik memiliki pengaruh terhadap psikologis manusia adalah penelitian Chang et al., (2008), penelitian tersebut menyatakan musik mampu untuk menurunkan kecemasan, stress, dan depresi pada ibu hamil. Bagi para pembaca yang sedang banyak pekerjaan atau tugas dan memiliki kepenatan yang mengganggu pikiran, Anda dapat mendengarkan musik untuk merefresh otak dan pikiran.

2.  Motivasi

Mengembalikan motivasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan kondisi fisik seseorang. Makna yang terkandung dalam musik memberikan semangat dan gairah kepada pendengarnya. Ketika pembaca sering mendengarkan jenis musik kesukaan pasti memberikan semangat terhadap diri Anda. Musik mempengaruhi bagaimana individu merasa, berpikir, serta berperilaku. Seperti halnya hasil penelitian Izzah, dkk., (2019) yang dilakukan terhadap mahasiswa, musik mampu memulihkan mood belajar mahasiswa serta memunculkan ide-ide baru dan kreatif (media.neliti.com).

Baca juga: 4 Dampak Nagatif dan Faktor Prokrastinasi Akademik. Avoid Procrastination

3. Konsentrasi

Cara belajar orang berbeda-beda. Tetapi, tidak sedikit orang-orang yang memilih untuk belajar sambil mendengarkan musik. Mereka mengatakan bahwa dengan mendengarkan musik mereka lebih konsentrasi dan tidak mudah untuk terdistrack oleh hal lain. Hilangnya beban dan tekanan-tekanan yang dalam diri menjadikan seseorang memiliki ketenangan, sehingga dapat kembali fokus pada tujuan atau aktivitas yang dilakukan.

Pendapat ahli menjelaskan bahwa musik mampu meningkatkan konsentrasi, menenangkan pikiran, meningkatkan kewaspadaan, dan mengurangi suara-suara eksternal yang mendistrak perhatian Ortiz (2002: 180) edukatif.org.

4. Relaksasi

Musik sudah menjadi salah satu media alternatif yang digunakan untuk menyembuhkan kesehatan. Banyaknya genre musik juga memiliki banyak manfaat. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan kondisi atau kesehatan manusia dengan musik, yaitu sebagai media relaksasi. Relaksasi bertujuan untuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada diri individu, seperti stres, menurunkan tekanan darah dan lainnya.

Jenis musik yang dapat dipilih untuk relaksasi adalah yang santai, ini membuat pikiran individu rileks. Terapi relaksasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, contonya: melakukan meditasi sambil mendengarkan musik, dan terapi kelompok yang didampingi ahli yang biasa terjadi pada lansia.

5. Memori

Mendengarkan musik dapat melatih dan meningkatkan daya ingat manusia, kerana adanya proses adanya pemprosesan informasi yang akan disimpan dalam memori. Musik sangat membantu pada perkembangan kognitif anak. Saat mendengarkan musik kemampuan merekam anak sangat cepat tersimpan dalam memori jangka pendek. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan berbahasa anak karena berkaitan dengan perkembangan otak anak. Harus diketahui ini tidak hanya untuk memori anak, tetapi juga orang dewasa dan lansia.

6. Perkembangan Otak

Para dokter menganjurkan kepada ibu hamil untuk mendengarkan musik kepada bayi yang masih dalam kandungan karena karena bayi yang masih dalam kandungan sudah bisa mendengar dan itu bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bayi. Musik dijadikan stimulasi perkembangan bayi. Dikutip dari liputan6.com pernyataan Psikolog Indah Renata kepada ANTARA “Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia,”  Jayapura, Papua, Selasa (12/01/10).

7. Karakter dan Perilaku

Kebiasaan dalam mendengarkan salah satu jenis musik yang disukai memiliki dampak terhadap karakteristik dan tingkah laku seseorang. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa remaja yang sering mendengarkan musik heavy cenderung lebih independen, sangat asertif, tidak acuh terhadap perasaan, pesimis, sensitif, tidak hormat dengan aturan masyarakat, dan tidak percaya dengan kemampuan akademiknya (Schwartz & Fouts, 2003).

Itulah 7 pengaruh musik terhadap psikologis manusia. Pada dasarnya tidak hanya terhadap psikologis manusia, tetapi juga terhadap kehidupan sosial serta aspek kehidupan lainnya. Dalam proses belajar kita harus memandang musik dari berbagai arah tidak hanya positifnya tetapi juga negatifnya. Semua memiliki manfaat dan pembelajaran yang dapat kita ambil untuk pembelajaran kehidupan.

Baca juga : 5 Cara Belajar Gitar Secara Otodidak Untuk Pemula, Best Way!

Comments (2)

  1. […] Baca Juga : Wow Amazing 7 Pengaruh Musik Terhadap Psikologis Manusia […]

  2. […] Baca juga : Wow Amazing 7 Pengaruh Musik Terhadap Psikologis Manusia […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping