Blog

Pentingnya Pengembangan Diri dalam meningkatkan Skill Public Speaking, ini 5 Cara Mudahnya!

miguel-henriques-RfiBK6Y_upQ-unsplash (1)
Pengembangan diri

Pentingnya Pengembangan Diri dalam meningkatkan Skill Public Speaking, ini 5 Cara Mudahnya!

Menurut definisi dari studi ilmu, pengembangan diri atau personal development merupakan komponen yang paling penting untuk menggapai kehidupan yang luar biasa atau mencapai kesuksesan yang diidamkan oleh mayoritas orang. Singkatnya, ini merupakan suatu kegiatan atau aktivitas untuk menginvestasikan diri agar kita dapat mengontrol atau mengendalikan diri dengan baik dan efektif. Beberapa ahli juga mengungkapkan bahwa personal development adalah suatu ilmu yang memiliki kaitannya dengan mengeksplorasi potensi yang ada pada diri sendiri dan memiliki upaya untuk lebih maksimal untuk mengeksplorasi potensi tersebut. Menurut Abraham Maslow seorang tokoh psikologi humanistic menyatakan bahwa pengembangan diri merupakan upaya yang dilakukan orang untuk memenuhi kebutuhannya terhadap aktualisasi dirinya.

Dari beberapa definisi yang dijelaskan di atas, sebagian dari anda mungkin sudah memahami apa saja potensi ataupun ketrampilan yang anda miliki sebagai bagian dari pengembangan diri anda. Menurut Wikipedia, pengembangan diri meliputi segala aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas hidup, mengembangkan bakat dan potensi,  membentuk sumber daya manusia, memberikan kontribusi dan mencapai impian dan cita-cita. Sehingga tujuannya adalah agar kita menjadi individu yang selalu mencapai kemajuan, tanpa peduli halangan dan rintangan yang datang ke dalam hidup kita. Selain itu, ini juga mencakup banyak hal, dalam hal ketrampilan, keahlian, pengetahuan ataupun pengalaman dalam hidup juga dapat meningkatkan pengembangan diri.

Di era revolusi industri 4.0 ini salah satu ketrampilan yang sangat dibutuhkan adalah ketrampilan berkomunikasi, salah satu diantaranya adalah ketrampilan berkomunikasi di depan public. Ketrampilan ini sangat dibutuhkan dan akan sangat penting bagi anda untuk menyampaikan gagasan ataupun informasi kepada khalayak public. Ketrampilan ini juga bertujuan untuk mengajak dan mempengaruhi oranglain. Singkatnya, apabila anda memiliki ketrampilan dalam public speaking maka ini merupakan salah satu kompetensi kesuksesan dalam hidup anda.

Dengan demikian, tidak semua orang mampu untuk terampil berbicara di depan public. Beberapa dari mereka justru memiliki kecemasan atau gugup apabila menyampaikan suatu informasi di depan public. Dilansir dari kumparan, survey dan studi di Amerika Serikat menyatakan sebuah fakta menarik bahwa lebih banyak orang yang takut berbicara di depan public (glossophobia) dibandingkan dengan orang yang takut dengan kematian (necrophobia). Padahal rasa gugup ini merupakan sebuah perasaan yang wajar apabila sedang berhadapan dengan banyak orang, namun ini bisa diatasi dengan baik jikalau anda mampu menguasai ketrampilan public speaking.

Maka dari itu, ketrampilan public speaking ini penting dan menjadi bekal utama yang dimiliki oleh anda untuk masuk ke dunia professional. Selain itu, ketrampilan ini juga dapat untuk meningkatkan personal development dan membangun personal branding yang akan anda gunakan untuk prospek karier dimasa depan.

Baca juga : 7 Skill untuk menjadi Instruktur Training

Mengutip dari Glints, ketrampilan ini sangat penting untuk dikuasai dan setidaknya ada beberapa manfaat yang anda dapatkan, diantaranya:

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Percaya diri dapat meningkatkan skill Public Speaking

Ketrampilan ini akan sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri anda. Hal ini tentu juga akan sangat berguna sebagai pengembangan diri dan pengembangan karier anda kedepannya. Semakin anda percaya diri dalam hal ini maka performamu akan terlihat sangat bagus di mata orang lain.

2. Menumbuhkan Sikap Leadership

Public speaking salah satu ketrampilan yang dimiliki seorang pemimpin

Bagi seorang pemimpin, berbicara di hadapan banyak orang sudah menjadi makanannya sehari-hari, seperti pada saat rapat, presentasi dan hal lainnya. Maka ketrampilan public speaking ini memegang peranan yang penting untuk membantu pemimpin mengontrol dirinya dan menyampaikan informasi yang jelas kepada karyawannya. Ketrampilan ini juga dapat membantu anda untuk mengayomi oranglain, sehingga perlahan-lahan akan menumbuhkan sikap leadership dalam diri anda.

3. Menyampaikan Pendapat dengan Lancar

Penyampaian pendapat akan lebih mudah dengan ketrampilan Public speaking

Beberapa dari anda pasti pernah merasa tidak percaya diri untuk menyampaikan pendapat saat rapat ataupun dalam sebuah forum diskusi. Hal tersebut harus anda hindari jika anda ingin menjajah karier yang bagus. Nah dengan ketrampilan ini anda dapat mengatasi permasalahan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika public speaking dapat membantu anda dalam meningkatkan kepercayaan diri, maka apabila anda sudah berhasil menyampaikan pendapat dengan baik maka bisa jadi anda dianggap sebagai orang yang berkompeten.

Dari ketiga manfaat diatas, ketrampilan ini secara tidak langsung dapat membuat anda mengembangkan diri dan mengantarkan anda kepada jenjang karier yang bagus kedepannya. Ketrampilan ini harus dilatih dan dibiasakan oleh banyak orang untuk kepentingan jenjang karier maupun pengembangan diri. Sebagian orang mengira jika belajar ketrampilan ini membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mengikuti pelatihan ataupun kursus di lembaga-lembaga ternama agar lebih kompeten. Namun, tanpa mengikuti pelatihanpun anda dapat mengasah ketrampilan ini secara mandiri.

Dikutip dari kumparan dan beberapa sumber lainnya, berikut ada 5 cara untuk mengasah ketrampilan public speaking, diantaranya sebagai berikut:

1. Berpikir Positif dan Percaya Diri

Selalu berpikir positif dalam pengembangan diri anda

Banyak dari sebagian orang yang berbicara di depan public merasa gugup dan banyak dihantui pikiran yang negatif, berbagai macam pikiran negatif itu seperti takut akan membuat kesalahan, terlalu memikirkan tanggapan public, dan kecemasan lainnya. Buanglah pikiran-pikiran negatif tersebut, anda harus percaya jika anda bisa melakukannya dan berhasil. Pikiran negatif tersebut dapat membuat anda terlihat gugup dan tidak percaya diri.

Gunakan pikiran-pikiran positif sebelum anda memulai berbicara di depan public dalam pikiran anda. Kekuatan pikiran yang positif atau biasa di sebut mind power sangat luar biasa. Percaya bahwa pikiran yang positif dapat mengahasilkan hal-hal yang positif juga, dimulai dari gerakan anda ketika berbicara di depan public, dan membuat anda menjadi lebih percaya diri.

2. Perhatikan Penampilan dan Bahasa Tubuh

Penampilan dan bahasa tubuh anda sangat diperhatikan

Istilah first impression ini sangat kental di bicarakan banyak orang ketika akan menghadiri sebuah interview atau sejenisnya. Namun tidak hanya untuk hal itu saja, first impression juga dapat diterapkan pada anda yang ingin meningkatkan ketrampilan public speaking. Penampilan anda akan sangat diperhatikan, mengingat anda akan menjadi pusat perhatian ketika sedang menyampaikan gagasan ataupun informasi. Maka perhatikan penampilan anda sebaik dan serapi mungkin sebelum berbicara di depan publik.

Bahasa tubuh juga ikut menjadi perhatian ketika anda berbicara di depan publik. Publik akan menilai bagaimana ekspresi muka anda, bagaimana anda bersikap, dan gerakan-gerakan sedetail apapun ikut menjadi pusat perhatian publik. Maka, buatlah diri anda senyaman mungkin ketika berbicara di depan publik. Tarikan nafas perlahan sebelum memulai dapat membuat anda rileks dan senyuman yang tidak lepas dari wajah anda membuat anda dapat nyaman ketika di depan publik.

3. Perluas Relasi

Perbanyak relasi anda untuk pengembangan diri

Menambah relasi juga sangat penting untuk anda meningkatkan ketrampilan ini. Relasi yang luas akan membuat anda lebih mudah untuk belajar dari mana saja. Rekan-rekan anda yang mungkin sudah berpengalaman dalam hal ini membuat anda dapat bertanya seputar apapun yang berkaitan dengan ketrampilan ini. Selain itu anda juga dapat terbiasa berbicara dan bergaul dengan orang-orang yang berbeda sehingga tanpa disadari hal ini membuat anda percaya diri dan mengasah lebih dalam ketrampilan public speaking tersebut.

4. Make it Simple

Buatlah sesimple mungkin materi Public speaking anda

Segala sesuatu yang terlihat simple akan lebih mudah dan lebih menarik di mata publik. Buatlah materi anda sesimple mungkin namun tetap fokus dan dapat di tangkap intinya. Jangan terlalu panjang ketika menyampaikan gagasan atau informasi di depan publik, ini membuat publik (pendengar) akan cepat bosan meskipun materi yang anda bawakan cukup menarik.

Buatlah pembukaan semenarik mungkin, tidak ada salahnya menambahkan sedikit lelucon ringan agar pendengar anda tertarik. Untuk menutupnya, anda dapat membuat kesimpulan dari apa yang anda sampaikan dan tutup dengan sebuah pernyataan yang mungkin akan diingat oleh pendengar anda.

5. Perbanyak latihan

Pengembangan diri dengan perbanyak latihan

Cara yang terakhir ini adalah kuncinya. Semenarik apapun materi, gagasan ataupun informasi anda yang akan disampaikan, sebagus apapun penampilan anda, tetapi jika anda tidak berlatih maka akan ada saja yang kurang dalam penyampaiannya. Banyak cara untuk melatih ketrampilan public speaking anda. Berlatih di depan cermin, merekam video ataupun berlatih berbicara dengan teman. Dengan demikian, anda dapat melihat kekurangan dan hal apa yang sebaiknya anda tambahkan.

Banyak cara untuk anda mengasah ketrampilan public speaking ini selain yang sudah di jelaskan di atas sesuai dengan apa yang anda pelajari. Jangan pernah malas untuk belajar sesuatu yang membuat anda dapat berkembang dan meningkatkan kualitas diri untuk mengantarkan anda ke jenjang karier yang bagus dan mencapai impian atau cita-cita anda. Karena apapun yang anda pelajari dengan baik akan membawa manfaat dan membantu anda di kemudian hari.

Comment (1)

  1. […] Baca juga: Pentingnya Pengembangan Diri dalam meningkatkan Skill Public Speaking, ini 5 Cara Mudahnya! […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping